Tips Otomotif
Pada
beberapa bulan di akhir 2017 lalu Mitsubishi meluncurkan Low MPV (LMPV) Xpander
untuk ‘menghancurkan’ Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan Daihatsu Xenia. Namun
Xpander sebagai mobil LMPV mempunyai aura SUV ternyata malah langsung
bersinggungan dengan All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang juga
diluncurkan sebulan setelahnya.
Kesamaan
Mitsubitshi Xpander dan All New Rush dan Terios itu terlihat secara desain,
fitur dan harga yang tidak jauh berbeda meski mempunyai segmen beda pula. Xpander
sebenarnya masuk di segmen LMPV sedangkan All New Rush & Terios masuk
segmen SUV.
Harga varian
termurah All News Rush yang diperkirakan naik Rp3-4 juta dari versi lawas,
ditaksir menjadi harga varian tertinggi Xpander Ultimate A/T yang untuk OTR Jabodetabek Rp245,350 juta. Namun, bila
disandingkan dengan harga "saudara"
Rush yaitu Daihatsu Terios dalam rentang Rp190-250-an juta, persis
dengan rentang harga Xpander saat ini.
Harga yang
nyaris mirip, membuat fitur yang ditawarkan masing-masing mobil tak jauh
berbeda, soal keamanan misalnya All News Rush sudah menggendong teknologi Hill
Start Assist Control (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC) yang di
Mitsubishi Xpander dilabeli dengan nama Active Stability Control
(ASC). Namun, All New Rush maupun All New Terios masih setia mempertahankan
roda penggerak belakang, berlawanan dengan Xpander yang memakai penggerak roda
depan.
EKSTERIOR
Xpander
MPV dengan aura khas SUV (Sport Utility Vehicle) dengan desain Dynamic Shield
yang artinya menggabungkan gaya dinamis namun tetap menonjolkan sentuhan
fiuturistik. Namun sayangnya pihak Mitsubitshi tidak menanamkan lampu LED pada
lampu utama yang berada di bagian bawah bersanding dengan lampu sein. Mereka
hanya membekali lampu LED pada lampu bagian belakang.
Mitsubishi Expander
Bagaimana
dengan All New Rush & Terios? Sama,
desain barunya bikin mata segar setelah bosan dan lelah melihat desain Rush
lama yang 10 tahun tidak ganti dan sering ketemu di jalan.
All
New Rush & Terios punya ‘muka’ seperti mobil Honda model baru yang
mempunyai gril depan yang lebar. Tampang baru ini juga mirip dengan Fortuner,
bisa dibilang mini Fortuner. Dari sektor sasis Xpander pakai sasis monokok,
Rush masih pakai sasis ladder frame.
All New Toyota Rush
Berita
baiknya, Toyota Rush punya fitur lebih wah daripada Xpander di luar. Contoh,
lampu depan dan belakang Rush sudah full LED meski tanpa projector. Xpander
belum ada defogger di belakang, sementara Rush sudah. Saat Xpander sudah pede
dengan ground clearance 205 mm, Rush bisa lebih pede dengan ground clearance
220 mm.
Kedua mobil ini sama-sama pakai rem cakram di
depan dan tromol di belakang, sudah ada ABS dan EBD, punya wiper belakang dan
punya kamera parkir buat Rush TRD dan Xpander Ultimate. Sensor parkir sudah ada
di Rush, dan pada tipe tertinggi Rush dan Xpander, keduanya punya keyless entry
dan keyless start. Urusan roof rail, Rush punya sementara Xpander tidak, jadi
sudah lebih siap jika mau pasang roof box.
Untuk Xpander, sebaiknya perhatikan posisi
lampu depan yang lumayan rendah, apakah rentan kena lemparan kerikil dari mobil
di depannya. Kalau buat Rush, kami merasa cover plastik hitam di foglamp dan
side body moulding di varian TRD Sportivo itu agak berlebihan. Cover foglamp
terlalu tebal, dan side body moulding itu harusnya bisa lebih rendah lagi
posisinya, atau dihilangkan pun rasanya takkan terlalu masalah.
INTERIOR
All New Rush dan Xpander punya desain interior yang cenderung
moderat. Sama-sama biasa, namun untuk urusan kualitas pemasangan panel-panel
dasbor dan pintu keduanya bagus, terasa solid dan tidak terasa goyang (meski
konsol tengah Rush goyang juga sih).
Perbedaan Rush dan Xpander baru muncul saat bicara pemilihan
bahan untuk mempercantik interior, sebab dikala Xpander pakai plastik dan
jahitan palsu, Rush pakai bahan kulit sintetis yang empuk dan jahitan asli di
tipe TRD Sportivo, tapi masih ada jahitan palsu juga sih di sektor lain.
Interior Mitsubitshi Xpander
Panel pintu All New Rush juga tidak full plastik, namun masih
dihiasi bahan kulit imitasi biar lebih mewah. Di sektor ruang kemudi Xpander
lebih unggul karena dijamin bisa lebih leluasa mengaturnya daripada di Rush
& Terios, soalnya pengaturan setirnya lengkap dengan tilt & telescopic
adjustment, sementara Rush hanya tilt. Posisi mengemudi Xpander pun sedikit
lebih ergonomis daripada Rush, tidak terlalu tinggi. Layar MID Xpander pun
terlihat lebih wah daripada Rush yang kecil dan grafisnya biasa.
