Tuesday, January 9, 2018

WOW!! Ini Biaya Pendakian untuk Sampai ke Puncak Cartenz Pyramid

Info Pendaki




@Regrann from @pendakilawas - Ada yang punya mimpi mendaki Cartenz Pyramid? berikut rincian biayanya :

Pesawat
Dalam sekali pendakian, rombongan pendaki harus menyewa satu pesawat dan biasanya butuh dana sekitar Rp40 juta rupiah.
Pesawat ini disewa karena sebetulnya hanya mampu menampung 10 orang. Padahal  biasanya dalam satu rombongan pendaki ada setidaknya 6 orang, belum lagi ditambah barang-barang. Jadi mau tidak mau para pendaki memang harus menyewa pesawat.

Porter
Biasanya satu orang porter akan mendapat bayaran Rp500.000,- per hari, sedangkan lama pendakian bisa mencapai 14 hari (jika lewat jalur tracking). Dari sini sudah jelas biaya untuk satu porter berkisar 7 juta rupiah.
Padahal jumlah porter yang dibutuhkan dalam sekali pendakian memiliki perbandingan 1:3, artinya jika pendaki membawa rombongan 6 orang maka harus membawa porter sebanyak 18 orang. Jika dikalikan dengan biaya per orang sekitar 126 juta rupiah.

Helikopter
Belum lagi biaya sewa helikopter yang bisa mencapai 50 juta rupiah sekali trip (untuk yang lewat jalur Chopper), atau ketika bertemu dengan para palang atau pemalak yang meminta jatah sekitar 1-15 juta rupiah.

Jadi besarnya biaya pendakian ke Cartenz memang sepadan dengan kebutuhan selama pendakian ke salah satu puncak seven summits dunia.

“Mungkin banyak yang bilang mahal, tapi kan mereka belum paham kenapa bisa mahal. Biaya operasional sendiri sudah tinggi, kadang keuntungan yang didapat operator bahkan tidak sepadan dengan resiko yang harus ditanggung,”

“Mungkin banyak yang bilang, kok biaya porter mahal sekali sehari bisa 500ribu rupiah? Banyak yang bilang begitu, tapi kan banyak juga yang tidak tahu kalau biaya hidup di sana itu sangat mahal. Bayangkan saja, harga beras di sana sama dengan 5 kali harga beras di Jawa. Belum kebutuhan lainnya, jadi harga segitu sangat wajar,” ungkap deshir - Ardeshir Yaftebbi, pemilik Imosa (perusahaan operator pendakian di Bandung) biasanya membawa tamu dengan range 60 juta untuk jalur tracking minimal 6 orang, dan 90 juta untuk jalur Chopper minimal 3 orang.

Biaya tersebut adalah biaya untuk pendaki lokal asal Indonesia. untuk turis asing di kenakan biaya 150 juta/ orang.

Mau coba ke puncak Cartensz Pyramid teman-teman.. Hahahaa


Source: berbagai sumber #cartenz #pendakilawas 

Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)