Monday, March 2, 2020

Mengenal Lebih Dekat All New Avante Tentrem


Bismania



Brand Avante memang membawa karoseri Tentrem kembali menjadi salah satu pilihan favorit para perusahaan otobus di indonesia, karena dari model inilah karoseri ini dapat menunjukan jati dirinya yang sebenenarnya.


Kita tahu produk karoseri ini sebelumnya banyak dijalanan dengan model-model seperti Scorpion King dan Scorpion X namun kedua model itu sebenarnya masih banyak terinspirasi dari produk luar negeri. Sebagai contoh adalah model Scropion King yang merupakan jelmaan dari bus Scania Touring, asal Swedia. Hampir 80% desain bus tersebut memiliki gaya dan ciri khas milik Scania Touring.

Berbeda dengan desain Avante yang lebih banyak sudah menghadirkan desain dengan cita rasa dari karoseri Tentrem. Dalam acara GIIAS tahun 2019 lalu Tentrem membawa 4 unit bus yaitu 2 unit Avante single deck, 1 unit Avante double decker dan juga Tentrem Max HDD.


Nah agar lebih jelas mari kita simak detail Avante satu persatu disetiap sudutnya cekidot :


Konsep Desain All New Avante Tentrem


Semenjak trend bus double glass pandangan penumpang dari dalam kabin bus serasa dibatasi karena terhalang oleh sekat antar kaca dibagian depan. All New Avante HD ini menghadirkan konsep view yang ekstra luas.

Masuk kedalam bus Avante ini memang sangat berkesan, pandangan yang luas berbeda dengan produk dari karoseri lain yang mengusung konsep double glass.


Pandangan masih cukup nyaman karena karoseri Tentrem dapat meminimalkan ukuran sekat pada bagian depan sehingga tidak mengganggung pandangan.


Selain itu posisi dan bentuk kaca bus ini lebih landai dan memang terlihat lebih jenong, namun karena model kaca seperti ini pengalaman menikmati pemandangan makin maksimal.


Sesuai dengan tagline yang disematkan pada bus ini “The Best View Experience” karoseri asal Malang ini mewujudkan semuanya itu berdasarkan masukan dari pelanggan.



Banyak penumpang yang lebih nyaman jika bus tanpa topi atau tanpa sekat pemisah, karena beberapa alasan pandangan yang terganggu oleh model double glass.



Namun karoseri yang bermula dari sebuah bengkel ini dapat mengembangkan bus dengan pandangan luas meski dengan model double glass yang sedang trend di Indonesia.

Avante H7 


Avante H7 dan Avante H9 adalah produk yang dibawa oleh karoseri Tentrem dalam acara GIIAS 2019 lalu di BSD City. Selain itu Tentrem juga menggunakan penamaan kode baru agar tidak sama dengan model karoseri lain.



Untuk tipe Avante H7 ini adalah untuk model bus yang sama dengan model HD (High Deck). Menurut Mas Kurnia dari Tentrem kode H7 berarti High 3.7 meter, dan angka tujuh diambil dari angka belakang tinggi bus tersebut.


Biasanya untuk model-model ini banyak menggunakan chassis tipe Mercedes Benz OH 1626, HINO RN 285 atau lainnya.




Avante H9

Sedangkan untuk Avante H9 berarti High 3,9 meter dan angka 9 diambil dari angka belakang tinggi bus tersebut, model ini sama dengan bus SHD (Super High Deck).


Biasanya untuk model H9 ini cocok untuk bus pariwisata, AKAP dengan chasis premium Mercedes Benz OH 1836, OH 2542 atau Scania K360ib atau Scania K410ib opticruise.

Avante H8 Flanker

Avante H8 Flanker ini merupakan model terbaru dari seri All New Avante. dan angka 8 diambil dari angka belakang bus ini yaitu 3.8 meter. Model ini menambah ruang bagasi bisa tembus dari satu sisi ke sisi lainnya

Model H8 ini cocok untuk chassis yang tidak mempunyai leader frame, seperti Scania 360 Ib, Mercy 1626/1838. Model H8 Flanker ini sama seperti model MHD Adiputro dan xHD Prime Transporter Laksana.



Eksterior All New Avante

Tampilan luar All New Avante ini memang begitu menggoda, masih dengan bentuk dasar Avante yang dulu namun ada beberapa hal barunya.


Selendang yang memiliki bentuk seperti huruf “V” yang merupakan simbol dari Avante.


Ditambahkan pula aluminium dengan sentuhan chrome yang membuatnya nampak makin elegan.


Kemudian pada topi sebagai sekat antar kaca depan pun lebih fresh dengan sentuhan chrome.


Iya logonya secara bentuk sama namun font logonya saat ini sudah menggunakan huruf besar semua dulunya masih menggunakan huruf kecil semua.



Detail Eksterior

Hal yang menarik lainnya juga terdapat perubahan pada lampu penanda, yang biasanya diletakan dibagian depan atas.

