Wednesday, March 7, 2018

Tips Berkendara Aman Di Segala Kondisi Cuaca

Tips



Bagi teman-teman yang mempunyai hobi adventure riding, tentunya harus siap menghadapi segala kondisi cuaca dijalan saat berkendara. Apalagi saat berkendara di kala hujan, berkendara melewati jalanan berkabut atau berasap terkadang membuat kita harus meningkatkan kewaspadaan.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk teman-teman berkendara dalam segala kondisi cuaca:

1.      Perlengkapan berkendara. Selain wajib menggunakan helm, jaket, dan sarung tangan, teman-teman juga disarankan menggunakan masker sebagai atribut tambahan (khusus roda dua). Masker sangat dianjurkan saat kondisi berasap saat berkendara terutama di daerah yang sering terjadi kebakaran hutan.

2.      Rencanakan jalur perjalanan. Ada baiknya teman-teman merencanakan terlebih dahulu jalur perjalanan sebelum berkendara untuk mengefisiensi waktu perjalanan. Sekaligus juga menghindari teman-teman nyasar di jalan :D

3.      Selalu gunakan lampu depan atau lampu kabut. Baik untuk kendaraan roda dua ataupun empat, wajib untuk menyalakan lampu di siang hari terlebih kala kabut menghalangi jarak pandang.

Tujuannya adalah agar pengguna jalan lainnya bisa mengetahui posisi kamu lebih jelas di jalan raya. Dan supaya tidak ditilang pak polisi saat di jalan raya *khusus untuk pengendara roda dua

4.      Jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Beri jeda sekitar lima detik dari kendaraan lain yang berada di depan sebagai jarak aman, karena lima detik dianggap waktu yang cukup merespon kejadian yang tidak terduga. Hindari juga gerakan tiba-tiba saat berkendara di cuaca kabut.

5.      Jaga kecepatan konstan. Disarankan teman-teman tetap mempertahankan kendaraan dengan kecepatan tidak terlalu kencang dan konstan, biasanya 20-40 km/jam. Dengan berkendara seperti itu teman-teman bisa menghemat bahan bakar kendaraan.

Hindari menyusul kendaraan lain bila tidak diperlukan, karena dapat membuat pengeluaran bahan bakar kendaraan teman-teman menjadi boros .

6.      Tetap fokus. Berkendara membutuhkan banyak konsentrasi. Usahakan tetap berkendara dalam satu jalur dan gunakan garis pembatas lajur sebagai petunjuk.


Selain tips diatas perlu teman-teman ingat kalau Adventure Riding adalah kegiatan petualangan yang berisiko. Jika teman-teman merasa kelelahan, beristirahatlah dan jangan memaksakan perjalanan. Safety first! Guys

Sumber: berbagai sumber

Inshallah bermnafaat...😀😀😀
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)