Thursday, July 5, 2018

Cerita Pendakian Gunung Leuseur via Kedah

Info Gunung

Jalur Pendakian Gunung Leuseur via Kedah

Jalur Pendakian Gunung Leuser Via Kedah . Ada 3 Jalur Pendakian Gunung Leuser, yaitu jalur Kedah, jalur Agusan dan jalur Meukek. Jalur Kedah adalah jalur yang direkomendasikan. Jalur Agusan lebih panjang sehingga memakan waktu yang lebih lama, sedangkan Jalur Meukek sangat curam yang memerlukan peralatan khusus untuk melaluinya. 

Kedah berada di Desa Penosan Sepakat, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues, Nanggro Aceh Darussalam. Panjang jalur Kedah dari Kantor Resort Kedah (Base Camp) sampai dengan Puncak Gunung Leuser adalah + 51 Km dengan 47 Km didalamnya merupakan Hutan Primer dengan waktu perjalanan normal 7 sampai dengan 8 hari. 

Hampir tidak ada aktifitas manusia sama sekali selain pendakian di sepanjang jalur pendakian yang juga merupakan jalur aktif satwa liar. Panjang jalur pendakian di atas rata-rata panjang jalur pendakian gunung Indonesia sehingga memerlukan kondisi fisik yang prima bagi para pendaki. Untuk itu sangat diperlukan strategi pendakian yang matang yang bisa disusun bersama pemandu lokal . 

Lokasi Camp sebanyak 21 titik dapat dipilih dengan menyesuaikan kondisi fisik pendaki dan kondisi alam selama pendakian. Untuk menyiasati beban logistik, maka dibuatlah paket logistik harian yang hanya dibuka pada hari yang telah ditentukan dengan memperkirakan jumlah personil dalam tim dan target lamanya pendakian. 

Selain itu akan lebih baik bila menerapkan sistem tanam logistik untuk perjalanan pulang. Beberapa Lokasi ditentukan sebagai lokasi camp saat pulang, disitulah ditanam logistik sehingga membantu dalam mengurangi beban bawaan. 

Untuk sampai ke puncak, Pendaki harus melalui 4 puncak gunung terlebih dahulu dengan menyusuri punggungan gunung yang panjang dilengkapi dengan puluhan lembah yang harus dilalui. Sebagian besar perjalanan disuguhkan oleh bentang alam berupa pegunungan dan hijaunya hutan. 

Pendaki selama berhari-hari akan benar-benar berada di kehidupan alam liar yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan manusia. . 




Ditulis oleh : Ahtu Triangga untuk Buletin Jejak Leuser _ Monggo guys barangkali ada yang minat ngabuburit atau tektok ke Leuser 😂😂 untuk info pendakian kalian bisa hubungi @rainforestlodgeskedah 



sumber IG @gunungindonesia
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)