Dua lampu berwarna kuning saat ini diletakan dibagian dalam bus tepatnya pada ending plafond, sebelumnya lampu ini berada dibagian luar.


Dan yang paling baru terletak pada model lampu dan foglamp yang disematkan pada muka bus asal kota Malang ini.


Desain lampu full LED dengan sein dan foglampnya berwarna putih namun ketika digunakan dapat berkedip/berjalan dengan warna kuning.


Front face

Masih mempertahankan model kaca yang lebar inilah yang membuat Avante memiliki pandangan paling luas dibanding produk double glass karoseri lain.


Bukan itu saja bentuk kaca landai seperti ini berfungsi untuk memecah angin dengan tingkat aerodinamis yang lebih baik.



Jika kita menengok sisi samping bus terbaru Tentrem, ada yang baru pada sisi sideroof. Dimana konsepnya sudah mengikuti model kekinian yaitu floating roof atau flying roof.

Dengan menambahkan cat berwarna hitam pada pilar A dan pilar Z sehingga kaca seolah menyatu dan atap terlihat melayang.


Dan untuk terlihat makin elegan, penambahan list chrome disisi samping bus tentunya menambah kemewahan bus ini.


Satu hal baru yang menarik perhatian, dimana bus Tentrem ini sudah meletakan karet pada pintu dibagian dalam sehingga jika dilihat dari luar lebih rapi seperti mobil-mobil mewah.


Sisi bagian belakang bus pun terlihat menawan karena hampir disetiap sudut diberi garnis chrome.


Model kisi-kisi belakang pun sudah model terbaru dengan sentuhan almunium chrome.


Bagian Belakang Bus

Rearlamp yang digunakan pun model terbaru dan agar terlihat makin garang, dua set muffler diletakan dibagian bumper belakang.


Desain bumper yang simple tentunya terlihat lebih enak dipandang dan terkesan sporty.



Interior All New Avante


Sisi interior pun makin mewah dimulai saat masuk kedalam bus ini disambut dengan foot step yang dilengkapi dengan LED.


Dan pada bagian dashboard juga terdapat handrail sehingga memudahkan penumpang untuk naik kedalam bus.


Kombinasi warna gelap dengan sentuhan list chrome membuat bus ini makin sempurna.


Panel-panel diletakan pada sisi sebelah kiri, baik tombol lampu, AC, audio dan video juga menjadi satu tempat.


Secara desain dashboard ini memang tidak terlalu baru, namun dari segi penggunakan material unit yang dipamerkan ini sudah menggunakan bahan ABS dan panel wood.


Dashboard


Gal baru lainnya ada pada louvre AC yang menggunakan model terbaru dengan asesoris lampu berwarna biru tentunya membuat makin elegan.


Terdapat USB port pada setiap louvre AC dan juga lampu baca sehingga membuat perjalanan makin nyaman.


Dashboard dan Bagasi Atas


Untuk bagasi kabin pun sudah menggunakan penutup dan menggunakan desain terbaru.


Penutupnya pun tidak berat saat dibuka dan saat ditutup pun tidak menghentak sehingga lebih mudah untuk digunakan.


Selain berguna untuk meletakan barang bawaan penumpang, didalam bagasi juga terdapat speaker sebagai sarana hiburan, dengan lubang-lubang berlogokan Avante.


Partisi peumpang pun didesain lebih elegan sekaligus untuk keamanan penumpang yang berada didekat pintu.


Tiap kursi elektrik sudah disematkan pula USP port dan juga meja kecil untuk meletakan piring atau laptop tidak lupa seat belt juga sudah include disetiap kursi.

Semua fitur di atas kemungkinan disesuaikan dengan permintaan PO masing-masing ya. jadi tidak semua seri avante akan mempunyai fitur yang sama.


Keunggulan dan Kekurangan All New Avante


All New Avante Tentrem memang memukau perhatian dalam pameran GIIAS 2019 ini dan dari pengamatan kami ada beberapa hal yang menjadi perhatian kami.

Keunggulan

•       Pandangan depan luas

•       Bagasi kabin tidak berat untuk dibuka tutup

•       Dashboard mewah

•       Desain ekterior bus kekinian dan modern

•       USB port di louvre

•       Karet dalam pada pintu


Kekurangan


•       Finishing kurang rapi terutama disetiap sambungan

•       Penggunaan plat bordes untuk tangga naik membuat kesan elegan berkurang

•       Dengan absorber bagasi kabin yang ringan apakah ketika bus berjalan tidak mengeluarkan suara berisik ?


Kesimpulan


Kesimpulan dengan hadirnya All New Avante Tentrem ini operator bus dapat memilih armada bus yang mengedepankan kenyamanan selama perjalanan.

Bukan hanya dari sisi eksterior yang terlihat baik namun juga beberapa bagian didalam interior sangat mendukung kenyamanan penumpang.


