Monday, May 21, 2018

Tips Mendaki Gunung Di Bulan Puasa

Tips Pendaki
Berkegiatan di alam bebas seperti mendaki gunung, sudah menjadi hobi di kalangan anak zaman now. Untuk beberapa keadaan atau beberapa orang, menahan keinginan untuk mendaki gunung terasa cukup sulit, apalagi jika keinginan tersebut muncul ketika masuk di bulan Ramadhan atau bulan puasa.
Mendaki gunung saat bulan puasa, bukanlah hal yang tak mungkin karena sudah banyak dijumpai peziarah-peziarah yang mendaki gunung sambil berpuasa. Meski begitu mendaki gunung di bulan puasa memang memerlukan persiapan yang lebih matang, baik persiapan fisik, mental, perlengkapan dan peralatan.
Dan bagi teman-teman yang ingin mendaki gunung saat berpuasa kalian masih bisa melakukannya ko, selama kalian bisa mengatur waktu dan tidak menggagu ibadah puasa kalian.
Berikut tips-tips yang bisa diterapkan saat mendaki gunung selama berpuasa:
1.   Pilih Gunung Dengan Trek Pendakian Yang Ringan
Semakin berat medan pendakian maka tenaga yang dibutuhkan akan lebih besar. Maka dari itu pemilihan gunung sebagai lokasi pendakian haruslah tepat dengan kondisi tubuh yang sedang berpuasa.
Ada beberapa gunung yang bisa di jadikan rekomendasi bagi teman-teman yang masih ingin melakukan pendakian saat berpuasa. Di antaranya ada gunung Prau di Wonosobo, Gunung Papandayan di Garut dan masih banyak lagi yang lain.
2.   Pilihlah Gunung Yang Berhutan
Gunung yang mempunyai hutan yang lebih sangat direkomendasikan untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari yang bisa menyebabkan tubuh lebih cepat Lelah dan haus. Dengan adanya vegetasi pohon yang lebat membuat kondisi jalur pendakian akan lebih lembab dan lebih teduh.
3.    Mulai Pendakian Pada Pagi atau Malam Hari
Memulailah pendakian pagi setelah sahur atau bisa juga pada malam setelah sholat tarawih. Selain tidak mengganggu ibadah kita, pendakian pagi atau malam hari juga akan memberikan semangat dan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan pendakian biasanya.
4.   Bawalah Perlengkapan Yang Efisien dan Safety
Saat melakukan pendakian gunung saat berpuasa disarankan Jangan terlalu banyak membawa perlengkapan, agar tidak memberatkan perjalanan, apalagi jika perlengkapan tersebut tidak terlalu diperlukan. Sebaiknya, bawa perlengkapan yang memiliki fungsi ganda seperti jaket anti air.
Gunakan pula perlengkapan yang cocok untuk kegiatan outdoor seperti pakaian quick dry, yang tak hanya bisa kering dengan cepat, namun juga lebih bersahabat dengan suhu tubuh.
5.   Bawalah Logistik Yang Berserat dan Bernutrisi
Pendakian gunung memerlukan energi yang cukup besar, sehingga membutuhkan makanan yang sehat untuk menjaga stamina anda, khususnya ketika sedang menjalankan puasa. Waktu sahur adalah waktu yang tepat untuk memberikan asupan makanan yang dibutuhkan.
Beberapa makanan yang sehat untuk dikonsumsi diantaranya adalah sayur-sayuram, buah-buahan, susu, madu, dan lain sebagainya. Konsumsi daging juga sangat direkomendasikan karena daging lebih lama bertahan di dalam lambung sehingga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.
6.   Manajemen Waktu Istirahat
Ketika masih dalam kondisi berpuasa, jangan ambil waktu terlalu lama untuk beristirahat. Ketika terlalu lama beristirahat, panas tubuh akan berkurang dan membuat tubuh harus berusaha mendapatkan performa terbaiknya lagi ketika perjalanan kembali dimulai. Hal ini tentu membuat tubuh terasa lebih lelah. Hendaklah beristirahat untuk mengantur nafas serta memberikan sugesti diri bahwa dalam keadaan berpuasa masih sanggup untuk mencapai puncak.
7.   Jangan Memaksakan Diri
Ketika kondisi tubuh benar-benar sudah lelah dan dirasa tak sanggup untuk melanjutkan puasa dan pendakian, maka jangan pernah memaksakan diri. Ingatlah selalu bahwa pendakian yang sukses adalah berhasil pulang dengan selamat.

Dalam setiap pendakian, kesiapan fisik, mental dan perlengkapan memang sangat dibutuhkan, apalagi jika dalam kondisi berpuasa. Niat yang kuat untuk tetap beribadah dan tetap melakukan aktivitas pendakian merupakan motivasi terbaik. Beberapa hal di atas bisa menjadi masukkan untuk kesuksesan pendakian dan kesuksesan ibadah anda. Selamat mendaki teman-teman!

Inshaallah Bermanfaat…😁😁😁
#infopendaki #gunungindonesia #tipspendaki #pendakiindonesia #id_pendaki #jejakpendaki #sahabatpendakiindonesia #mountainleader 

Sumber : berbagai sumber


Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)