Monday, February 10, 2020

Keunggulan Mercedes Benz 1836 RS dari Scania K360 iB

Celoteh Kata Gua



Mercedes-Benz (Mercy) merupakan produk asal Jerman yang sedang populer banyak Perusahaan Otobus di Indonesia. Bahkan ada beberapa PO yang memang secara khusus hanya menggunakan sasis Mercedes-Benz untuk armadanya. Salah satunya PO Lorena & Karina.

Semenjak adanya tol transjawa dan tol sumatera banyak PO yang meremajakan sasisnya menggunakan Mercy. Saat ini Mercy memiliki sasis yang cukup populer dan cocok digunakan untuk bus AKAP maupun bus pariwisata, seperti MB OH 1526, 1626 dan MB O500 RS 1836. Ada juga sasis premium yakni O500R  2542 RF (tronton). 

Tapi kali ini gua pengen membahas chassis Mercedes Benz RS 1836 yang merupakan produk yang mendapat update dari Mercy Indonesia. Sebelum Mecy 1836 sudah ada, namun teknologi yang digunakan masih 'jadul'. Namun pada tahun 2019 Mercy Indonesia meluncurkan chassis 1836 terbaru dengan kode RS 1836. Apa yang beda? sudah tentu teknologi di dalamnya yang hampir semua komponennya menggunakan elektrik. 

Chassis 1836 RS ini merupakan jenis big bus Mercy bermesin belakang dengan kode OH (Omni Hitten) yang memiliki tenaga maksimum sebesar 360 HP pada torsi puncak 1.600 Nm. Selain itu bus ini mampu membawa beban hingga 18 Ton.

Namun apa saja sih keunggulan dari sasis MB O500 RS 1836?
MB O500 RS 1836 merupakan seri penyempurnaan dari seri OH 1836 versi sebelumnya, hal ini terjadi karena banyak terjadi keluhan terhadap sasis versi lama.

Sasis bus ini merupakan tipe premium dengan rangka space frame yang memudahkan karoseri dalam merancang panjang bodi kabin.

Untuk fitur O 500 RS 1836 ada banyak fitur keselamatan yang sudah tertanam sebelumnya di O 500 R 1836. Ada fitur standar keselamatan Mercedes-Benz seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EDB) yang dilengkapi dengan Acceleration Skid Control (ASR) serta dikontrol oleh Electronic Braking System (EBS).

Pengereman kempat titik roda mengandalkan Rem Cakram yang juga dibantu oleh Retarder dalam menghentikan laju kendaraan. Semua kinerja mesin dipantau lewat Electronic Control Unit (ECU). Mesin Mercedes-Benz OM 457 LA dengan standar emisi Euro III bertenaga 360 HP masih tetap jadi andalan.

Untuk kenyamanan, rangkaian suspensi per roda pada sasis yang diimpor dari Brazil ini bersifat rigid alias terhubung dengan axle (sumbu roda). Selain itu, O500 RS 1836 juga sudah disematkan peredam getaran mesin dan pendingin radiator dengan sistem tali kipas, bukan propeller seperti versi O500 R-1836.


Lebih lengkapnya, beriku spesifikasi  Mercedes-Benz O500 RS 1836:

MESIN & TRANSMISI
Mesin Mercedes-Benz: OM 457 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Injeksi Langsung dengan Turbo charger dan Intercooler.
Diameter/Langkah : 128/155 mm
Total Isi Silinder : 11.967 cc
Daya Maks : 260 kW (349 hp) @ 2000 rpm
Torsi Maks : 1.600 Nm @ 1100 rpm
Transmisi : MB GO 210-6 Transmisi 6
Kecepatan maju Dilengkapi dengan Primary Retarder
Perbandingan Gigi : 6.528/3.711/2.231/1.443/1.000/0.799 R = 6.136
Kecepatan Maks : 120km/jam
Daya Tanjak : 48%

GANDAR
Depan (1st Axle) : MB VO 4/40 DCL-7.1
Kapasitas (1st Axle) : 7.000 kg
Belakang (2nd Axle) : HO 4 / 08 DCL-11.5
Perbandingan gigi : I = 3.333
Kapasitas (2nd Axle) : 11.000 kg
GVW 18.000 kg



SUSPENSI
Depan : Suspensi Udara dengan 2 Balon udara 4 Peredam kejut dengan double acting, stabiliser
Belakang : Suspensi Udara dengan 4 balon udara 4 Peredam kejut dengan double acting, stabiliser
REM & KEMUDI
Rem Utama : Disc Brake, dua jalur udara tekan penuh
Rem Parkir : Pegas, kendali udara tekan penuh pada gandar belakang
Retarder : Voith 115, digerakkan secara elektro-hidrolik melalui lever pada steering dengan 5 step
Tambahan Keselamatan : ABS (Anti-lock Braking System) ASR (Acceleration Skid System)
Kemudi : Power Steering : ZF 8098 + Cruise Control

BAN & VELG
Ban & Pelek : 295/80 R 22.5 & 8.25 x 22.5

KELISTRIKAN & TANGKI
Sistem : 24 Volt
Altenator : 28 V/140 A (terpasang) + 28 V/140 A (toolbox)
Baterai : 2 x 12 V / 200 Ah
Kapasitas Tangki : 300 Liter

UKURAN UTAMA
Jarak Sumbu Roda (mm) : 3.000 (pabrik) /6.300 (Karoseri)
Julur Depan (mm) : 2.570
Julur Belakang (mm) : 3.350
Panjang Total (mm) : 8.920 (Pabrik) /12.220 (Karoseri)
Lebar Total (mm) : 2.458
Jarak pijak roda depan (mm) : 2.036
Jarak pijak roda Belakang (mm) : 1.798
Bicara harga, untuk model ini dibandrol dengan kisaran harga Rp. 1.380.000.000 Off The Road dan untuk harga On The Roadnya Rp. 1.435.000.000.




semoga bermanfaat
😁😁

Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)