All New Avante adalah pilihan terbaik bagi bus AKAP ataupun bus Pariwisata yang sedang berkembang pesat.




sumber: berbagai sumber


Wednesday, February 12, 2020

Samsung Rilis Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra


Tekno

Samsung Rilis Trio Galaxy S20



Samsung resmi memperkenalkan trio baru Galaxy S20 di San Fransisco, Amerika Serikat. Bertempat di The Palace of Fine Arts dalam event Unpacked 2020 itu Samsung merilis Galaxy S20, Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra. Ketiga ponsel ini berstatus sebagai generasi penerus Galaxy S10 yang mempunyai spesifikasi kelas premium.

Yuk kita simak spesifikasi lengkap ketiga ponsel tersebut:

Spesifikasi Galaxy S20
  • Layar: 6,2 inch, HDR 10, 563 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 12 MP (f/1.8), telephoto 64 MP (f/2.0)
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 3X, Super Resolution Zoom up to 30x, video 8K
  • Kamera Depan: 10 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 4.000 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 151,7 x 69,1 x 7,9 mm
  • Bobot: 163 gram

Spesifikasi S20 Plus


  • Layar: 6,7 inch, HDR 10, 525 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 12 MP (f/1.8), telephoto 64 MP (f/2.0), DepthVision
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 3X, Super Resolution Zoom up to 30x, video 8K
  • Kamera Depan: 10 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 4.500 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 161,9 x 73,7 x 7,8 mm
  • Bobot: 186 gram


Spesifikasi Galaxy S20 Ultra

  • Layar: 6,9 inch, HDR 10, 511 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 108 MP (f/1.8), telephoto 48 MP (f/2.0), DepthVision
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 10X, Super Resolution Zoom up to 100x, video 8K
  • Kamera Depan: 40 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 166,9 x 76 x 8,8 mm
  • Bobot: 220 gram


Harga dan Ketersediaan


Galaxy S20 Rp 12,999 juta
Galaxy S20 Plus Rp 14,499 juta
Galaxy S20 Ultra Rp 18,499 juta

Di tanah air pre order trio Galaxy S20 dibuka pada tanggal 12 Februari mulai jam 12.00 WIB dan Samsung menjadwalkan pick up awal Maret 2020. Pelanggan yang memesan dalam masa pre order bakal mendapatkan earbuds nirkabel anyar, Galaxy Buds+, seharga Rp 2,3 juta. Kemudian cashback dan program cicilan dari bank yang bekerja sama.


semoga bermanfaat 😁😁😁

Monday, February 10, 2020

Keunggulan Mercedes Benz 1836 RS dari Scania K360 iB

Celoteh Kata Gua



Mercedes-Benz (Mercy) merupakan produk asal Jerman yang sedang populer banyak Perusahaan Otobus di Indonesia. Bahkan ada beberapa PO yang memang secara khusus hanya menggunakan sasis Mercedes-Benz untuk armadanya. Salah satunya PO Lorena & Karina.

Semenjak adanya tol transjawa dan tol sumatera banyak PO yang meremajakan sasisnya menggunakan Mercy. Saat ini Mercy memiliki sasis yang cukup populer dan cocok digunakan untuk bus AKAP maupun bus pariwisata, seperti MB OH 1526, 1626 dan MB O500 RS 1836. Ada juga sasis premium yakni O500R  2542 RF (tronton). 

Tapi kali ini gua pengen membahas chassis Mercedes Benz RS 1836 yang merupakan produk yang mendapat update dari Mercy Indonesia. Sebelum Mecy 1836 sudah ada, namun teknologi yang digunakan masih 'jadul'. Namun pada tahun 2019 Mercy Indonesia meluncurkan chassis 1836 terbaru dengan kode RS 1836. Apa yang beda? sudah tentu teknologi di dalamnya yang hampir semua komponennya menggunakan elektrik. 

Chassis 1836 RS ini merupakan jenis big bus Mercy bermesin belakang dengan kode OH (Omni Hitten) yang memiliki tenaga maksimum sebesar 360 HP pada torsi puncak 1.600 Nm. Selain itu bus ini mampu membawa beban hingga 18 Ton.

Namun apa saja sih keunggulan dari sasis MB O500 RS 1836?
MB O500 RS 1836 merupakan seri penyempurnaan dari seri OH 1836 versi sebelumnya, hal ini terjadi karena banyak terjadi keluhan terhadap sasis versi lama.

Sasis bus ini merupakan tipe premium dengan rangka space frame yang memudahkan karoseri dalam merancang panjang bodi kabin.

Untuk fitur O 500 RS 1836 ada banyak fitur keselamatan yang sudah tertanam sebelumnya di O 500 R 1836. Ada fitur standar keselamatan Mercedes-Benz seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EDB) yang dilengkapi dengan Acceleration Skid Control (ASR) serta dikontrol oleh Electronic Braking System (EBS).

Pengereman kempat titik roda mengandalkan Rem Cakram yang juga dibantu oleh Retarder dalam menghentikan laju kendaraan. Semua kinerja mesin dipantau lewat Electronic Control Unit (ECU). Mesin Mercedes-Benz OM 457 LA dengan standar emisi Euro III bertenaga 360 HP masih tetap jadi andalan.

