Monday, June 20, 2022

Sudah Tidak Aman, Everest Basecamp akan Pindah!

 Info Pendaki 


Akibat Pemanasan global mencapai puncak tertinggi di bumi. Gletser atau bongkahan es raksasa di pegunungan Himalaya, Nepal, mulai mencair. Kepada BBC, pemerintah Nepal sedang berdiskusi untuk memindahkan Everest Base Camp ke lokasi lain yang lebih rendah 200-400 meter.

Everest Base Camp (EBC) sendiri saat ini berada di gletser Khumbu di ketinggian 5.364 meter dari permukaan laut (mdpl). Titik ini merupakan kaki Gunung Everest yang menjulang 8.848 mdpl. Para pendaki biasanya mendirikan tenda disini sebelum mendaki ke pos pertama Gunung Everest. Ada empat pos dari EBC sebelum sampai ke puncak tertinggi di bumi.

EBC merupakan titik terakhir yang bisa dijangkau pendaki amatir/pemula dalam pendakian di Gunung Everest. Setelah pos ini, pendaki mesti memiliki izin khusus dan mesti memakai peralatan khusus, misalnya sepatu pemecah es, dan ada jalur-jalur yang memerlukan pemanjatan.

Suhu rata-rata di EBC -170 Celsius. Suhu terpanas biasanya pada Juli dan terdingin pertengahan Desember hingga Januari. Di sini air membeku dan harus dicampur minyak untuk keperluan sanitasi.

Domi Lama Sherpa dan Lhakpa Dorje Sherpa, dua pemandu pendaki Himalaya, bersaksi bahwa gletser-gletser di EBC kian berkurang menunjukkan batu-batu padas hitam gunung-gunung Himalaya. “Kata orang itu akibat perubahan iklim,” kata Domi, pada 2019.

Stasiun-stasiun pencatat suhu di Himalaya juga merekam kenaikan suhu di Everest. Gletser yang mencair membentuk danau atau mengalir menuju anak-anak sungai yang mengalir ke India, Cina, Tibet, Nepal. Everest menjadi pemasok 25% air untuk penduduk bumi.

Scott Watson, peneliti iklim Leeds University, Inggris, mengatakan kepada BBC bahwa gletser kehilangan 9,5 juta meter kubik air per tahun.

Setiap musim, sebanyak 1.500 orang mendatangi EBC. Setiap diperkirakan 4.000 liter air kencing terbuang di sekitar EBC. Untuk melayaninya, rumah-rumah penginapan membakar gas dan minyak untuk memasak dan menyalakan listrik. Pembakaran energi fosil menghasilkan panas yang menghangatkan Himalaya.

Para pendaki amatir biasanya menginap di hotel terakhir di Gorakshep, dua jam perjalanan dari EBC. Hanya pendaki yang hendak melanjutkan pendakian ke pos pertama yang membuka tenda di sini.

Kepada BBC, para pendaki mengatakan ceruk-ceruk di sekitar EBC muncul ketika mereka tidur di dalam tenda. Menurut peneliti, kemunculan ceruk antara dua tebing gunung menunjukkan es gletser yang menutupinya mencair. Lelehan air membuat EBC menjadi tidak stabil. 

Dengan segala fakta itu otoritas Nepal berencana memindahkan EBC ke titik lebih rendah pada 2024. Sebab, mereka harus berdiskusi dulu dengan pelbagai pihak, terutama masyarakat di sekitarnya. 

"Kami telah menilai aspek teknis dan lingkungan dari EBC,” kata Taranath Adhikari, Direktur Jenderal Departemen Turisme Nepal. “Tetapi sebelum memindahkannya kami harus berdiskusi dengan masyarakat setempat untuk menimbang aspek lain seperti budaya mereka.”




sumber : berbagai sumber

Saturday, January 22, 2022

Apa Sih Itu NFT?

Tekno 



    Saat ini awal 2022, dunia maya di Indonesia sedang dihebohkan oleh sosok Ghozali yang berhasil meraup keuntungan hingga miliaran rupiah di salah satu aset investasi turunan kripto, yaitu Non-Fungible Token atau NFT.

