Friday, December 15, 2017

Wow! Ini Processor Mobile (CPU) Smarpthone Terbaik

Tekno



Prosesor atau yang dikenal juga dengan CPU (central processor unit) memiliki peranan yang penting dalam proses berjalannya suatu perangkat. Selain digunakan pada komputer, ternyata prosesor juga dibutuhkan pada perangkat mobile atau smartphone. Seperti yang kita ketahui prosesor adalah otak dari sebuah perangkat baik komputer / mobile.

Perangkat bisa berjalan dan beroperasi adalah tergantung dari prosesornya yang dimilikinya. Saat ini telah banyak produsen smartphone yang berlomba lomba meluncurkan produk smartphone dengan performa yang terbaik demi memuaskan para produsen smartphone di seluruh dunia. Tentunya semakin baik performa prosesor maka semakin baik pula kinerja dari smartphone.
Nah smartphone dengan prosesor terbaik inilah yang banyak di incar oleh para pecinta smartphone. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai prosesor smartphone terbaik selama 2017.
1.  Prosesor Snapdragon by Qualcomm
Urutan prosesor smartphone terbaik yang pertama ini memiliki kualitas yang tinggi. Snapdragon adalah jenis produk prosesor dari pabrikan qualcomm yang sering kali digunakan sebagai prosesor smartphone.

Ada 4 jenis merk prosesor snapdragon diantaranya prosesor seri Snapdragon 200, prosesor Snapdragon 400, prosesor Snapdragon 600, dan yang paling terbaik adalah prosesor Snapdragon seri 800. 

Saat ini (2017) processor yang dimiliki Qualcomm adalah Snapdragon 835 yang telah dipakai di Samsung S8, S8 Note, Xiaomi Mi6, Mi Note 2, LG G6, One Plus 5S, Google Pixel, dll.

2.  Prosesor Smartphone MediaTek

Prosesor Mediatek adalah jenis prosesor smartphone terbaik kedua. Prosesor mediatek awal peluncurannya memang tidak banyak dilirik. Namun karena sudah tahu kualitasnya sehingga kini prosesor mediatek ini banyak digunakan pada smartphone smartphone besar. Terutama prosesor ini banyak digunakan di smartphone menengah ke bawah, karena harga yang ditawarkan MediaTek untuk prosesornya cukup murah.

Berikut jenis prosesor MediaTek yaitu Prosesor MediaTek MT6572, Prosesor MediaTex MT6589, Prosesor MediaTex MT6589T, Prosesor MediaTex MT6582, Prosesor MediaTex MT6592, Prosesor MediaTex MT6732, Prosesor MediaTex MT6572, Dan Prosesor Media Tek MT6735.
3.  Prosesor Smartphone Exynos by Samsung

Prosesor Exynos adalah  prosesor yang dibuat dan dikembangkan oleh vendor smartphone terbesar di dunia Samsung Electronic. Prosesor exynos ini telah didukung dengan SoC (system on a chip) yang mana sistem ini cocok sekali digunakan untuk mendukung kinerja perangkat smartphone dan tablet menjadi lebih baik.



Adapun spesifikasi dari Prosesor exynos yaitu CPU menggunakan ARM Cortex A9 dual core, memiliki Kecepatan 1.2 GHz up to 1.5 GHz, dilengkapi pula dengan GPU ARM Mali-400MP4 yang membuat prosesor ini cocok digunakan untuk game 3D dan multitasking. Sebagian produk Samsung sudah dipasang processor Exynos ini, seperti Galaxy S6, Galaxy S7, dan yang paling baru adalah untuk Galaxy S8, dan S8 note
4.  Prosesor Smartphone Intel

Prosesor intel sudah cukup terkenal dikalangan prosesor PC terbaik. Namun ternyata produk Prosesor intel kini sudah banyak digunakan untuk smartphone. Karena Prosesor Intel ini menawarkan performa yang handal dan membuat kinerja menjadi mumpuni.
Adapun keunggulannya Prosesor intel dilengkapi teknologi thread yang akan membuat CPU dual core menjadi mempunyai 4 inti. Salah satu Smartphone yang menggunakan prosesor intel ini yaitu smartphone Lenovo dan Asus Zenfone.




Namun saat ini Intel muncul dari kabar yang menyebutkan bahwa raksasa chip tersebut membatalkan pengembangan dua chip Atom untuk mobile, yakni Sofia dan Broxton, sebagaimana dirangkum dari PC World.