Untuk kenyamanan, rangkaian suspensi per roda pada sasis yang diimpor dari Brazil ini bersifat rigid alias terhubung dengan axle (sumbu roda). Selain itu, O500 RS 1836 juga sudah disematkan peredam getaran mesin dan pendingin radiator dengan sistem tali kipas, bukan propeller seperti versi O500 R-1836.


Lebih lengkapnya, beriku spesifikasi  Mercedes-Benz O500 RS 1836:

MESIN & TRANSMISI
Mesin Mercedes-Benz: OM 457 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Injeksi Langsung dengan Turbo charger dan Intercooler.
Diameter/Langkah : 128/155 mm
Total Isi Silinder : 11.967 cc
Daya Maks : 260 kW (349 hp) @ 2000 rpm
Torsi Maks : 1.600 Nm @ 1100 rpm
Transmisi : MB GO 210-6 Transmisi 6
Kecepatan maju Dilengkapi dengan Primary Retarder
Perbandingan Gigi : 6.528/3.711/2.231/1.443/1.000/0.799 R = 6.136
Kecepatan Maks : 120km/jam
Daya Tanjak : 48%

GANDAR
Depan (1st Axle) : MB VO 4/40 DCL-7.1
Kapasitas (1st Axle) : 7.000 kg
Belakang (2nd Axle) : HO 4 / 08 DCL-11.5
Perbandingan gigi : I = 3.333
Kapasitas (2nd Axle) : 11.000 kg
GVW 18.000 kg



SUSPENSI
Depan : Suspensi Udara dengan 2 Balon udara 4 Peredam kejut dengan double acting, stabiliser
Belakang : Suspensi Udara dengan 4 balon udara 4 Peredam kejut dengan double acting, stabiliser
REM & KEMUDI
Rem Utama : Disc Brake, dua jalur udara tekan penuh
Rem Parkir : Pegas, kendali udara tekan penuh pada gandar belakang
Retarder : Voith 115, digerakkan secara elektro-hidrolik melalui lever pada steering dengan 5 step
Tambahan Keselamatan : ABS (Anti-lock Braking System) ASR (Acceleration Skid System)
Kemudi : Power Steering : ZF 8098 + Cruise Control

BAN & VELG
Ban & Pelek : 295/80 R 22.5 & 8.25 x 22.5

KELISTRIKAN & TANGKI
Sistem : 24 Volt
Altenator : 28 V/140 A (terpasang) + 28 V/140 A (toolbox)
Baterai : 2 x 12 V / 200 Ah
Kapasitas Tangki : 300 Liter

UKURAN UTAMA
Jarak Sumbu Roda (mm) : 3.000 (pabrik) /6.300 (Karoseri)
Julur Depan (mm) : 2.570
Julur Belakang (mm) : 3.350
Panjang Total (mm) : 8.920 (Pabrik) /12.220 (Karoseri)
Lebar Total (mm) : 2.458
Jarak pijak roda depan (mm) : 2.036
Jarak pijak roda Belakang (mm) : 1.798
Bicara harga, untuk model ini dibandrol dengan kisaran harga Rp. 1.380.000.000 Off The Road dan untuk harga On The Roadnya Rp. 1.435.000.000.




semoga bermanfaat
😁😁

Wednesday, February 5, 2020

Penerus Poco F1 Turun Kasta?

Tekno

Poco pertama kali menggebrak pasar ponsel global dengan Poco F1 pada Agustus 2018. Kini mereka meluncurkan ponsel keduanya yang dinamakan Poco X2.

Poco X2 sebenarnya bukanlah penerus langsung dari Poco F1. Ponsel ini sebenarnya merupakan versi rebranding dari Redmi K30 yang saat ini hanya tersedia di China.

Seperti dilansir dari GSM Arena, Selasa (4/2/2020) Poco X2 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 730G dan hadir dengan tiga konfigurasi memori. Pilihan konfigurasi yang bisa dipilih adalah 6GB/64GB, 6GB/128GB dan 8GB/256GB.

Layarnya menggunakan panel LCD berukuran 6,67 inch dengan refresh rate 120Hz yang mendukung HDR10. Resolusi layarnya 1080x2400 pixel (Full HD+) dengan rasio 20:9 yang sedikit memanjang.

Poco X2 adalah ponsel pertama di India yang menggunakan sensor Sony IMX686 64MP sebagai sensor utama di kamera belakang. Kamera ini juga ditemani oleh kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP dan depth sensor 2MP.
Ada juga dua kamera depan yang ditempatkan di sisi kanan atas layar menggunakan desain punch-hole berbentuk pil. Dua kamera depan ini terdiri dari kamera utama 20MP dan depth sensor 2MP.

Untuk keamanan ponsel, Poco X2 dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian samping kanan ponsel. Baterainya berkapasitas 4.500 mAh yang dilengkapi dengan pengisian cepat 27W lewat port USB-C.