Lalu, apa sebenarnya NFT itu? Mengapa foto selfie saja bisa laku dengan harga jutaan hingga miliaran rupiah? Mungkin beberapa masyarakat Indonesia masih bertanya-tanya dan asing dengan sebutan NFT. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih dalam pemahaman tentang dunia NFT di sini.

Mengenal Apa Itu NFT

Mudahnya, Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang satu-satunya dimiliki oleh Anda. Sebagian besar NFT menggunakan teknologi blockchain ethereum untuk merekam transaksi di dalamnya. NFT mewakili barang berharga atau unik dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti.

Barang yang bisa dijual dengan bentuk NFT bisa berupa karya seni seperti aset game, foto, video, musik dan lain-lainya. Anda juga bisa mengubah aset dokumen menjadi NFT. Mengenai harga jual, tergantung dari faktor subjektif seperti kualitas, kreativitas dan reputasi dari sang seniman.

NFT menjadi platform baru untuk media koleksi digital. Di mana NFT bisa menjadi sarana untuk mendukung para seniman seperti artis, musisi dan atlet. NFT menawarkan imbalan besar bagi para seniman, musisi, kreator dan influencer dari investor yang bersedia untuk membayar aset NFT mereka.

Saat ini, popularitas NFT masih sangat terbatas untuk industri seni, hobi dan hiburan. NFT bisa bernilai hingga puluhan juta dollar AS. Untuk bisa melakukan jual beli aset NFT, Anda wajib memiliki mata uang kripto. Lalu adakah perbedaan dari keduanya?


Perbedaan NFT dengan Kripto Lain

NFT pada dasarnya merupakan anak turunan cryptocurrency. Walaupun demikian, NFT dan aset kripto lainnya memiliki tujuan, bentuk dan cara penggunaan yang sangat berbeda seperti kripto yang menggunakan teknologi blockchain, Bitcoin.

Aset kripto lainnya seperti Bitcoin sama halnya seperti uang fisik. Keduanya memiliki nilai tukar yang sama dan bisa diperdagangkan. Seperti jika diberikan contoh, uang senilai Rp 50 ribu akan selalu bernilai tukar Rp 50 ribu. Begitupun 1 Bitcoin yang juga bernilai 1 Bitcoin.

Beda dengan aset digital NFT, dimana asetnya tidak memiliki kesamaan nilai tukar. Masing-masing NFT memiliki tanda tangan digital di mana tidak memungkinkan adanya pertukaran dengan NFT lainnya. Yang berarti, satu klip NFT tidak memiliki nilai sama dengan satu klip NFT lainnya.

Masing-masing aset NFT dibuat hanya satu kali dan tidak bisa ditukar atau diperdagangkan dengan NFT lainnya. Hal tersebut dikarenakan NFT tidak memiliki nilai yang setara. Kepemilikan NFT bersifat mutlak di mana yang memilikinya mempunyai hak milik secara penuh. NFT juga tidak bisa dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil seperti jenis kripto lainnya.


Cara Buat dan Jual Karya Melalui NFT

Selanjutnya, mungkin Anda akan berpikir bagaimana caranya untuk menjual karya melalui NFT? karena NFT bisa menjadi tempat di mana karya Anda bisa dijual hingga miliaran rupiah. Nah, sebelum menjual karya dalam bentuk NFT, tentu Anda harus memiliki akun di marketplace NFT.

Selain itu, Anda harus memiliki aset kripto sesuai dengan platform yang digunakan untuk menjual dan membeli NFT. Marketplace NFT biasanya memiliki aturan transaksi yang berbeda. Seperti pasar CryptoPunks dan Rarible yang hanya menerima transaksi menggunakan ETH dan dollar.

Jadi, Anda harus memilih terlebih dahulu pasar NFT dan memiliki aset kripto sesuai marketplace yang akan digunakan. Berikut ulasan mengenai cara buat dan jual NFT:


Pilih Marketplace NFT dan Bikin Akun

Anda harus memilih marketplace NFT yang tepat. Sebenarnya, tiap platform NFT akan menawarkan spesialisasi jenis aset digital yang bisa dijual dengan NFT. Salah satu marketplace NFT terbesar di pasar internasional adalah OpenSea.

Namun, Anda bisa memilih marketplace lainnya yang membuat Anda nyaman dengan cara penggunaannya. Setelah menentukan marketplace yang akan digunakan, tentu Anda harus membuat akun dengan menautkan dompet cryptocurrency yang mendukung.

