Monday, May 14, 2018

Ini Daftar Smartphone Yang Dapat Update Project Treble

Tekno

Salah satu fitur terpenting yang ada di Android 8.0 Oreo adalah Project Treble, upaya Google untuk melakukan modulasi di Android. Project Treble adalah modul baru dari Googleyang memisahkan vendor implementation (seperti fitur bawaan dan driver) yang ada di sebuah HP (smartphone) dari framework pada OS Android-nya. Modul ini berfungsi untuk memudahkan device makers (manufacturersSamsung, LG, dll) dalam melakukan upgrade OS Android pada perangkat HP mereka. Namun, sampai sekarang masih ada sedikit daftar smartphone yang menerima update Project Treble.

Ada alasan lain mengapa Project Treble merupakan fitur penting yang akan disukai pecinta smartphone: Custom ROM. Hal ini secara signifikan akan memudahkan pengguna smartphone yang menggunakan Custom Rom untuk melakukan upgrade OS Android-nya. Seorang pengembang Android bisa melakukan booting stok ROM Oreo pada Huawei Mate 9 miliknya hanya dalam satu hari, berkat Treble. Adanya modul fitur ini juga memungkinkan pengembang untuk fokus pada satu system image yang dapat bekerja pada perangkat smartphone yang berbeda-beda; selama perangkat tersebut kompatibel dengan Treble.

Catatan: Tidak ada jaminan bahwa sebuah perangkat smartphone dapat diinstall Custom ROM dan mendapatkan update yang lebih cepat. Ada banyak halangan lainnya dalam pengembangan Custom ROM, seperti kendala pada locked bootloader.

Dilihat dari dampak dan hal positif yang bisa diambil dari adanya fitur Project Treble, berikut daftar smartphone yang menerima update Project Treble:

Daftar Smartphone Yang Menerima Update Project Treble

Saat memperbarui smartphone dan tablet lama mereka ke Oreo, manufacturers dapat memilih apakah akan memberikannya fitur Treble atau tidak. Namun, setiap perangkat smartphone yang sejak pertama rilis sudah di-install dengan Android 8.0 Oreo (atau lebih tinggi) pasti akan mendukung Treble. Perangkat-perangkat smartphone ini termasuk Google Pixel 2, Sony Xperia XZ1, dan perangkat lain yang dirilis dengan Oreo.

Berikut adalah daftar smartphone yang menerima update Project Treble; yang sebelumnya tidak diluncurkan dengan Android Oreo:

ASUS
Zenfone 4 ZE554KL (mendukung Treble, namun tidak mendukung vendor partition)
Zenfone Max Pro M1 (sudah memakai project treble)

Essential
Essential Phone PH-1 (sumber)

Google
Google Pixel 1 (sumber)
Google Pixel 1 XL (sumber)

Huawei
Huawei Mate 9 (sumber)
Huawei Honor 7X (sumber)
Huawei P8 Lite 2017 (sumber)
Huawei Honor 8 Lite (sumber)
Huawei Honor 8 Pro (sumber)
Huawei Honor 9 (sumber)
Huawei Honor 9 Lite (sumber)
Huawei P10/P10 Plus (sumber)

Lenovo
Unofficial: Lenovo Zuk Z2 Plus/Pro (info lebih lanjut)

Oppo
Oppo R11/R11s (sumber)

OnePlus
Unofficial: OnePlus 5/5T (sumber)

Razer
Razer Phone (sumber)

Xiaomi
Unofficial: Redmi Note 4 (info lebih lanjut)
Redmi Note 5 (sumber)
Unofficial: Xiaomi Mi 5 (info lebih lanjut)
Unofficial: Xiaomi Mi 5s/5s Plus (sumber)
Unofficial: Xiaomi Mi 6 (sumber)


Sumber [koalakontent.com]

Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)