Sunday, January 26, 2020

Mengenal Saingan Berat Hino AK8 Mesin Depan

BisMania

Mercedes Benz OF 1623 RF Saingan Hino AK8


Mercedes-Benz kembali bertempur disegmen bus bermesin depan di tanah air dengan memperkenalkan chassis berkode OF 1623 RF. Karena saat ini Mercedes-Benz baru memasarkan bus bermesin depan tipe lebih kecil, yakni ukuran Midi OF 917 yang berkapasitas hingga 40 penumpang.

Chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 ini merupakan bus bermesin depan dengan gross vehicle weight 16 ton. Tenaga 230 horse power-nya ini dihasilkan dari mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3 yang ditempatkan di bagian depan.

Bus Mercedes-Benz OF 1623 merupakan tipe bus besar yang didesain untuk transportasi kota. Untuk kenyamanan penumpang, bus ini menggunakan suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic yang dilengkapi dengan stabilizer.

Mercedes-Benz OF 1623 RF ini ditenagai dengan mesin diesel berkode OM 906 LA berkapasitas 6.374 cc, berstandar Euro 3 dan dilengkapi dengan Turbocharger dan Intercooler. Tenaga maksimal yang dapat dikeluarkan OF 1623 RF ini sebesar 170 KW atau setara dengan 235 hp pada 2.200 rpm dan torsi maksimal sebesar 810 Nm di 1.200 sampai 1.600 rpm, tenaga tersebut terhubung dengan transmisi 6 percepatan manual berkode MB G 85-6.

Terdapat tiga sistem pengereman pada bus ini, yaitu rem utama bus ini menggunakan rem tromol dua jalur udara tekanan penuh, rem parkir pegas kendali udara tekan pada gandar belakang, rem mesin gas buang kendali udara tekan dan kemudi dilengkapi dengan Power Steering.

Panjang total sasis ini adalah 11.650 mm dengan lebar total 2.480 mm dengan julur depan 2.550 mm, julur belakang 3.150 mm, jarak sumbu roda 5.950 mm, jarak pijak roda depan 2.070 mm, jarak pijak roda belakang 1.870 mm dan berat GVW (Gross Vehicle weight) sebesar 16.000 kg. Suspensi pada bus ini menggunakan Pegas Parabolic dengan Peredam Kejut Double Acting dan Stabilizer di keempat rodanya. Kelistrikan bus ini 24 volt, alternator 28 Volt / 100 A, baterai 2x200Ah 12 Volt dan berkapasitas tangki sebesar 380 liter.


Dengan melihat spesifikasi tersebut, sepertinya sasis OF 1623 RF ini merupakan pesaing yang harus diwaspadai oleh Hino terlebih dengan tenaga yang dimiliki OF 1623 RF ini sebesar 235 hp sedangkan Hino AK8 sebesar hampir 215 hp. Dari fitur keselamatan dan kenyamanan sepertinya Mercedes-Benz juga akan mengungguli Hino terlebih sasis OF 1623 RF ini sudah dirancang untuk Biodiesel B20. Harga jual sasis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF ini 649 juta rupiah Off The Road.

Melihat harga jual Mercedes-Benz OF 1623 RF yang dibanderol 649 juta rupiah Off The Road sepertinya cukup mahal apabila dibanding Hino yang hanya dijual di kisaran 480 juta rupiah, bahkan harga sasis OF 1623 ini  setara dengan sasis bus bermesin belakang buatan Hino yang memiliki tenaga lebih besar dibanding OF1623 RF tersebut.

Mercedes-Benz OF 1623 RF sudah berstandar Euro 3 sedangkan Hino AK8 215 masih berstandar Euro 2. Namun dibalik standar Euro yang berbeda tersebut sepertinya Hino AK8 jauh lebih cocok dengan kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan di masa depan chassis tersebut akan ditinggalan jaman mengingat saat ini teknologi bus semakin canggih yang memungkinkan para operator bus beralih menggunakan teknologi terdepan.

Tapi beberapa bulan terakhir ada salah satu perusahaan otobus (PO)yang memakai chassis Mercedes Benz OF 1623 RF ini untuk bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dengan kelas eksekutif yakni PO Haryanto. PO tersebut memakai chassis mesin depan itu untuk melayani trayek Jakarta – Madura PP. Bisa dibilang ini merupakan PO pertama yang memakai chassis OF 1623 RF untuk bus AKAP.


Namun pertimbangan tersebut kembali kepada perusahaan otobus, karena perihal sasis ini sepertinya beberapa perusahaan otobus telah memiliki kecintaan pada masing-masing produsen sasis bus di Indonesia dan Perusahaan Otobus lebih mengerti tentang  pangsa pasar dan medan yang dilalui.



semoga bermanfaat ya teman 😁😁😁


Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)