Seperti menggunakan dompet MetaMask sebagai dompet kripto untuk disambungkan dengan marketplace OpenSea. Tentunya setiap marketplace akan memiliki proses yang berbeda. Namun, perbedaannya tidak akan terlalu signifikan

Anda juga bisa menetapkan jumlah royalti selama proses pencetakan untuk memonetisasi pekerjaan Anda secara pasif dari waktu ke waktu.


Upload Aset NFT Untuk Dijual

Untuk mendaftarkan aset NFT dan dijual di pasar, Anda akan diberikan opsi bisa transfer dan jual NFT di pasar lain. Namun, mungkin nantinya akan ada biaya tambahan. Anda bisa memilih karya yang akan dijadikan sebagai NFT dan menjualnya,

Tinggal klik tombol jual dan ikuti langkah berikutnya sesuai dengan marketplace masing-masing. Setelah itu, Anda harus memberikan informasi detail mengenai nama aset, harga, batas waktu lelang dan mata uang kripto yang digunakan untuk membayar.

Setelah itu, marketplace yang Anda gunakan akan menghitung biaya gas fees atau biaya jaringan blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi diproses ini. Biaya penanganan tersebut jumlahnya cukup bervariasi tergantung sibuknya jaringan blockchain.


Marketplace NFT Terbaik

Jika Anda belum mengetahui marketplace NFT apa saja yang bisa digunakan, kami akan memberikan rangkuman NFT terbesar dan terbaik. Anda bisa memilih salah satu di antaranya.

OpenSea

Pasar NFT peer-to-peer terbesar dan terbaik yang bisa digunakan untuk mencetak NFT. Ghozali Everyday berhasil menjual karyanya di marketplace NFT satu ini dan meraup keuntungan miliaran rupiah. Menarik bukan? OpenSea mendukung penggunaan token ERC-1155 dan ERC-721.

Rarible

Marketplace NFT milik komunitas yang menampilkan beragam karya seni berbentuk aset digital dan collectible item. Anda bisa melakukan jual beli NFT di Rarible dengan menggunakan jenis dompet kripto seperti MetaMask, MyEtherWallet dan Coinbase Wallet.

Axie Infinity

Marketplace NFT yang merupakan platform game berbasis blockchain dan tentunya NFT. Game di sini memiliki total trading volume melebihi 2,1 miliar USD pada Dappradar dan berhasil menarik 15 ribu pengguna aktif perbulannya.




sumber : cbncnews

Thursday, January 13, 2022

HINO Siapkan RN8J, Tantang Mercedes Benz OH 1626

Bismania



    Bus baru dengan warna biru dan livery bertuliskan Hino RN8J terlihat keluar dari Karoseri Laksana Ungaran belum lama ini. Jika diperhatikan, Hino RN8J merupakan sasis bus besar yang belum dijual di Indonesia. Sasis Hino RN8J bisa ditemui di Australia, Filipina, dan Pakistan. Bisa saja munculnya bus baru dari Karoseri Laksana ini merupakan tanda-tanda keluarnya sasis anyar yang dijual Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dalam waktu dekat. Apalagi di negara lain, sasis Hino RN8J sudah lolos uji emisi Euro4, pas dengan di Indonesia yang regulasinya segera berlaku. Bisa saja sasis Hino RN8J akan diluncurkan nantinya, sebagai gebrakan melawan sasis merek Eropa.

Jika dilihat dari lama Hino Australia, spesifikasi dari RN8J pada umumnya adalah bus besar dengan sasis ladder bermesin belakang. Selain itu, sasis dengan GVW 16 ton ini sudah dilengkapi dengan air suspension tipe narrow yang posisi balonnya tepat di bawah sasis.

Kemudian untuk mesinnya, RN8J menggunakan mesin J08E-VD yang menghasilkan tenaga 206 kW atau setara 276,3 TK di 2.400 rpm dan torsi 824 Nm di 1.500 rpm. Selain itu, mesin ini sudah dilengkapi dengan direct injection dengan common-rail. Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis 6 speed yang dilengkapi dengan retarder. Sedangkan sasis RN8J yang dijual di Pakistan, tersedia juga dalam transmisi manual dan kemungkinan besar akan dijual di Indonesia karena masih banyak pengemudi di tanah air yang menyukai transmisi manual.

