BisMania
Mercedes Benz OC500 RF 2542
Mercedes Benz OC 500 RF 2542 saat ini menjadi pembicaraan bagi penggemar bus di Indonesia, karena Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini langsung menghadapi ujian sesungguhnya di tahun 2017 ini. Chasis ini langsung head to head dengan chasis premium lainnya yakni Scania K410 IB.
Mercedes
Benz OC 500 RF 2542 ini diimport dari Spanyol dengan menggunakan mesin OM457LA
yang jelas lebih kuat dan efisien jika digunakan untuk angkutan umum. Nah apa
saja keunggulan dengan chassis Mercedes Benz terbaru ini ?? mari kita bahas
lebih detail.
Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dibekali dengan mesin turbo
intercooler dengan output 11.967 CC menghasilkan daya sekitar 310 Kw (atau 422
HP) pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 RPM.
Dimensi
ini chassis bus baru di 2.500 x 14,355 x 1,720 mm. (lebar x panjang x tinggi).
Mesin pada Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini dikendalikan dan
dikelola dengan sistem elektronik. Injeksi bahan bakar yang lebih tepat dan
efisien dengan sistem pompa satuan untuk memastikan kinerja yang lebih baik,
sehingga memperpanjang daya tahan mesin atau lebih awet.
Hebatnya
lagi Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan
terbaik dari mercedes benz yaitu:
1.
Disk Break
2.
Electronic Stability Program (ESP®) atau sistem anti-selip.
3.
Sistem pengereman elektronik (EBS)
4.
ABS (antilock Breaking System)
Suspensi
independen sudah disematkan pada as roda depan hal ini digunakan untuk
memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Poros roda belakang, bagian
paling penting dari ini chassis bus baru ini karena sangat kuat untuk
memastikan penggunaan yang tahan lama, dan memberikan pengalaman berkendara
yang superior dan daya sistem pengereman maksimum. Yang menarik dari Mercedes
Benz OC 500 RF 2542 ini adalah pada poros roda ketiga yang dapat
dikontrol baik untuk bergerak maju dan mundur, dengan sistem elektro-hidrolik.
PO Kurnia yang merupakan Perusahaan Otobus pertama
di Indonesia yang berasal dari Aceh yang memiliki chassis Mercedes Benz OC 500
RF 2542 dimana body bus PO Kurnia dibangun dengan body
Jetbus HD 2 dari Karoseri Adiputro. Saat ini sudah banyak PO yang menggunakan chasis ini untuk bus premium miliknya.
SCANIA K410 iB
Sebagai pesaing tunggal chasis
Mercedes Benz OC500 RF 2542, Scania K410 IB membawa fitur-fitur yang canggih
untuk mengungguli chasis asal Jerman yang mempunyai horsepower yang sangat besar.
Chassis K410
ib ini masuk ke Indonesia tahun 2015 lalu tepatnya sekitar bulan Juli 2015 via
United Tractor. Chassis ini sendiri merupakan pesanan dari PO. BGS Satria Muda
yang kala itu langsung dibalut dengan body Jetbus SHD 2+ Setra dari Karoseri Adi Putro.
Berikut
Spesifikasi lengkap dari Chasis Scania K410 IB:
Keunggulan
:
·
Mesin yang lebih efisien
·
Aman dan pengereman yang lebih bertenaga
·
Nyaman dengan suspensi udara (Air Suspension)
·
Layar Display 6,5 ” untuk driver
·
Cocok untuk bus dengan panjang 13,5 meter
Teknologi:
·
Retarder
·
Opticruise (Transmisi otomatis)
CAPACITY
AND WEIGHTS
·
Front axle load (max) : 7500 Kg
·
Rear axle load (max) : 17500 kg
·
Gross vehicle weight : 25000 kg
ENGINE
·
13 Litre DC13 107 K01 EURO 3
·
4 Stroke 6- cylinder in-line, 4 valves per
cylinder, turbo charged, intercooled, Scania PDE Injection (separate
electromagnetically controlled unit injectors) and air cleaner.
Meximum
output
306kW
(410 hp) @ 1900 r/min
Maximum
Torque
2000
Nm @ 1000 – 1350 r/min
GEARBOX
GRS895R,
12-Speed range-splitter, with integrated hydraulic retarder.
Opticruise
·
Automatic Gear Shifting” on manual gearbox
·
Cruise Control
·
Downhill speed control
·
Economy, standard and power mode
WHEEL
CONFIGURATION
·
6 x 2 *4 Forward control. right hand drive
·
3 axle vechile drive on one rear axle and one
rear steer axle behinde the driving axle.
SUSPENSION
·
Front : Air suspension system with extra heavy
duty shock absorber and anti roll bar.
·
Rear : Air suspension system with extra heavy
duty shock absorber and anti roll bar.
·
Axle load display and overload warning
TYRES
AND RIMS
295/80R
22,5 ” Michelin tyres on 8,25″ x 22,5″ steel rims in the front and rear spare.
BRAKES
and SAFETY
Direct
acting full drum brakes with R3500 retarder system. Membrane type brake acting
on front wheel. Membrane and spring type brake on rear wheels.
Also
features:
·
Automatic exhaust brake
·
Automatic slack Adjuster
·
Air Dryer
·
Load Sensing valve
·
Electronic Braking System (EBS)
·
Air Processing System (APS)
·
Hill hold fuction
FUEL
TANK
465
Litres fuel tank, equipped with fuel filter with water separating fuction.
Right
and left fuel filling side
STEERING
Fully
adjustable in all directions and teh same time; with 4-spoke safty hydraulic
Power
steering with tilt angel between 25-45 degrees and steplessly adjustable 60 mm
along the steering column.
Right-hand
side steering
ELECTRICAL
SYSTEM
Batteries
: 225 Amp/h capacity
Altenator
: 2 x 150 A
INSTRUMENT
GAUGES
6,5
inch colour display with indonesian language instrument cluster and equipped
with trip computer that show speed (km/h), engine speed, engine temperature,
fuel level, fuel comsumption and oil pressure.
Cruise
control with switches in steering wheel
Electronic
speed limiter
Communicator
C200 – Scania Fleet Management System (optional)
Nah
itu tadi spesifikasi SCANIA K410IB dengan Opticruise yang sebaiknya Anda
pertimbangkan dna layak untuk di pilih karena SCANIA K410IB di bandrol dengan
harga 1,75 Milyar!.
*Harga
SCANIA K410IB Opticruise sudah termasuk
PPN
10% (Off the road)
Biaya
Space frame dan biaya delivery ke karoseri
0 comments:
Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)