Monday, January 29, 2018

Tips Menjaga Gizi dan Nutrisi Saat Mendaki

Tips Pendaki

Bagi para pendaki gunung persiapan logistik tidak boleh dilewatkan begitu saja, karena dari logistic yang kita bawa itu dapat memenuhi makanan kita selama di atas gunung. Pada saat pendakian gunung energi para pendaki akan cepat terkuras lebih dari biasanya. Oleh karena itu para pendaki wajib membawa logistik yang cukup (dianjurkan lebih) dan bergizi selama masa pendakian.

Biasanya lama pendakian gunung adalah 3-4 hari *tergantung gunung yang sedang di daki. Kebanyakan para pendaki hanya membawa logistic yang mengenyangkan saja tanpa memikirkan berat, ukuran, serat dan gizi makanannya. Apalagi Mie Instan sudah menjadi logistic wajib dalam pendakian gunung, Hahaha.

Saya pernah mempunyai pengalaman melihat teman-teman pendaki pemula yang membawa logistik 7 kg Beras, 1 botol besar minyak goreng, sarden 5 kaleng, kornet 5 kaleng, susu beruang 10 kaleng, mie instan 10 bungkus, dan 1,5 kg sereal oats untuk 8 orang dan masa pendakian 4 hari!. Bayangkan teman-teman, logistic sebanyak itu betapa beratnya dan gizi nya pun tidak bagus untuk para pendaki yang mungkin membutuhkan nutrisi yang lain. Malah makanan yang dibawa itu sebagian besar tidak habis dan dibagikan ke porter pada saat perjalanan turun.

Melihat pengalaman tersebut hendaknya para pendaki pemula harus belajar untuk membawa logistic yang sesuai dengan asupan nutrisi bagi tubuh. Tidak harus selalu membawa makanan instan kaleng yang hanya membuat keril semakin berat.

Berikut saya mempunyai beberapa tips untuk menjaga asupan nutrisi saat mendaki gunung:

1.   Persiapan Sehari Sebelum Pendakian
Atur dan pilih makanan, jangan sampai memberatkan namun juga jangan sampai kekurangan logistic. Ada baiknya membawa lebih logistic (lebih kan 1 hari). Makan dan minum yang cukup sebelum berangkat agar memulai dengan energy full besok harinya.

2.   Kuantitas
Pastikan makanan yang dibawa mencukupi kebutuhan karbohidrat, lemak dan protein.
*pendaki pada umumnya disarankan membawa makanan sebanyak 0.9 – 1 kg (per hari) untuk pendakian panjang saat mendaki gunung

3.   Makanan yang memiliki karbohidrat

Karbohidrat Sederhana: Mengembalikan energy dengan cepat dianjurkan makanan manis seperti makanan ringan atau lebih disarankan buah-buahan yang mampu menahan lapar lebih lama (Pisang).

Karbohidarat Kompleks : sumber energy yang diurai lebih lama namun tahan lama seperti Roti/Nasi/Umbi-umbian (ubi atau kentang). Selain lebih praktis dan tahan lama membawa dan mengkonsumsi umbi juga bisa menghemat air.

Alternatif lain selain membawa beras adalah sejenis lontong atau ketupat dan selalu pastikan bahwa lontong/ketupat itu sudah basi atau belum sebelum dikonsumsi.



4.   Makanan Kaleng/Kemasan
Bahan makanan yang segar seperti sayur daging, buah, telur dll lebih bagus serta memiliki banyak nutrisi ketimbang makanan kemasan. Jika kehabisan, jangan lupa alam menyediakan berbagai macam biji-bijian, kacangan, jamur, umbi dll yang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan makanan.

5.   Makan Sesering Mungkin a.k.a Ngemil
Dalam perjalanan mendaki gunung yang bisa berjam-jam untuk sampai puncak gunung, ngemil adalah cara terbaik untuk menahan lapar selama perjalanan.
Dengan makan sedikit dan sering kita menghindari kekenyangan dan otot yang kaku karena terlalu lama beristirahat karena menunggu matang yang belum selesai dimasak.

Tidak hanya itu regulasi energy dalam tubh juga stabil karena interval makanan yang masuk lebih teratur.

6.   Bawa Makanan Kesukaan dan Bervariasi Rasa
Meski nutrisi seperti karhohidrat dan protein itu penting, membawa makanan yang kita suka dan bervariasi juga sangat membantu nafsu makan kita pada saat digunung.

Jangan sampai waktu makan jadi berat karena tidak suka atau bosan dengan makanannya. Ingat, energy harus selalu terisi teman!

7.   Bawa Air Secukupnya
Setiap pendaki gunung wajib membawa air sendiri selama melakukan pendakian. Selalu cukupi kebutuhan air dalam tubuh terutama dalam situasi energy banyak terbuang dan keringat banyak dikeluarkan oleh tubuh. Setiap nafas yang dikeluarkan kamu juga kehilangan sedikit molekul air dari dalam tubuh.

Tanpa air yang cukup, tubuh akan lebih sulit untuk membuang racun, regulasi oksigen, membangun energy dan lain-lain.

8.   Bawa Makanan Simple dan Praktis
Dalam pendakian gunung selalu usahakan bawa makanan yang mudah dibawa, mudah dimakan dan disiapkan. Jika makanan itu sulit untuk disiapkan ada baikknya kita persiapkan sebelum berangkat, itu berguna untuk mengurangi waktu persiapan saat mendaki gunung.

Waktu luang selama pendakian digunakan untuk beristirahat sebanyak mungkin, BUKAN MEMASAK BRO!

Itulah beberapa tips yang saya bisa berikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi saat mendaki gunung. Inshaallah Bermanfaat..😁😁😁





Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)