Selain itu, Poco X2 juga mengusung fitur-fitur seperti Gorilla Glass di bagian depan dan belakang, lapisan P2i yang anti air, headphone jack 3,5mm dan teknologi liquid cooling yang diklaim Poco bisa menghilangkan panas 300% lebih cepat pada saat pemakaian.

Poco X2 hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Atlantis Blue, Matrix Purple dan Phoenix Red. Ponsel ini akan mulai dijual di India pada 11 Februari mendatang.
Berikut harga tiga varian Poco X2 yang ditawarkan di India:

- 6GB/64GB: 15.999 Rupee (Rp 3 juta)
- 6GB/128GB: 16.999 Rupee (Rp 3,3 juta)
- 8GB/256GB: 19.999 Rupee (Rp 3,9 juta)






sumber : detikinet

Sunday, January 26, 2020

Mengenal Saingan Berat Hino AK8 Mesin Depan

BisMania

Mercedes Benz OF 1623 RF Saingan Hino AK8


Mercedes-Benz kembali bertempur disegmen bus bermesin depan di tanah air dengan memperkenalkan chassis berkode OF 1623 RF. Karena saat ini Mercedes-Benz baru memasarkan bus bermesin depan tipe lebih kecil, yakni ukuran Midi OF 917 yang berkapasitas hingga 40 penumpang.

Chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 ini merupakan bus bermesin depan dengan gross vehicle weight 16 ton. Tenaga 230 horse power-nya ini dihasilkan dari mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3 yang ditempatkan di bagian depan.

Bus Mercedes-Benz OF 1623 merupakan tipe bus besar yang didesain untuk transportasi kota. Untuk kenyamanan penumpang, bus ini menggunakan suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic yang dilengkapi dengan stabilizer.

Mercedes-Benz OF 1623 RF ini ditenagai dengan mesin diesel berkode OM 906 LA berkapasitas 6.374 cc, berstandar Euro 3 dan dilengkapi dengan Turbocharger dan Intercooler. Tenaga maksimal yang dapat dikeluarkan OF 1623 RF ini sebesar 170 KW atau setara dengan 235 hp pada 2.200 rpm dan torsi maksimal sebesar 810 Nm di 1.200 sampai 1.600 rpm, tenaga tersebut terhubung dengan transmisi 6 percepatan manual berkode MB G 85-6.

Terdapat tiga sistem pengereman pada bus ini, yaitu rem utama bus ini menggunakan rem tromol dua jalur udara tekanan penuh, rem parkir pegas kendali udara tekan pada gandar belakang, rem mesin gas buang kendali udara tekan dan kemudi dilengkapi dengan Power Steering.

Panjang total sasis ini adalah 11.650 mm dengan lebar total 2.480 mm dengan julur depan 2.550 mm, julur belakang 3.150 mm, jarak sumbu roda 5.950 mm, jarak pijak roda depan 2.070 mm, jarak pijak roda belakang 1.870 mm dan berat GVW (Gross Vehicle weight) sebesar 16.000 kg. Suspensi pada bus ini menggunakan Pegas Parabolic dengan Peredam Kejut Double Acting dan Stabilizer di keempat rodanya. Kelistrikan bus ini 24 volt, alternator 28 Volt / 100 A, baterai 2x200Ah 12 Volt dan berkapasitas tangki sebesar 380 liter.


Dengan melihat spesifikasi tersebut, sepertinya sasis OF 1623 RF ini merupakan pesaing yang harus diwaspadai oleh Hino terlebih dengan tenaga yang dimiliki OF 1623 RF ini sebesar 235 hp sedangkan Hino AK8 sebesar hampir 215 hp. Dari fitur keselamatan dan kenyamanan sepertinya Mercedes-Benz juga akan mengungguli Hino terlebih sasis OF 1623 RF ini sudah dirancang untuk Biodiesel B20. Harga jual sasis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF ini 649 juta rupiah Off The Road.

Melihat harga jual Mercedes-Benz OF 1623 RF yang dibanderol 649 juta rupiah Off The Road sepertinya cukup mahal apabila dibanding Hino yang hanya dijual di kisaran 480 juta rupiah, bahkan harga sasis OF 1623 ini  setara dengan sasis bus bermesin belakang buatan Hino yang memiliki tenaga lebih besar dibanding OF1623 RF tersebut.

Mercedes-Benz OF 1623 RF sudah berstandar Euro 3 sedangkan Hino AK8 215 masih berstandar Euro 2. Namun dibalik standar Euro yang berbeda tersebut sepertinya Hino AK8 jauh lebih cocok dengan kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan di masa depan chassis tersebut akan ditinggalan jaman mengingat saat ini teknologi bus semakin canggih yang memungkinkan para operator bus beralih menggunakan teknologi terdepan.

Tapi beberapa bulan terakhir ada salah satu perusahaan otobus (PO)yang memakai chassis Mercedes Benz OF 1623 RF ini untuk bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dengan kelas eksekutif yakni PO Haryanto. PO tersebut memakai chassis mesin depan itu untuk melayani trayek Jakarta – Madura PP. Bisa dibilang ini merupakan PO pertama yang memakai chassis OF 1623 RF untuk bus AKAP.