Untuk memenuhi standar Euro5 yang diterapkan di Australia, sasis RN8J dipasang sistem Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Particulate Reduction (DPR) yang dipasang pada sistem knalpotnya. Sangat menarik jika memang Hino RN8J yang nantinya bakal dipasarkan di Indonesia mulai April 2022.


Perbandingan dengan RN285

Jika dibandingkan, Hino RN8J sangat pas untuk menggantikan sasis RN 285 yang dijual di Indonesia. Misalnya, kedua sasis menggunakan suspensi udara tipe narrow dan punya GVW 16 ton juga.

Perbedaannya ada pada variasi mesin yang digunakan. Kedua sasis memiliki basis mesin yang sama, yakni J08E, namun kodenya sedikit berbeda, yakni J08E-VD (RN8J) dan J08E-VT (RN285). Mesin yang digunakan RN8J mengeluarkan tenaga 276,3 TK di 2.400 rpm dan torsi 824 Nm di 1.500 rpm. Sedangkan sasis RN 285 yang dijual di Indonesia, menghasilkan tenaga 281,2 TK di 2.500 rpm dan torsi 892,4 Nm di 1.500 rpm.

Di atas kertas, mesin RN 285 punya tenaga dan torsi yang lebih besar. Namun bedanya, sasis RN 285 masih standar Euro2, sedangkan untuk RN8J sudah Euro4 (Filipina) dan Euro5 (Australia). HMSI sendiri kabarnya akan memperkenalkan produk baru pada April 2022 yang tentunya sudah sesuai dengan regulasi Euro4. Menarik untuk ditunggu seperti apa sasis baru dari Hino untuk bus-bus di Indonesia.






Thursday, September 23, 2021

LAKSANA LEGACY SR2 PANORAMA

Bismania


Welcome to singel glass! mungkin itu kata yang cocok untuk menyambut kehadiran body bus baru buatan karoseri Laksana, Ungaran, Semarang. Melalui akun Youtube karoseri Laksana, diperkenalkan satu bodi terbaru yang bertajuk Legacy SR2 Panorama. 

Seri Panorama ini merupakan pembaruan dari bodi Legacy SR2 Single Glass yang sudah hadir sejak tahun 2016. Sales Representative karoseri Laksana Lang Widya menjelaskan beberapa pembaruan pada bodi Panorama ini. Sebelumnya, nama Panorama sebenarnya sudah digunakan Laksana untuk bodi bus besar medio 1990-an. 

“Dulu tahun 1994 – 1998, Laksana punya produk unggulan dan hampir semua PO di Indonesia punya unitnya yang diberi nama Panorama Series. Panorama ini sekarang kita sematkan lagi di bodi yang lebih muda, dala seri Legacy SR2 Panorama,” ucapnya dikutip dari video Youtube Laksana.

Sebutan Panorama ini bukan sembarangan nama saja. Artinya, penumpang selama perjalanan bisa melihat pemandangan atau panorama, jadi dengan model ini bisa menikmati panorama Indonesia yang indah.


Untuk ubahan eksterior yang dilakukan pada seri Panorama ini ada pada bagian cowel depan yang memakai kaca single glass dan beberapa aksesoris tambahan. Seperti yang terlihat di garnis foglamp, list garis krom sudah sampai bawah dan foglamp pun sudah diperbesar dari versi SR2 yang lain.

Penyegaran bus single glass Laksana ini memang sangat dibutuhkan, mengingat model originalnya yang sudah diperkenalkan kurang lebih lima tahun lalu. “Untuk lampu depan masih sama, ada beda variasi dibagian bumper yang berubah. Lalu yang istimewa, permintaan dari PO SAN ada welocoming light berwarna biru di bagian gril yang bergerak,” ucap Lang Widya.

Perbedaan lainnya adalah kaca di seri Panorama dibuat lebih tinggi dari model single glass sebelumnya. Selain itu, selendang juga sudah menggunakan model S Series dan spion tanduk yang kini sama dengan model double glass. PO SAN memesan dua unit Legacy SR2 Panorama ini yang dipasang ke sasis Golden Dragon 300HP. PO asal Bengkulu ini menamai bus barunya dengan Limited Luxurious dan nampaknya akan mengisi kelas eksekutif karena kelir busnya yang keemasan.

