Monday, February 26, 2018

Goa Belanda di Gunung Papandayan

Info Pendaki
Ternyata.. Ada Goa Belanda di Gunung Papandayan
Goa Belanda Gunung Papandayan mungkin banyak orang kurang mengetahui atau bahkan tidak mengetahui tentang keberadaan Goa Belanda di gunung papandayan, Sepintas memang letak keberadaanya memang tersembunyi, jarang orang yang menemukannya karena posisinya yang tersembunyi dipinggir selokan dan dibawah jalan setapak.

Kalau kita tidak jeli meskipun terlewati tapi susah untuk mengetahui posisinya, tapi salah satu ciri keberadaannya adalah sebuah tugu.

Jalan menuju Goa Belanda ini sebenarnya gampang dan dekat dari kawah juga tinggal naik sedikit, tapi kalau belum tau jangan coba-coba untuk menemukannya sendiri nanti bisa nyasar.

Dalam Goa Belanda ini terdapat satu buah kamar yang ukurannya lumayan luas muat 10 orang dan bisa buat bermalam, istirahat dan bersantai di dalam nya . Pada letusan tahun 2002 goa ini tidak terkubur oleh material bebatuan, jadi sampai saat ini goa ini tetap masih ada.

Seperti telah kita ketahui dahulu kita pernah dijajah oleh Negara Belanda. Banyak peninggalan yang ditinggalkan dari zaman tersebut, mulai dari cerita, jalan, goa, bangunan dan masih banyak peninggalan lainnya. Sama halnya dengan Gunung Papandayan, ada  satu peninggalan yaitu sebuah goa peninggalan Belanda.

Menurut data dan informasi yang berhasil kita dihimpun tidak ada penjelasan secara lengkap dimana tepatnya letak goa belanda tersebut, tdk ada pula yang menjelaskan tentang sejarahnya tujuan serta fungsi di buatnya goa tersebut. tapi keberadaannya memang ada, salah satu ciri keberadaannya yaitu sebuah tugu yang masih kokoh berdiri sampai sekarang.

Apa teman-teman sudah pernah ke sini??


Sumber & Foto : www.papandayan.info

Inshaallah Bermanfaat...😁😁😁
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)