Namun pertimbangan tersebut kembali kepada perusahaan otobus, karena perihal sasis ini sepertinya beberapa perusahaan otobus telah memiliki kecintaan pada masing-masing produsen sasis bus di Indonesia dan Perusahaan Otobus lebih mengerti tentang  pangsa pasar dan medan yang dilalui.



semoga bermanfaat ya teman 😁😁😁


Saturday, January 25, 2020

[UPDATE] Buka Tutup Jalur Pendakian Gunung Indonesia

Info Pendaki Gunung


    Awal tahun banyak jalur pendakian gunung di indonesia ditutup sementara untuk pemulihan ekosistem sekaligus pemeliharaan jalur pendakian yang setiap tahun jumlah pendaki di tanah air terus meningkat. Rentang waktu penutupannya jalur pendakian di beberapa gunung ini pun beragam mulai dari 3 bulan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

 Penutupan jalur pendakian di beberapa gunung Indonesia ini pun beragam, mulai dari cuaca ekstrem, aktivitas vulkanik yang meningkat hingga pemulihan ekosistem.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa gunung yang jalur pendakiannya ditutup pada tahun 2020 ini, berikut 9 gunung terpopuler yang ditutup :

*UPDATE 17 JUNE 2022
No Provinsi Mountain Name Line Status Update Description
1 BANTEN PULOSARI CILENTUNG TUTUP
2 JAWA BARAT SALAK Cidahu TUTUP
3 Bumi Perkemahan Cidahu BUKA
4 TAMPOMAS BUKA
5 GEDE PANGRANGO Cibodas BUKA
6 Gunung Putri BUKA
7 Selabintana BUKA
8 Wisata Cibodas BUKA
9 PARANG Badega BUKA
10 PATUHA Wisata BUKA
11 MALABAR Pangelangan BUKA
12 PUNTANG Pendakian TUTUP
13 Wisata/Camp BUKA
14 GUNTUR Cikahuripan BUKA
15 Citiis BUKA
16 CIKURAY Pemancar BUKA
17
18 PAPANDAYAN Pendakian/Wisata BUKA
19 GALUNGGUNG Wisata/Camp BUKA
20 BURANGRANG Wisata/Camp BUKA
21 TANGKUBAN PERAHU Wisata BUKA
22 LEMBU Pendakian/Wisata BUKA
23 MANGLAYANG Pendakian/Wisata BUKA
24 BONGKOK Pendakian/Wisata TUTUP
25 CIREMAI Palutungan BUKA
26 Linggarjati BUKA
27 Linggasana BUKA
28 Apuy BUKA
29 JAWA TENGAH SLAMET Bambangan BUKA
30 Baturraden BUKA
31 Guci BUKA
32 PRAU Patak Banteng BUKA
33 Kalilembu (dieng wetan) BUKA
34 Dworowati (dieng kulon) BUKA
35 Wates BUKA
36 Igirmranak BUKA
37 SIKUNIR Pendakian/Wisata BUKA
38 BISMO Silandak BUKA
39 Pulosari BUKA
40 SINDORO Alang-Alang Sewu BUKA
41 Kledung BUKA
42 Sigedang BUKA
43 KEMBANG Blembem BUKA
44 Lengkong BUKA
45 SUMBING Banaran BUKA
46 Butuh BUKA
47 Garung BUKA
48 Mangli Kaliangkrik BUKA
49 Sipetung BUKA
50 UNGARAN Gedong Songo BUKA
51 Mawar BUKA
52 Perantunan BUKA
53 Promasan BUKA
54 Medini BUKA
55 TELOMOYO Arsal BUKA
56 Dalangan BUKA
57 Pandawa BUKA
58 Watu Tumpeng BUKA
59 ANDONG Dilem BUKA
60 Gogik BUKA
61 Kembangan Sekar Arum BUKA
62 Pendem BUKA
63 Sawit BUKA
64 Temukidul BUKA
65 MERBABU Cuntel TUTUP
66 Thekelan BUKA Prokes + Vaksin
67 Gancik BUKA
68 Selo BUKA
69 Suwanting BUKA Prokes + vaksin
70 Wekas BUKA
71 MERAPI New Selo TUTUP Status WASPADA
72 Sapuangin TUTUP Status WASPADA
73 LAWU Cemoro Sewu BUKA PPKM
74 Cemoro Kandang BUKA
75 Cetho BUKA
76 Jogorogo BUKA
77 Singolangu BUKA
78 Tambak BUKA
82 JAWA TIMUR
83 KELUD Pendakian/Wisata TUTUP
84 PANDERMAN Batu TUTUP
85 BUTHAK Sirah Kencong / Wukir TUTUP
86 Princi Dau BUKA
87 PENANGGUNGAN Tamiajeng Trawas BUKA
88 Kedungudi Trawras BUKA
89 Kesiman Prigen BUKA
90 Jolotundo BUKA
91 Kunjorowesi BUKA
92 ARJUNO WELIRANG Tretes Prigen BUKA
93 Lawang BUKA
94 Purwosari / Tambakwatu BUKA
95 Sumbul BUKA
96 Sumber Brantas, Cangar (Batu) BUKA
97 Clakat Pacet (Puthuk Siwur) BUKA
98 BROMO Wisata BUKA Buka hanya pintu Wonokitri - Pasuruan & Pintu Cemoro Lawang - Porbolinggo
99 BATOK Pendakian/Wisata BUKA
100 SEMERU Ranu Pane TUTUP erupsi Des 2021
101 ARGOPURO Baderan BUKA
102 Bermi BUKA
103 PIRAMID Pendakian BUKA
104 IJEN Paltuding BUKA
105 RAUNG Kalibaru BUKA
106 Sumber Wringin BUKA
107 BALURAN Wisata BUKA
108 ANJASMORO Pendakian/Wisata BUKA
109 SUMATERA
110 LEUSER BUKA
111 SINGGALANG BUKA
112 MARAPI BUKA
113 DEMPO BUKA
114 KERINCI BUKA
115 DANAU TUJUH BUKA
116 ANAK KRAKATAU TUTUP
117 KALIMANTAN BUKIT RAYA BUKA
118 BALI CATUR BUKA
119 BATUR BUKA
120 AGUNG BUKA
121 NTB RINJANI Sembalun, Torean BUKA
122 PERGASINGAN BUKA
123 NTT TAMBORA BUKA
124 KELIMUTU BUKA
125 MALUKU BINAIYA BUKA
126 GAMALAMA BUKA
127 BAWAKARAENG TUTUP
128 SULAWESI LATIMOJONG BUKA
129 PAPUA CARTENZ PYRAMID / JAYA WIJAYA TUTUP
==================================


