BisMania
Mercedes Benz OF 1623 RF Saingan Hino AK8
Mercedes-Benz kembali
bertempur disegmen bus bermesin depan di tanah air dengan memperkenalkan chassis berkode OF 1623 RF. Karena saat ini Mercedes-Benz baru memasarkan bus
bermesin depan tipe lebih kecil, yakni ukuran Midi OF 917 yang berkapasitas
hingga 40 penumpang.
Chassis bus Mercedes-Benz OF
1623 ini merupakan bus bermesin depan dengan gross vehicle weight 16 ton.
Tenaga 230 horse power-nya ini dihasilkan dari mesin diesel 6-silinder
Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3 yang ditempatkan di bagian depan.
Bus Mercedes-Benz OF 1623
merupakan tipe bus besar yang didesain untuk transportasi kota. Untuk
kenyamanan penumpang, bus ini menggunakan suspensi per daun (leaf spring) tipe
parabolic yang dilengkapi dengan stabilizer.
Mercedes-Benz OF 1623 RF ini
ditenagai dengan mesin diesel berkode OM 906 LA berkapasitas 6.374 cc,
berstandar Euro 3 dan dilengkapi dengan Turbocharger dan Intercooler. Tenaga
maksimal yang dapat dikeluarkan OF 1623 RF ini sebesar 170 KW atau setara
dengan 235 hp pada 2.200 rpm dan torsi maksimal sebesar 810 Nm di 1.200 sampai
1.600 rpm, tenaga tersebut terhubung dengan transmisi 6 percepatan manual
berkode MB G 85-6.
Terdapat tiga sistem
pengereman pada bus ini, yaitu rem utama bus ini menggunakan rem tromol dua
jalur udara tekanan penuh, rem parkir pegas kendali udara tekan pada gandar
belakang, rem mesin gas buang kendali udara tekan dan kemudi dilengkapi dengan
Power Steering.
Panjang total sasis ini
adalah 11.650 mm dengan lebar total 2.480 mm dengan julur depan 2.550 mm, julur
belakang 3.150 mm, jarak sumbu roda 5.950 mm, jarak pijak roda depan 2.070 mm,
jarak pijak roda belakang 1.870 mm dan berat GVW (Gross Vehicle weight) sebesar
16.000 kg. Suspensi pada bus ini menggunakan Pegas Parabolic dengan Peredam
Kejut Double Acting dan Stabilizer di keempat rodanya. Kelistrikan bus ini 24
volt, alternator 28 Volt / 100 A, baterai 2x200Ah 12 Volt dan berkapasitas tangki
sebesar 380 liter.
Dengan melihat spesifikasi
tersebut, sepertinya sasis OF 1623 RF ini merupakan pesaing yang harus
diwaspadai oleh Hino terlebih dengan tenaga yang dimiliki OF 1623 RF ini
sebesar 235 hp sedangkan Hino AK8 sebesar hampir 215 hp. Dari fitur keselamatan
dan kenyamanan sepertinya Mercedes-Benz juga akan mengungguli Hino terlebih
sasis OF 1623 RF ini sudah dirancang untuk Biodiesel B20. Harga jual sasis bus
Mercedes-Benz OF 1623 RF ini 649 juta rupiah Off The Road.
Melihat harga jual Mercedes-Benz
OF 1623 RF yang dibanderol 649 juta rupiah Off The Road sepertinya cukup mahal
apabila dibanding Hino yang hanya dijual di kisaran 480 juta rupiah, bahkan
harga sasis OF 1623 ini setara dengan
sasis bus bermesin belakang buatan Hino yang memiliki tenaga lebih besar
dibanding OF1623 RF tersebut.
Mercedes-Benz OF 1623 RF
sudah berstandar Euro 3 sedangkan Hino AK8 215 masih berstandar Euro 2. Namun
dibalik standar Euro yang berbeda tersebut sepertinya Hino AK8 jauh lebih cocok
dengan kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan di masa depan chassis tersebut akan ditinggalan jaman mengingat saat ini teknologi bus semakin canggih yang memungkinkan para operator bus beralih menggunakan teknologi terdepan.
Tapi beberapa bulan terakhir
ada salah satu perusahaan otobus (PO)yang memakai chassis Mercedes Benz OF 1623
RF ini untuk bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dengan kelas eksekutif yakni
PO Haryanto. PO tersebut memakai chassis mesin depan itu untuk melayani trayek
Jakarta – Madura PP. Bisa dibilang ini merupakan PO pertama yang memakai chassis
OF 1623 RF untuk bus AKAP.
Namun pertimbangan tersebut
kembali kepada perusahaan otobus, karena perihal sasis ini sepertinya beberapa
perusahaan otobus telah memiliki kecintaan pada masing-masing produsen sasis
bus di Indonesia dan Perusahaan Otobus lebih mengerti tentang pangsa pasar dan medan yang dilalui.
semoga bermanfaat ya teman 😁😁😁
0 comments:
Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)