Tuesday, January 23, 2018

Jangan Mau Meninggal Saat Mendaki Gunung

Celoteh Pendaki



Dunia pendakian saat ini sedang ramai. Banyak dari mereka yang ingin menapaki puncak-puncak gunung, dengan berbagai alasan.

Aku,kamu,kalian dan mereka. Sama sama mempunyai resiko saat mendaki gunung. Dan resiko terbesarnya adalah kematian.Bukan jaminan, seorang pendaki senior bisa selamat saat mendaki. Apalagi mereka para pemula.

Mendaki gunung itu bukan hal remeh temeh,mendaki gunung itu kegiatan ekstrim. Butuh persiapan yang matang,serta paham tentang pengetahuan mendaki gunung. Bukan hanya modal nekad saja !.

Telah banyak nyawa para pendaki yang meninggal di gunung. Mereka meninggal, ketika sedang menikmati keindahan alam, menulusuri track track terjal, tidur berselimut dekapan alam, bercumbu hawa dingin, serta bersulang dalam kebersamaan. Memang terasa indah. Namun meninggal saat mendaki gunung, kebanyakan orang tidak mengharapkanya.

Oleh karena itu, saat kamu memutuskan untuk mendaki gunung. Saat itu pula kamu harus siap menerima resikonya bahkan nyawa sekalipun.

Karena seorang pendaki, dituntut untuk paham pengetahuan yang dibutuhkan saat mendaki gunung. Seperti pengetahuan peralatan yang dibutuhkan nan safety, makanan sehat yang sesuai, cara packing yang benar,tentang penyakit saat mendaki beserta cara penyembuhannya,ilmu survival.

Bukan hanya itu, mendaki pun harus bisa menjaga kelestarian alam. Membawa kembali turun sampahnya, tidak ikut serta corat coret, tidak merusak flora atau fauna.

Menurut saya, karena resiko yang akan kamu hadapi sangat besar, bahkan nyawa sebagai taruhannya. Lebih baik jangan mendaki dan buang hobi mendaki dari kehidupanmu apabila kamu tidak mau belajar tentang pengetahuan-pengetahuan dasar yang dibutuhkan saat kamu mendaki gunung.

Sadarilah! masih ada keluarga,sahabat,teman bahkan seorang kekasih yang menantimu pulang dengan keadaan selamat saat mendaki gunung.

Oleh sebab itu, menjadi pendaki harus mau belajar tentang apa pun yang sekiranya bisa menurunkan resiko saat mendaki dan peduli terhadap kelestarian alam.

Sumber Instagram: @geser_ngopi & @nafas_pendaki
#nafaspendaki
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)