Ok kita tunggu saja apa karoseri lainnya akan mengikuti tren baru ini atau tidak. Sebelumnya sudah ada karoseri Morodadi Prima, Malang yang juga mengeluarkan seri bus single glass nya yakni memakai bodi seri Patriot.


Sunday, September 19, 2021

Inovasi Stabilizier Air Suspension dari Tentrem

Bismania


Awal bulan ini bertambah lagi inovasi dari karoseri bus Indonesia untuk memberikan kenyaman extra untuk para pelanggan setia. Kali ini karoseri Tentrem, Malang membuat sebuah stabilizer atau yang mereka sebut Body Traction Stabilizer (BTS) untuk chasis bus yang sudah memiliki air suspension bawaan seperti Mercedes Benz OH 1626.


Dalam keterangan Instagram milik Tentrem (@karoseritentrem) menjelaskan fungsi dari stabilizer ini untuk meminimalisir dampak limbung yang dirasakan pada bus ber Air Suspension tipe Narrow. Inovasi dari Tentrem ini sudah melewati beberapa proses observasi dan uji coba, dan mereka menyatakan stabilizer ini sangat berpengaruh pada kenyaman dan tentunya tidak mengurangi fungsi keamanan dan performa chasis dari pabrikan.



Pemasangan stabilizer ini juga sangat mudah, Tentrem mengkalim bahwa inovasi ini tinggal plug n play dari chasis bawaan pabrik dan untuk perawatan berkala BTS ini sangat mudah sekali. Saat ini mereka baru mencoba di chasis Mercedes Benz OH 1626 with Air Suspension dan tidak menutup kemungkinan bisa ditanamkan di chasis air suspension dengan tipe narrow yang lainnya .


BTS ini juga telah dipasang di 4 bus yang sudah dirilis oleh karoseri Tentrem, yakni di armada PO EPA Star dengan body Avante H7 with BTS. Nantinya bus yang dipasang stabillizer ini akan beroperasi di daerah sumatera, dimana yang teman-teman tau bahwa kondisi jalan di sumatera ini tidak begitu bagus dan membutuhkan kenyamanan ekstra untuk melewati beberapa titik jalan dengan medan tersebut.



sumber : ig (karoseritentrem)


Monday, July 12, 2021

Kenal Lebih Dekat Gunung Olympus Mons Yuk!

 Info Pendaki Gunung


    Banyak pendaki yang merasa gunung Mount Everest dan duo asal Hawaii, gunung Mauna Kea dan Mauna Loa sudah sangat besar? Tunggu sampai kamu melihat Olympus Mons di planet Mars yang merupakan gunung terbesar dan tertinggi di Tata Surya.

sekedar balik ke masa lalu, Sebelum satelit luar angkasa mengidentifikasikannya sebagai gunung, Olympus Mons disebut sebagai fitur albedo, Nix Olympica ("Salju Olympus") oleh astronom; sejak akhir abad ke-19, diduga bahwa objek ini bergunung.

Gunung tersebut memiliki diameter sepanjang 624 km, dengan luas mencapai lebih dari 305 ribu km persegi. Itu berarti, ia memiliki luas lebih dari dua kali Pulau Jawa yang sebesar 128.297 km persegi loh temans!. 

Selain itu, Olympus Mons yang merupakan gunung berapi perisai memiliki tinggi sekitar 21,2 km dan di puncaknya terdapat kaldera sepanjang 80 km. Sebagai pelengkap, ia dikelilingi oleh lereng gunung setinggi 6 km. Adapun Mount Everest puncaknya 'hanya' sekitar 8,8 kilometer dari daratan.

Mari kita bandingkan juga Olympus Mons dengan Mauna Loa, gunung api terbesar yang ada di Bumi. Gunung api perisai yang berada di Hawaii itu memiliki tinggi lebih dari 9 km (dari dasarnya yang berada di bawah laut sampai puncak) dan terbentang sepanjang 120 km.