Rush sudah punya AC digital dengan mode Auto, Xpander hanya
punya AC biasa tanpa layar display. Rush pun punya lebih banyak fitur seperti
auto headlamp, di mana Xpander tidak punya hal itu. Fitur keselamatan? Antara
Xpander dan Rush sama-sama punya ABS, EBD, hill start assist dan stability
control, tapi ingat bahwa Xpander hanya punya 2 airbags, sementara Rush TRD
Sportivo ada 6. Rush juga punya sensor seatbelt di semua baris kursi.
Interior All New Toyota Rush
Pada baris kedua antara Rush dan Xpander mempunyai yang
hampir sama sama-sama bisa memanjakan dengan ruangan yang lega bagi penumpang
dewasa, baik legroom maupun headroom.
Di baris ini Xpander lebih mengutamakan perasaan nyaman,
sementara Rush mengandalkan akomodasi. Terlihat, Xpander hanya punya 2
headrest, sabuk pengaman tengahnya 2 titik tapi ada armrest tengah. Kalau Rush,
ia punya 3 headrest, ketiga sabuk pengamannya 3 titik tapi tidak punya armrest.
Di sini mulai jelas, kalau ingin mobil yang layak bawa 3 orang di baris kedua,
Rush cocok, tapi kalau lebih sering bawa 2 orang saja, coba duduk di Xpander.
Duduk di baris ketiga, lagi-lagi kedua mobil ini mirip. Ruang
kepala masih tersedia untuk orang dewasa, namun beda kisahnya di ruang kaki.
Jika mau duduk enak, kompromilah dengan baris kedua untuk menggeser kursi
mereka maju-mundur atau setidaknya ditegakkan sedikit sandarannya. Fasilitasnya
lagi-lagi mirip, sebab ada headrest, kantong dan port charger. Jok belakang
Xpander bisa direbahkan satu step, tapi Rush tidak bisa.
MESIN
Baik Toyota Rush atau Mitsubishi Xpander,
keduanya punya mesin “baru tapi lama”. Xpander punya mesin 1.500 cc 4 silinder
yang sama dengan Colt hatchback, sementara Rush pakai mesin 1.500 cc 4 silinder
dari Avanza, yakni mesin 2NR. Tenaga keduanya sama-sama 104 PS di 6.000 rpm,
tapi torsi Xpander 141 Nm di 4.000 rpm sementara torsi Rush 136 Nm di 4.200
rpm. Apa Mitsubishi menang? Belum tentu, sebab di atas kertas, Xpander lebih
berat 75 kg dari Rush.
Mesin Mitsubishi Xpander
Karena sama-sama dirancang di Indonesia, Xpander dan Rush
punya letak air intake yang sangat tinggi sehingga aman jika anda terpaksa
menerobos genangan air. Keduanya juga punya ruang mesin yang rapi, dicat total
dan diberi peredam. Mitsubishi Xpander memakai format penggerak roda depan
sementara Toyota Rush memakai penggerak roda belakang.
Mesin All New Toyota Rush
Kesimpulan
Sebenarnya karena harga Toyota Rush yang resmi
belum keluar, agaknya kesimpulan ini terlalu dini. Baik All New Rush dan
Xpander punya keunggulan di masing-masing sektor. Namun jika janji kenaikan 3
juta Rupiah itu terpenuhi, maka kami angkat topi buat Toyota. Meski desainnya
minim jati diri, Rush baru mampu menyegarkan mata dengan bentuk baru, fitur
melimpah, pilihan bahan yang membaik, standar fasilitas keselamatan yang
mumpuni. Apa ada mobil lain lagi yang ngasih 6 airbags, stability control, hill
start assist dan auto headlamp di bawah 300 juta?.
Mitsubishi Xpander pun punya potensi untuk mempertahankan
nilai jualnya. Desain Xpander masih oke dan berkarakter, terlepas apakah suka
atau tidak. Fiturnya kalah dibanding Rush, namun posisi duduknya lebih
ergonomis, rasa wah-nya lebih dapat dengan detail seperti persneling lapis
kulit dan kehadiran armrest tengah di baris kedua. Kepraktisan pun membaik
berkat adanya bagasi yang bisa dilipat dengan mudah dan rata lantai.
Tapi sekali lagi kami ingatkan, kedua mobil ini sebenarnya
beda kelas dan konsep, namun berhubung harganya mirip dan Avanza tidak bisa
diharapkan untuk menyaingi Xpander, Rush pun digelontorkan. Keduanya lumayan
sama kuat, namun tak bisa ditepis bahwa fitur keselamatan Rush lebih banyak.
Semuanya kami kembalikan ke kebutuhan, selera dan saldomu.
Berikut Spesifikasi lengkap kedua mobil tersebut:
Sumber: Autonetmagz
Inshaallah Bermanfaat.. 😀😀
Inshaallah Bermanfaat.. 😀😀
hai kak lagi butuh kitchen set yuk langsung saja hubungi kami
ReplyDelete