Wednesday, January 24, 2018

Jancukan, 'Sengatan Lebah' Para Pendaki Gunung

Info Pendaki


Gunung Argopuro - Jawa Timur

Pohon Jancukan atau dalam bahasa latin dinamakan Gardenia Palmata adalah sebuah tanaman dengan duri di sekujur permukaan daunnya. Dimana duri itu mengandung racun yang apabila kita terkena akan terasa seperti sengatan lebah bila terkena kulit.

Tanaman ini biasanya juga disebut dengan pohon Lateng Pohon Jancukan atau Gardenia Palmata adalah musuh dan merupakan tanaman petaka oleh para pendaki yang mendaki Gunung, karena di beberapa Gunung Indonesia terdapat banyak tanaman ini. Apabila kita terkena maka seluruh tubuh kita akan perih dan gatal-gatal.

Lalu bagaimana cara mengobatinya? sampai saat ini pun belom jelas bagaimana caranya. Tapi waktu kemarin saya sempat terkena daun Jancukan itu yaa di diemin aja. Karena lama-lama rasa perih dan gatal-gatal karena racun itu akan hilang dengan sendirinya.

Cara menghindari agar tidak terkena daun Jancukan cukup simple. Liat aja orang di foto itu (foto atas) dengan cara berpakaian seperti itu, Kemungkinan besar anda tidak akan terkena daun Jancukan . [Sumber IG: @seruputkopii]



Tips Cara Mengobati Rasa Gatal Pohon Jancukan

Cara mengobati rasa gatalnya (ini masih beberapa saran, sepertinya belum ada penelitian lebih lanjut) adalah dengan mengambil akar tanaman tersebut dan tanah yg melekat di akarnya. Lalu di tumbuk sampai berair dikit setelah itu oleskan ke bagian kulit yg terkena racun Jancukan. Ibarat pepatah dimana ada racun, di sana lah penawar yang paling terdekat ditemukan.


Inshaallah Bermanfaat... 😁😁😁

Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)