Wednesday, July 11, 2018

Etika Yang Harus Diketahui Pendaki Gunung

Info Pendaki 


Sebagai seorang pendaki gunung dan penikmat alam, sebaiknya kita memiliki etika yang harus dijunjung tinggi saat berkegiatan di alam bebas. Berikut adalah beberapa etika yang harus diterapkan oleh seorang pendaki yang baik agar kegiatan pendakian berjalan dengan aman dan nyaman.

1.   Hormat dan saling bantu
Dalam peraturan tak tertulis, biasanya para pendaki saling bertegur sapa
saat bertemu pendaki lainnya. Karena mempunyai hobi dan tujuan yang
sama, maka juga penting bagi kita untuk saling membantu jika mengalami
kesusahan.

2. Menghormati kehidupan liar
Perubahan perilaku hewan sedikit banyak merupakan pengaruh manusia. Maka dari itu, jangan memberi makan hewan yang ditemui dan hargai dengan tidak mengeluarkan polusi suara berlebihan.

3. Biarkan apa yang dilihat dan ditemukan
Sebagai tamu, para pendaki sudah seharusnya tidak mengubah apapun yang ada di hutan atau gunung. Jangan merusak lingkungan seperti mencoret batu atau papan petunjuk, mencabut tumbuhan, menebang pohon, dan membawa hewan pulang.

4. Membuang limbah dengan benar
Ketahui bagaimana cara membuang limbah yang benar, mulai dari kotoran sendiri hingga sisa makanan. Terutama, jangan membuah sampah makanan sembarangan karena bisa saja dikonsumsi para hewan.


5. Menjunjung tinggi adat istiadat setempat

Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung, Peribahasa tersebut akan terus berlaku karena setiap tempat yang kita kunjungi mempunyai istiadat masing-masing.

Semoga kita sebagai pendaki dapat bijak dalam bersikap dan bertindak agar aktivitas pendakian tidak sekadar bisa menggapai puncak gunung, namun juga membawa perubahan bagi diri kita dan lingkungan sekitar.



*Berbagai sumber


semoga bermanfaat...😁😁😁

Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)