Salam Lestari..


Wednesday, January 22, 2020

Bumi Tenggelam dalam Lautan Sampah Plastik

Celoteh Kata Gua
Sampah plastik sudah menjadi bencana bagi lautan yang luas, tidak semua negara mampu menampung, mengurai dan mendaur ulang sampah-sampah tersebut. Yang terjadi saat ini banyak negara berkembang yang menjadi 'penyuplai' sampah plastik di lautan, salah satunya tentu saja negara kita tercinta ini Indonesia. Tapi seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan masalah polusi plastik, banyak negara di dunia mulai menerapkan larangan akan produk-produk tertentu. Larangan tersebut tidak hanya dapat membantu mencegah masuknya plastik ke ekosistem laut, namun juga menjadi jawaban atas mitos bahwa kita bisa lari dari masalah tersebut.

Dari 8,3 miliar ton plastik yang di produksi antara tahun 1950 dan 2015, hanya sembilan persen dari jumlah tersebut yang berhasil didaur ulang. Kebanyakan produk plastik yang diproduksi sebenarnya tidak bisa didaur ulang.

DW mengkaji beberapa larangan-larangan baru yang bisa menanggulangi masalah polusi plastik.

Uni Eropa: Plastik sekali pakai

Merujuk kepada hasil suara di parlemen Eropa bulan Maret lalu, peralatan makan, gelas, piring plastik dan korek kuping masuk ke dalam kategori produk-produk plastik sekali pakai yang dilarang. Larangan tersebut dilandasi oleh peraturan Uni Eropa mengenai plastik sekali pakai dan memiliki tujuan untuk mengatasi masalah limbah laut yang disebabkan oleh sepuluh produk plastik yang sering ditemukan di pantai-pantai Eropa. Implementasi larangan ini akan dimulai pada tahun 2021.

Berdasarkan data World Wide Fund for Nature (WWF) ada 570,000 ton sampah plastik yang mendarat di Laut Tengah setiap tahun. Hal tersebut juga setara dengan membuang 33.800 botol plastik ke dalam laut setiap menitnya.

Larangan akan plastik sekali pakai adalah bagian dari strategi Uni Eropa perihal plastik yang akan mematikan bahwa semua kemasan plastik dapat digunakan kembali atau didaur ulang pada tahun 2030. Meski larangan tersebut tidak mencakup kantong dan botol plastik, Uni Eropa mengatakan bahwa mereka akan mengatasi isu seputar botol plastik secara terpisah dan bermaksud untuk mengumpulkan dan mendaur ulang 90% botol plastik selama sepuluh tahun kedepan.

Vanatu: Larangan popok pertama di dunia

Vanuatu, sebuah negara pulau Pasifik sudah mulai merasakan dampak dari krisis iklim yang disebabkan oleh naiknya air laut. Selain itu, mereka juga merasa terbebani dengan masalah limbah plastik. Pada bulan Juli 2018 Vanuatu telah menerapkan larangan keras terhadap kantong plastik, sedotan, dan kemasan polyestrene. Tahun ini mereka memperluas cakupan larangan tersebut, yakni termasuk piring plastik, gelas, stirrer dan kemasan makanan. Negara kepulauan ini juga sekarang menerapkan larangan atas popok, yang boleh jadi belum pernah diterapkan dimana-mana.

