Wednesday, January 17, 2018

Gahar! Toyota All New Rush / Daihatsu Terios 2018 vs Mitsubishi Xpander

Tips Otomotif


Pada beberapa bulan di akhir 2017 lalu Mitsubishi meluncurkan Low MPV (LMPV) Xpander untuk ‘menghancurkan’ Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan Daihatsu Xenia. Namun Xpander sebagai mobil LMPV mempunyai aura SUV ternyata malah langsung bersinggungan dengan All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang juga diluncurkan sebulan setelahnya.

Kesamaan Mitsubitshi Xpander dan All New Rush dan Terios itu terlihat secara desain, fitur dan harga yang tidak jauh berbeda meski mempunyai segmen beda pula. Xpander sebenarnya masuk di segmen LMPV sedangkan All New Rush & Terios masuk segmen SUV.

Harga varian termurah All News Rush yang diperkirakan naik Rp3-4 juta dari versi lawas, ditaksir menjadi harga varian tertinggi Xpander Ultimate A/T yang untuk OTR Jabodetabek Rp245,350 juta. Namun, bila disandingkan dengan harga "saudara"  Rush yaitu Daihatsu Terios dalam rentang Rp190-250-an juta, persis dengan rentang harga Xpander saat ini. 

Harga yang nyaris mirip, membuat fitur yang ditawarkan masing-masing mobil tak jauh berbeda, soal keamanan misalnya All News Rush sudah menggendong teknologi Hill Start Assist Control (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC) yang di Mitsubishi Xpander dilabeli dengan nama Active Stability Control (ASC). Namun, All New Rush maupun All New Terios masih setia mempertahankan roda penggerak belakang, berlawanan dengan Xpander yang memakai penggerak roda depan.

EKSTERIOR

Xpander MPV dengan aura khas SUV (Sport Utility Vehicle) dengan desain Dynamic Shield yang artinya menggabungkan gaya dinamis namun tetap menonjolkan sentuhan fiuturistik. Namun sayangnya pihak Mitsubitshi tidak menanamkan lampu LED pada lampu utama yang berada di bagian bawah bersanding dengan lampu sein. Mereka hanya membekali lampu LED pada lampu bagian belakang.


Mitsubishi Expander


Bagaimana dengan All New Rush & Terios? Sama, desain barunya bikin mata segar setelah bosan dan lelah melihat desain Rush lama yang 10 tahun tidak ganti dan sering ketemu di jalan.

All New Rush & Terios punya ‘muka’ seperti mobil Honda model baru yang mempunyai gril depan yang lebar. Tampang baru ini juga mirip dengan Fortuner, bisa dibilang mini Fortuner. Dari sektor sasis  Xpander pakai sasis monokok, Rush masih pakai sasis ladder frame.


All New Toyota Rush


Berita baiknya, Toyota Rush punya fitur lebih wah daripada Xpander di luar. Contoh, lampu depan dan belakang Rush sudah full LED meski tanpa projector. Xpander belum ada defogger di belakang, sementara Rush sudah. Saat Xpander sudah pede dengan ground clearance 205 mm, Rush bisa lebih pede dengan ground clearance 220 mm.
Kedua mobil ini sama-sama pakai rem cakram di depan dan tromol di belakang, sudah ada ABS dan EBD, punya wiper belakang dan punya kamera parkir buat Rush TRD dan Xpander Ultimate. Sensor parkir sudah ada di Rush, dan pada tipe tertinggi Rush dan Xpander, keduanya punya keyless entry dan keyless start. Urusan roof rail, Rush punya sementara Xpander tidak, jadi sudah lebih siap jika mau pasang roof box.
Untuk Xpander, sebaiknya perhatikan posisi lampu depan yang lumayan rendah, apakah rentan kena lemparan kerikil dari mobil di depannya. Kalau buat Rush, kami merasa cover plastik hitam di foglamp dan side body moulding di varian TRD Sportivo itu agak berlebihan. Cover foglamp terlalu tebal, dan side body moulding itu harusnya bisa lebih rendah lagi posisinya, atau dihilangkan pun rasanya takkan terlalu masalah.
INTERIOR
All New Rush dan Xpander punya desain interior yang cenderung moderat. Sama-sama biasa, namun untuk urusan kualitas pemasangan panel-panel dasbor dan pintu keduanya bagus, terasa solid dan tidak terasa goyang (meski konsol tengah Rush goyang juga sih).
Perbedaan Rush dan Xpander baru muncul saat bicara pemilihan bahan untuk mempercantik interior, sebab dikala Xpander pakai plastik dan jahitan palsu, Rush pakai bahan kulit sintetis yang empuk dan jahitan asli di tipe TRD Sportivo, tapi masih ada jahitan palsu juga sih di sektor lain.

