Wednesday, May 9, 2018

Project Treble, Bikin Upgrade Android Lebih Cepat

Tekno



Google belum lama ini mengumumkan proyek baru mereka untuk sistem operasi Android. Nama proyek tersebut adalah Project Treble. Project baru tersebut telah diimplementasikan di Android Oreo. Apa itu Project Treble? Ini penjelasannya.

Saat ini, dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi suatu ponsel Android untuk melakukan upgrade OS, terutama ponsel Android yang bukan buatan Google, seperti ponsel Samsung, Huawei, Xiaomi, dll. Untuk mengatasi hal ini, Google bekerjasama dengan para vendor (device makers), seperti Samsung, Huawei, dll. Mereka akan mencoba membuat modul baru di dalam OS-nya yang akan dimulai di Android Oreo. Google manamai modul ini dengan Project Treble. Berikut lengkapnya definisi dan fungsi dari Project Treble di Android Oreo.

Saat ini, ponsel Android non-Nexus dan non-Pixel harus melewati beberapa langkah untuk melakukan upgrade Android. Inilah yang menyebabkan lamanya waktu yang diperlukan perangkat Android non-Nexus dan non-Pixel untuk melakukan upgrade. Jadi, tidak heran jika perangkat besutan Google, seperti Nexus dan Pixel, mendapatkan upgrade OS terlebih dahulu.

Definisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo

Sebagai contoh, versi terbaru Android adalah Android 7.1 Nougat. Mulai tanggal 2 Mei 2017, hanya 0,5% smartphone Android yang aktif digunakan menggunakan versi Android tersebut. Sebenarnya, versi Android yang paling populer saat ini adalah Android 6.0, yang memiliki 31,2% perangkat, meski diluncurkan pada tahun 2015. Bahkan, Android 4.4 KitKat masih terpasang pada 18,8% perangkat aktif, hampir empat tahun setelah diluncurkan. Diambil dari data ini, kebanyakan perangkat Android membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan upgrade OS.

Untuk mengatasi hal ini, Google dan beberapa vendor akan bekerja sama meng-imlementasikan basis modular di perangkat ponsel yang berbasis Android Oreo. Hasil implementasi ini Google beri nama Project Treble. Google berpendapat bahwa hal ini merupakan langkah yang tepat dalam mengatasi lamanya waktu yang diperlukan suatu perangkat Android untuk melakukan upgrade.

Dengan Projek Treble, Google ingin menghilangkan vendor implementation yang dibuat vendor (seperti fitur bawaan dan driver) dari framework utama OS Android mereka. Artinya, akan ada banyak kode yang perlu diperbarui oleh device makers (manufacturers) saat perangkat mereka akan beralih ke versi Android yang lebih baru. Namun, Google ingin menghapus vendor implementation yang memberi akses ke bagian khusus dari hardware Android, sehingga pembuat perangkat dapat memberikan update Android baru kepada pengguna hanya dengan melakukan update framework pada Android mereka.


Anggap saja seperti ini: bila framework Android bercampur dengan fitur bawaan dari vendor, dengan kode yang berbeda dengan yang dibuat Google, maka pihak device makers akan kesusahan dalam memberikan update OS Android terbaru ke dalam ponsel mereka. Namun, jika kode inti framework Android dipisahkan dari kode fitur bawaan dari vendor seperti Samsung atau Huawei, maka pihak device makers akan secara cepat dapat memberikan pengguna update OS Android terbaru, karena vendor seperti Samsung dan Huawei tidak perlu mengubah kodenya. Inilah yang dimaksudkan oleh Google dengan memperkenalkan Project Treble di perangkat Android Oreo mereka yang baru.

Kesimpulan

Project Treble adalah modul baru dari Google yang memisahkan vendor implementation (seperti fitur bawaan dan driver) yang ada di sebuah smartphone dari framework pada OS Android-nya. Modul ini berfungsi untuk memudahkan device makers (manufacturers) dalam melakukan upgrade OS Android pada perangkat smartphone mereka.

Definisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo ini sangat berguna bagi para pecinta smartphone. Karena, dikutip dari TechRadar, Project Treble merupakan salah satu update yang terpenting yang pernah dikeluarkan oleh Google. Project Treble ini sudah ada di versi developer preview pertama untuk OS Android Oreo, dan akan diimplementasikan ke semua perangkat baru yang diluncurkan dengan Android Oreo.


Inshaallah Bermnafaat...😀😀😀



Sumber [koalakontent.com]

Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)