Popok sekali pakai terbuat dari kombinasi plastik dan bubur kayu yang kemudian dapat bertahan di tempat pembuangan akhir selama beberapa ratus tahun. "Vanuatu menjaga masa depannya. Cepat atau lambat plastik akan berujung di perairan dan berakhir juga di rantai makanan," ujar Mike Mauvakalo, anggota Departemen Luar Negeri setelah pengumuman mengenai larangan tersebut dikemukakan di bulan Juni. Mengingat bahwa lahan pembuangan sampah berkurang, orang tua dipaksa untuk menggunakan popok kain yang bisa dicuci kembali, sebagaimana halnya di masa lalu.

Kanada: Botol, tas dan lain-lain

Perdana menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan bahwa keputusannya atas larangan penggunaan plastik sekali pakai bulan ini terinspirasi langsung oleh parlemen Uni Eropa. Larangan tersebut akan berlaku mulai tahun 2021 dan memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan larangan Uni Eropa, yaitu termasuk larangan atas kantong belanja dan botol air. Kanada menaksir bahwa konsumsi kantong plastik mereka mencapai 15 miliar per tahun dan 57 juta sedotan plastik setiap harinya, namun kurang dari sepuluh persen konsumsi plastik tersebut telah didaur ulang.

Trudeau menaruh fokus kepada limbah plastik yang terdapat di garis kepantaian Kanada, yang membentang sekitar 202.000 kilometer dan terpanjang di dunia. "Tidak mudah untuk menjelaskan hal ini kepada anak-anak saya. Bagaimana saya bisa menjelaskan tentang ikan paus di berbagai pantai di dunia yang mati karena perutnya dipenuhi oleh kantong plastik?" tutur Trudeau. Ia pun menambahkan bahwa plastik dapat ditemukan di titik terdalam Samudera Pasifik.

Bali: Bye bye plastic bags

Bye Bye Plastic Bags adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh kakak-beradik remaja Melati dan Isabel Wijsen pada tahun 2013 yang membantu dalam melobi pihak berwenang di Bali untuk mengeluarkan larangan terhadap pemakaian plastik sekali pakai bulan ini. Peraturan baru tersebut disambut oleh para pemuda pendukung gerakan bebas plastik lokal yang menyaksikan bagaimana pantai mereka yang indah tercemar oleh sampah plastik. Melati mendeskripsikan situasi tersebut sebagai "Surga yang hilang. Bali: Pulau yang dipenuhi sampah" dalam ceritanya pada acara acara TED Talk.

"Pasar swalayan dan rumah makan di Bali sudah mulai berubah dengan penggunaan kemasan tradisional." tutur Bye Bye Plastic Bags setelah larangan tersebut diimplementasikan. "Apakah kalian sudah melihat bungkus daun pisang yang sekarang digunakan?"

Peraturan tersebut akan diimplementasikan melalui pedesaan lokal dan hukum adat, serta membentuk Rencana Aksi Nasional Indonesia untuk menanggulangi limbah plastik maritim agar mengurangi plastik di lautan sampai 70% di tahun 2025.



Tanzania: Pengguna plastik didenda atau menjalani hukuman

Tanzania menjadi negara berikutnya di antara negara-negara Afrika setelah Kenya, Rwanda, Uganda, Sudan Selatan dan Tunisia, yang mengimplementasikan larangan penggunaan plastik sekali pakai dan menghukum pencemar individual. Larangan baru tersebut tergolong keras, seperti milik negara-negara tetangga lainnya, dimana para penjual dan produsen plastik bisa menghadapi hukuman sampai dua tahun penjara atau denda sebesar €357.000. Sedangkan orang-orang yang menggunakan plastik mendapatkan denda yang lebih ringan.

Upaya pengurangan penggunaan plastik yang tidak bisa diurai tidak hanya berlaku dalam tahap produksi, impor, perdagangan dan penggunaan segala bentuk plastik sekali pakai. Wisatawan juga diminta untuk menyerahkan kantong plastik serupa sebelum mereka memasuki negara yang terkenal dengan obyek wisatanya, gunung Kilimanjaro. "Kami senang," tutur direktur WWF Tanzania setelah larangan tersebut diterapkan. "Butuh waktu lebih dari 100 tahun agar sebuah plastik bisa terurai."

Pada tahun 2020 ibu kota tercinta ini akan menerbitkan peraturan tentang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Peraturan ini kemungkinan akan diterapkan pada bulan Maret mendatang, tapi premprov dki jakarta lebih difokuskan pada pedagang pasar dan supermarket. Tapi tidak menutup kemungkinan jika peraturan ini berhasil akan berkembang ke pedagang kaki lima. Dengan adanya peraturan tersebut akan mengurangi sampah plastik yang terbuang ke laut. Kita tunggu saja apakah peraturan ini bisa diterima oleh masyarakat atau tidak. 



Semoga bermanfaat 😁😁😁


sumber : detik.com