Jika dihitung-hitung, volume Olympus Mons itu sekitar 100 kali lebih besar dari Mauna Loa. Bahkan, seluruh kepulauan Hawaii pun juga bisa dimasukkan ke gunung berapi tersebut.

Perbedaan besar antara gunung berapi di Mars dengan Bumi memang sangat mencolok. Di kawasan bernama Tharsis, lokasi dari Olympus Mons, gunung-gunung api di sana berukuran 10 sampai 100 kali lebih besar dibandingkan dengan gunung api mana pun di Planet Biru ini.

Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Melalui situs resminya, NASA menjelaskan bahwa aliran lava di Mars diketahui lebih panjang, diperkirakan karena tingkat erupsi yang lebih tinggi serta gravitasi yang lebih rendah.

Lalu, pergerakan lempeng di Mars juga berbeda dengan di Bumi. Di Bumi, lempeng yang bergerak di atas titik panas (area vulkanik yang memompa lava) bisa membentuk gunung berapi baru dan mematikan yang lama. Hal ini membuat lava tersebar ke banyak gunung ketimbang hanya berpusat ke satu titik saja.

Sedangkan di Mars, lempengnya tidak bergerak, begitu juga dengan titik panasnya. Hal ini membuat lava bertumpuk ke satu gunung berapi yang sangat besar.

Hmm mungkin jika nanti spaceX sudah memiliki kapal antariksa untuk ke Mars bisa membuka Open Trip untuk pendakian ke gunung tersebut ya temans, hahaha.




sumber : wikipedia & detik.com

Friday, July 2, 2021

HARUS KENAL BLANK 75!

 Info Pendaki 

Gunung Semeru yang merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa memang dikenal sebagai gunung dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Sebut saja Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, hingga Tanjakan Cinta ialah nama-nama yang sudah sangat terkenal di kalangan anak jaman now. Gunung yang memiliki ketinggian 3676 mdpl memang menjadi idola bagi para pendaki lokal maupun mancanegara.

Namun, puncak Mahameru tidak melulu soal keindahan gunung semeru. Di mata para pendaki dan guide lokal, ada juga tempat yang menjadi momok menakutkan, yang dikenal dengan sebutan Blank 75.

Blank 75 seakan menjadi peringatan dini bagi pendaki pemula yang ingin menyaksikan langsung keindahan puncak Mahameru. Bukan tanpa alasan, blank 75 atau di antara para pendaki disebut “jalur tengkorak” atau “the dead zone” ini telah banyak memakan korban jiwa.

Apasih Blank 75 itu? Blank 75 merupakan suatu area yang berada di arah timur laut atau jalurnya berbelok ke arah kanan dari arah puncak gunung setinggi 3.676 mdpl. Disebut 75 karena di tempat tersebut terdapat jurang dengan kedalaman 75 meter. Jika sudah terperosok sulit untuk dievakuasi oleh tim SAR, karena harus menggunakan alat untuk evakuasi.

Kenapa banyak memakan korban? Biasanya banyak pendaki yang tersesat setelah turun dari puncak Semeru. Dari kacamata geografi, memang saat terjadi cuaca buruk dan kabut tebal, banyak pendaki Gunung Semeru yang salah ambil jalur karena jarak pandang terbatas, sehingga mereka asyik menuruni jalur dari puncak, dan tanpa disadari mereka sudah melenceng jauh dari trek yang sebenarnya.

Pendaki profesional sekalipun tidak bisa menjamin kapan waktu yang tepat untuk melewati jalur blank 75 tersebut, tapi pendaki harus mengerti patokan jalurnya dan selalu bersama saat turun. Biasanya patokan jalurnya itu mngikuti pohon terkahir di Arcopodo.

Beberapa kasus  dan mitos lain yang menyangkut blank 75 juga ditemukan. Salah satunya mitos soal para pendaki mengikuti pendaki lain turun saat cuaca buruk, tapi orang yang diikuti tersebut hilang dalam kabut. Alhasil, tanpa disadari mereka malah terjerumus kedalam blank 75.

Maka dari itu ketika turun dari puncak diusahakan badan dalam kondisi prima, tidak kelaparan atau pun kehausan, agar mata kita bisa fokus untuk melihat jalur dengan benar. Semoga bagi teman-teman yang ingin naik semeru tetap hati-hati ketika turun dari puncak.

Salam lestari.