Monday, February 19, 2018

Xiaomi Kembali Merusak Harga Pasar

Tekno


Bagi Mi Fans Indonesia ponsel yang ditunggu-tunggu telah tiba. Setelah diperkenalkan kepada dunia pada Desember 2017 lalu, Xiaomi akhirnya merilis Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Indonesia nih bro & sis.

Kedua smartphone kece ini sudah mengadopsi fitur-fitur kekinian yang akan menjadi tren di tahun 2018. Redmi 5 dan Redmi 5 Plus telah menggunakan layar 18:9 yang mejadikan ponsel ini memiliki layar bezel less.

Xiaomi juga telah melakukan peningkatan kemampuan dan spesifikasi dari pendahulunya. Tapi apa saja yang jadi sektor unggulan di kedua ponsel tersebut? Selain layar yang sudah menggunakan ratio 18:9, mari kita lihat:

Body
Redmi 5 dan Redmi 5 Plus menggunakan body dengan bahan almunium yang membuat ponsel itu terasa ringan. Tidak hanya itu bentuknya bodinya sedikit melengkung yang membuat ponsel ini enak digenggam. 

Di bagian bawah body tersedia colokan 3,5 mm untuk headset dan juga port USB untuk mencharge baterai dan transfer data, Sayangnya port ini masih menggunakan Micro USB tidak menggunakan USB Type C.

Selain itu dibagian sampingnya terdapat slot Dual SIM card (nano sim) dan 1 slot Micro SD untuk menambah penyimpanan data.

Layar
Seperti disebutkan diatas Redmi 5 dan Redmi 5 Plus telah menggunakan ratio layar 18:9 yang membuat kedua ponsel ini kece abis. Namun bentang layar kedua ponsel ini berbeda loh, Redmi 5 hadir dengan bentang layar 5.7 inch dengan resolusi HD+ 720 x 1440 pixel.

Nah bagi bro & sis yang dirasa layar tersebut kurang lebar bisa memilih Redmi 5 Plus yang punya bentang layar 5.99 inch dengan resolusi Full HD+.

Hardware
Soal dapur pacu, Xiaomi melakukan perbedaan signifikan antara Redmi 5 dan Redmi 5 Plus. Redmi 5 ditenagai processor Snapdragon 450 yang sama seperti Redmi 5A. Produsen asal Tiongkok ini juga mengahadirkan 2 pilihan varian, RAM 2 GB dengan penyimpanan 16 GB dan RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB.

Redmi 5 Plus punya spek yang lebih mentereng lagi nih bro & sis, processor nya telah menggunakan Snapdragon 625 yang sama dengan Xiaomi Mi A1 yang menggunakan sistem operasi Android One. Ponsel ini juga ada dua pilihan varian, RAM 3 GB dengan peyimpanan 32 GB dan RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB.

Kamera
Di sektor kamera Xiaomi menyematkan beberapa fitur canggih untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih optimal. Redmi 5 punya kamera belakang 12 megapixel dengan aperture f/2.2 dilengkapi dengan LED flash, jadi dapat diandalkan saat kondisi kurang cahaya. Di bagian kamera depan terdapat lensa 5 megapixel yang dilengkapi dengan LED flash supaya foto selfie bro & sis lebih kece di kondisi kurang cahaya.

Beralih ke kamera Redmi 5 Plus, yang punya kamera belakang 12 megapixel dengan LED flash juga. Tapii yang menarik Xiaomi membenamkan teknologi dengan ukuran pixel 1,25 um, ukuran pixel ini lebih baik ketimbang iPhone 8 loh! Mantapss.

Sementara di kamera depan dibekali lensa 5 megapixel dilengkapi dengan teknologi LED Selfie-light yang memberikan suhu cahaya 4.500 k untuk mendukung video selfie supaya makin kece abiss.

Baterai
Kapasitas baterai Redmi 5 dan Redmi 5 Plus berbeda nih bro & sis. Xiaomi memberikan baterai dengan kapasitas 3.300 mAh untuk Redmi 5. Dengan kapasitas tersebut pihak Xiaomi mengklaim dapat digunakan bermain game selama 8 jam.

Sedangkan untuk Redmi 5 Plus diberikan baterai dengan kapasitas lebih besar yakni mencapai 4.000 mAh. Xiaomi juga mengatakan bahwa baterai tersebut dapat digunakan telponan non stop samapi 22 jam! Mantapp bener,,

Harga
Gimana soal harganya nih Xiaomi? Sabarr sabarr, pasti kalian akan geleng-geleng kepala jika sudah tau harganya. Dengan semua kemampuan dan spesifikasi yang lumayan tinggi tersebut  Redmi 5 dilepas seharga Rp 1,699 juta (RAM 2 GB) dan Rp 1,899 juta (RAM 3 GB). Sementara Redmi 5 Plus dibanderol Rp 2,199 juta (RAM 3GB) dan Rp 2,699 juta (RAM 4 GB). Kedua ponsel ini dijual mulai 22 Februari 2018.

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat digambar berikut: 




Gimana harganya murah banget bukan? Hahaha, saya saja sudah ga habis pikirr, dengan harga yang diberikan Xiaomi untuk ponsel dengan spek seperti itu. Harga yang diberikan Xiaomi memang merusak harga pasar smartphone di Indonesia, yang dikuasai Samsung, Oppo, Vivo, Advan, dll.

Sebelumnya Xiaomi juga memberikan harga sangat murah untuk ponsel Redmi 5A. Bulan lalu Xiaomi memberikan harga Rp 999.000 atau Rp 1 juta kurang 1000 untuk Redmi 5A, yang dimana dengan spek  yang dimilikinya dapat bersaing dengan Vivo Y53, Oppo A53, Samsung J2 Pro  yang memiliki rentang harga Rp 1,4 jt – 2 jt.

Tidak hanya itu, strategi marketing yang dilakukan Xiaomi juga menyasar ke para Mi Fans Indonesia. Dimana pada saat peluncuran Redmi 5A, Xiaomi membagikan ponsel tersebut secara gratis kepada tamu yang datang loh bro & sis.

Lain lagi dengan beberapa Youtuber Review Gadget Indonesia yang dapat 10 kotak ponsel Redmi 5A secara Cuma-Cuma!!. 10 Redmi 5A tersebut juga telah dibagikan kepada subscriber mereka di channel Youtube masing-masing.  


Mungkin dengan strategi marketing yang merusak harga pasar tersebut Xiaomi ingin mengganggu dominasi Samsung, Apple, Oppo dkk untuk menguasai pasar smartphone di Indonesia. Harga yang murah, spek tinggi dan desain yang kekinian juga membuat sebagian besar orang Indonesia tertarik untuk membeli ponsel milik Xiaomi.



Inshaallah bermanfaat.. 😁😁😁

#Xiaomi #MiFans #XiaomiIndonesia #af_moto #celotehkatagua
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Redmi 5 dan Redmi 5 Plus menggunakan body dengan bahan almunium yang membuat ponsel itu terasa ringan GameQQ

    ReplyDelete

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)