Interior Mitsubitshi Xpander

Panel pintu All New Rush juga tidak full plastik, namun masih dihiasi bahan kulit imitasi biar lebih mewah. Di sektor ruang kemudi Xpander lebih unggul karena dijamin bisa lebih leluasa mengaturnya daripada di Rush & Terios, soalnya pengaturan setirnya lengkap dengan tilt & telescopic adjustment, sementara Rush hanya tilt. Posisi mengemudi Xpander pun sedikit lebih ergonomis daripada Rush, tidak terlalu tinggi. Layar MID Xpander pun terlihat lebih wah daripada Rush yang kecil dan grafisnya biasa.
Rush sudah punya AC digital dengan mode Auto, Xpander hanya punya AC biasa tanpa layar display. Rush pun punya lebih banyak fitur seperti auto headlamp, di mana Xpander tidak punya hal itu. Fitur keselamatan? Antara Xpander dan Rush sama-sama punya ABS, EBD, hill start assist dan stability control, tapi ingat bahwa Xpander hanya punya 2 airbags, sementara Rush TRD Sportivo ada 6. Rush juga punya sensor seatbelt di semua baris kursi.

Interior All New Toyota Rush
Pada baris kedua antara Rush dan Xpander mempunyai yang hampir sama sama-sama bisa memanjakan dengan ruangan yang lega bagi penumpang dewasa, baik legroom maupun headroom.
Di baris ini Xpander lebih mengutamakan perasaan nyaman, sementara Rush mengandalkan akomodasi. Terlihat, Xpander hanya punya 2 headrest, sabuk pengaman tengahnya 2 titik tapi ada armrest tengah. Kalau Rush, ia punya 3 headrest, ketiga sabuk pengamannya 3 titik tapi tidak punya armrest. Di sini mulai jelas, kalau ingin mobil yang layak bawa 3 orang di baris kedua, Rush cocok, tapi kalau lebih sering bawa 2 orang saja, coba duduk di Xpander.
Duduk di baris ketiga, lagi-lagi kedua mobil ini mirip. Ruang kepala masih tersedia untuk orang dewasa, namun beda kisahnya di ruang kaki. Jika mau duduk enak, kompromilah dengan baris kedua untuk menggeser kursi mereka maju-mundur atau setidaknya ditegakkan sedikit sandarannya. Fasilitasnya lagi-lagi mirip, sebab ada headrest, kantong dan port charger. Jok belakang Xpander bisa direbahkan satu step, tapi Rush tidak bisa.
MESIN
Baik Toyota Rush atau Mitsubishi Xpander, keduanya punya mesin “baru tapi lama”. Xpander punya mesin 1.500 cc 4 silinder yang sama dengan Colt hatchback, sementara Rush pakai mesin 1.500 cc 4 silinder dari Avanza, yakni mesin 2NR. Tenaga keduanya sama-sama 104 PS di 6.000 rpm, tapi torsi Xpander 141 Nm di 4.000 rpm sementara torsi Rush 136 Nm di 4.200 rpm. Apa Mitsubishi menang? Belum tentu, sebab di atas kertas, Xpander lebih berat 75 kg dari Rush.
Mesin Mitsubishi Xpander

Karena sama-sama dirancang di Indonesia, Xpander dan Rush punya letak air intake yang sangat tinggi sehingga aman jika anda terpaksa menerobos genangan air. Keduanya juga punya ruang mesin yang rapi, dicat total dan diberi peredam. Mitsubishi Xpander memakai format penggerak roda depan sementara Toyota Rush memakai penggerak roda belakang.
Mesin All New Toyota Rush
Kesimpulan
Sebenarnya karena harga Toyota Rush yang resmi belum keluar, agaknya kesimpulan ini terlalu dini. Baik All New Rush dan Xpander punya keunggulan di masing-masing sektor. Namun jika janji kenaikan 3 juta Rupiah itu terpenuhi, maka kami angkat topi buat Toyota. Meski desainnya minim jati diri, Rush baru mampu menyegarkan mata dengan bentuk baru, fitur melimpah, pilihan bahan yang membaik, standar fasilitas keselamatan yang mumpuni. Apa ada mobil lain lagi yang ngasih 6 airbags, stability control, hill start assist dan auto headlamp di bawah 300 juta?.
Mitsubishi Xpander pun punya potensi untuk mempertahankan nilai jualnya. Desain Xpander masih oke dan berkarakter, terlepas apakah suka atau tidak. Fiturnya kalah dibanding Rush, namun posisi duduknya lebih ergonomis, rasa wah-nya lebih dapat dengan detail seperti persneling lapis kulit dan kehadiran armrest tengah di baris kedua. Kepraktisan pun membaik berkat adanya bagasi yang bisa dilipat dengan mudah dan rata lantai.
Tapi sekali lagi kami ingatkan, kedua mobil ini sebenarnya beda kelas dan konsep, namun berhubung harganya mirip dan Avanza tidak bisa diharapkan untuk menyaingi Xpander, Rush pun digelontorkan. Keduanya lumayan sama kuat, namun tak bisa ditepis bahwa fitur keselamatan Rush lebih banyak. Semuanya kami kembalikan ke kebutuhan, selera dan saldomu.
Berikut Spesifikasi lengkap kedua mobil tersebut:




Sumber: Autonetmagz 

Inshaallah Bermanfaat.. 😀😀
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. hai kak lagi butuh kitchen set yuk langsung saja hubungi kami

    ReplyDelete

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)