Saturday, March 3, 2018

Layar 'Berponi' Dulu Dicaci Sekarang Disukai


Tekno


Tahun lalu Apple memperkenalkan sebuah smartphone yang lain dari pada yang lain. Yakk benar sekali September 2017 Apple meluncurkan iPhone terbaru yang diberi nama iPhone X atau iPhone ‘Ten’.

Selepas diperkenalkan beberapa media teknologi banyak yang memuji desain yang ditampilakn iPhone X yang mempunyai desain layar 18:9 atau tanpa bezel. Tapi malah paling banyak yang mencibir desain layarnya yang ‘terpotong’ di bagian atas untuk kamera dan sensor face ID. Karena desain tersebut beda jauh dengan desain layar milik Samsung Galaxy S8 yang mempunyai layar penuh (tidak terpotong).

Namun beberapa bulan belakangan ini malah banyak smartphone yang ‘mencontek’ desain milik iPhone tersebut. Hmm… kenapa sih pada nyontek sih? Katanya pada bilang jelekk.. Hahaha.

Beginilah dunia teknologi, saat perusahaan sebesar Apple mengeluarkan produk dan desain lain dari pada yang lain, malah mencibir dan tak sedikit orang yang mempermasalahkan hargannya.

Kembali ke para ‘pencontek’ desain Iphone X, yang sudah banyak diperkenalkan secara resmi di acara MWC 2018. Dalam acara tersebut ada beberapa ponsel yang muncul dengan menggunakan ‘poni’ di bagian atas tersebut.

Sebut saja salah satunya smartphone milik ASUS yakni Zenfone 5. Smartphone tersebut terlihat memiliki desain hampir sama dengan iPhone X mulai dai layar sampai penempatan kamera belakang yang terletak di pojok kanan atas dengan posisi vertical.

CEO ASUS Jerry Shen pun memberi penjelasan mengenai desain yang dipakai Zenfone 5. Jerry Shen mengatakan keputusan soal desain itu lebih soal user experience dan kecantikan, Namun Shen memberi perbedaan dengan desain iPhone X yakni ASUS Zenfone 5 memiliki (notch) lebih tipis dari ponsel milik Apple.

Tapii ASUS tidak sendirian yang memiliki desain dengan Notch (Poni) yang ‘menjiplak’ iPhone X, ada Vivo, Oppo, Huawei, LG dll. Vivo sendiri menggunakan desain tersebut di ponsel Vivo V9 yang terlihat di salah satu billboard di kota pangkal pinang.

Oppo menggunakan desain tersebut di Oppo R15 dan R15 Dream Mirror. Kehadiran keduannya diketahui dari teaser yang tersebar di situs media social Weibo. Sedangkan Huawei siap meluncurkan P20 dan LG akan memakai desaini berponi ini di LG G7 yang menggunakan processor Snapdragon 640.

Nahh dari beberapa vendor tersebut sudah terlihat bahwa desain yang dibawa oleh Apple ternyata memang bagus. Menurut saya sendiri desain dengan layar berponi memiliki beberapa kelebihan di ‘spase’ kanan kirinya yang terhalangi notch. Dalam spase tersebut bisa diisi dengan sinyal dan notifikasi, jadi spase tersebut tidak sia-sia.

Berikut beberapa smartphone yang menggunakan ‘poni’ di layar mereka :



Sumber [dari berbagai sumber]


Inshallah bermanfaat...😁😁😁
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)