Sofia dan Broxton merupakan produk pertama yang dibatalkan oleh Intel menyusul rencana perusahaan tersebut untuk mengatur ulang strategi bisnis. Sebelumnya, pada April lalu, Intel telah mengumumkan bakal merumahkan 12.000 karyawannya.

Intel turut menghentikan produksi chip seri Atom X5 (Cherry Trail). Prosesor ini akan digantikan oleh chip Pentium dan Celeron code nameApollo Like yang lebih menyasar komputer “hybrid” 2-in-1, bukan tablet seperti Atom X5.

“Kami tak lagi memandang tablet sebagai segmen stand-aloneRoadmap produk kami mencerminkan hal itu,” tulis seorang juru bicara Intel melalui e-mail.

“Kami akan terus mendukung para pelanggan tablet dengan Sofia 3G/ 3GR, Bay Trail, dan Cherry Trail untuk saat ini, lalu nanti dengan Apollo Lake dan beberapa SKU dari keluarga prosesor Core,” lanjutnya.
5.  Prosesor Smartphone Tegra by Nvidia

Prosesor tegra adalah produk prosesor buatan dari Nvidia. Awal kehadiran Prosesor ini sempat menggemparkan dunia hingga menimbulkan pro kontra dalam dunia teknologi.

Pasalnya kala itu banyak produsen prosesor yang mencetak prosesor dual core, tapi Nvidia sendiri mencetak prosesor tegra quadcore dimana prosesor ini memiliki kinerja yang jauh lebih berperforma.

Beberapa produk prosesor tegra diantaranya Prosesor Tegra K1, Prosesor Tegra2, Prosesor Tegra3, Prosesor Tegra4, Prosesor Tegra 4i, Prosesor Tegra APX 2500, Prosesor Tegra APX 2600, Prosesor Tegra 600, Prosesor Tegra 650.
6.  Prosesor Smartphone Kirin by Huawei


Huawei mengikuti langkah Samsung dan Apple untuk menjadi perusahaan teknologi yang membuat prosesor sendiri untuk perangkat mobile. Perusahaan asal China tersebut sedang menggarap prosesor delapan inti atau octa-core.

Prosesor octa-core buatan Huawei itu diberi nama Kirin 920 yang memanfaatkan basis arsitektur ARM. Prosesor ini terdiri atas empat inti (quad-core) Cortex-A15 dan empat inti Cortex-A7 yang beroperasi dalam susunan big.LITTLE.

Kedua set prosesor itu nampaknya tidak berjalan bersamaan, tetapi saling mengambil alih tugas pada kondisi tertentu. Saat membutuhkan kinerja tinggi, inti Cortex-A15 akan mengambil peran. Sementara inti Cortex-A7 akan bekerja dalam kondisi yang tidak menuntut performa tinggi. Hal ini dilakukan agar lebih menghemat baterai.

Perpaduan dua prosesor quad-core itu sama seperti yang diterapkan Samsung pada prosesor Exynos octa core.

Huawei menyematkan unit prosesor grafis ARM Mali-T628 pada Kirin 920 dan dua saluran memori RAM DDR3 800MHz.



Prosesor ini bisa digunakan pada perangkat mobile dengan resolusi layar 2.560 x 1.600 pixel, mendukung koneksi seluler 4G LTE, dan mendukung pemakaian unit kamera dengan sensor hingga 32MP.

Dalam sebuah uji performa (benchmark), Kirin 920 mencetak skor yang baik sebesar 37.469 poin. Angka tersebut mengalahkan skor yang dicetak prosesor Qualcomm Snapdragon 801 yang meraih 36.469 poin. Bahkan, Kirin 920 mengalahkan Samsung Exynos 5420 yang digunakan Galaxy Note 3.

Namun, performa Kirin 920 masih kalah dengan prosesor Qualcomm seri Snapdragon 805 yang meraih 37.780 poin. Sementara itu, dua prosesor buatan Nvidia tercatat masih menempati peringkat teratas.

Menurut laporan GSM Arena, uji performa pada Kirin 920 ini dihasilkan dari perangkat Huawei H300 yang memakai layar dengan resolusi 1.080 pixel, RAM 2GB, dan menjalankan sistem operasi Android 4.4.2 (Kit Kat).

[Sumber: dari berbagai sumber]


Semoga Informasi Bermanfaat 😁😁
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)