Sunday, April 14, 2019

Atap Tertinggi Jawa 3676 Mdpl Part 1


Celoteh Kata Gua



Musim panas 2015, saya memberanikan diri untuk merencakan mendaki gunung tertinggi di pulau jawa. Pendakian ini merupakan pendakian pertama saya dengan jarak tempuh perjalanannya mencapai 3-4 hari untuk mencapai puncaknya! (hanya untuk perjalanan). Pasti teman-teman sudah tau semua gunung yang gua maksud adalah Gunung Semeru, yang puncaknya yang sering dikatakan sebagai puncak tertinggi para dewa yakni Mahameru.

Gunung semeru merupakan salah satu gunung api yang masih aktif yang setiap hari masih mengeluarkan asap dari atas puncaknya. Gunung semeru memiliki ketinggian 3676 Mdpl yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa!. Untuk mencapai puncaknya kalian harus benar-benar memiliki fisik dan mental yang kuat. Bahkan tidak sedikit pendaki yang meninggal dunia, tresasar dan hilang di perjalanan naik ke puncak maupun turun dari puncak. Jadi jika teman-teman ingin ke Semeru pastikan mempunyai fisik dan mental yang kuat.

TIKET KERETA HABIS!

Bulan Mei 2015 kalau tidak salah, ada hari kejepit antara rabu dan kamis gua sama teman gua, Topik langsung merencakan untuk pergi mendaki gunung semeru. Dan kebetulan juga teman-teman Topik juga sedang ingin mendaki kesana dan sudah merencakan sejak lama. Namun saat itu waktu gua dan topik  baru fix untuk ikut dengan rombongan temannya itu sekitar 2 minggu sebelum keberangkatan, setelah gua cek tiket kereta Matarmaja (Jakarta-Malang) untuk tanggal keberangkatan  sudah Ludess terjual! *maklum saat itu kereta Matarmaja merupakan kereta dengan tarif paling murah untuk tujuan Malang dan menjadi kereta paporit para pendaki gunung karna harganya Cuma Rp 105.000.

Setelah tau tiket kereta sudah ludes terjual, gua langsung mencari alternatif transportasi lain, pilihannya saat itu ada pesawat atau bus. Setelah mengecek tiket pesawat ternyata harganya untuk tujuan Malang, WOW sekali ya.. Hahahaha. Otomatis langsung gua hapus dari list transportasi untuk ke malang dengan budget para pendaki kere kayak gua. Abis itu gua dan topik langsung mencari dan mengecek harga tiket bus untuk tujuan Malang, pada tahun itu agen bus belum memiliki tiket online dan gua harus menanyakan harga tiket bus langsung ke agennya satu persatu.

Saat itu gua punya 2 referensi bus untuk ke Malang, pertama bus Lorena dengan harga tiket Rp 330 rb dan bus Gunung Harta harga Rp 290 rb. Setelah gua berdiskusi dengan topik akhirnya kita berdua memutuskan naik bus Gunung Harta dari agen Bekasi *kebetulan gua pesen tiketnya di agen Bekasi karena agen di terminal Rawamangun sudah tidak ada. Memang harga tiket bus untuk tujuan Jawa Timur tidak ada yang murah seperti tiket kereta. Namun untuk perjalan pulang ke Jakarta gua dapat tiket kereta Majapahit,yang harganya tidak begitu jauh dengan kereta Matarmaja.

Hari keberangkatan pun tiba, gua janjian dengan topik untuk menjemputnya di stasiun Bekasi. Dari stasiun tidak langsung pergi ke agen bus tapi ke rumah gua dulu untuk mengecek perlengkapan dan logistik apa saja yang belum lengkap. Ada kejadian menarik saat gua melihat perlengkapan dengan membuka isi keril topik, ternyata dia belum bisa menyusun keril dengan benar! dan susunanya sama dengan saat pertama kali gua packing keril untuk mendaki gunung Ciremai waktu itu, matras yang seharusnya menjadi pelindung dan pembentuk keril malah digulung lalu diletakkan di bagian luar kiri keril. Isi keril susunanya juga berantakan, logistic yang berat berada di posisi paling bawah dan tidak tanggung-tanggung logistik yang dia bawa, ada beras yang beratnya mencapai 7 kilo!!. Wow.. saat itu pun gua langsung tercengang dan menanyakan hal tersebut:

“BUAT APA pik beras sebanyak ini??”
Topik: Gua di suruh temen gua bawa beras segitu untuk 10 orang, yaudah gua bawa”
“Hmmm… yakin pik?”
Topik: kata nya sih itung-itunganya segitu”
“Baiklah…”
Tidak hanya beras yang berat, ternyata jua dia membawa Sereal Oatmeal ukuran 1 kg!. Alaah mak jang…pantes berat banget ini keril pas gua angkat, Hahahaaa.

Setelah gua bantu packing kembali keril topik dengan benar sesuai standart susunannya, gua juga mengecek peralatan dan logistic apa yang belum ada. Keril gua sendiri juga sudah gua susun sejak malam sebelum keberangkatan, jadi keril gua tinggal langsung angkut tanpa perlu menghabiskan waktu untuk menyusun kembali.

Akhirnya gua pun berangkat menuju agen bus Gunung Harta yang terletak di samping pom bensin Depsos, Bekasi. Di tiket, jam keberangkatannya adalah jam 2 siang, tetapi busnya datang jam 14.30 dan berangkat jam 15.00 dan diperkirakan gua sampai Malang pagi hari, keesokkan harinya .

REM BLONG

Saat perjalanan menuju Malang bus yang saya tumpangi memang berjalan sangat cepat menembus Jalan Pantura (saat itu tol Cipali ada) yang saat itu merupakan pas hari libur Panjang, otomatis jalur pantura macet!. Sopir pun langsung mencari jalan alternatif yang lancar dan sepi. Di jalan pantura yang sudah malam bus mulai berjalan agak aneh, banyak mengerem mendadak entah itu ada truk atau motor yang berhenti tiba-tiba gua hanya melihat sekelebat karna sangat ngantuk sekali.

Akhirnya sekitar jam 12 siang gua sampe di Malang, tepatnya di terminal Arjosari. Tapi ketika gua pengen turun sopir bus malah menawarkan untuk mengantar sampai pertigaan jalan menuju Tumpang, saat itu bus itu ingin pulang ke pool nya yang terletak di Jl Patimura, Malang. Tanpa pikir panjang gua dan topik pun setuju untuk ikut, tapi supir dan kenek bus bilang ingin makan siang dulu di terminal Arjosari, Malang.

Namun ada cerita seru saat bus berhenti di pom bensin untuk mengisi Solar, supir sempat bercerita kepada gua dan topik, bahwa rem bus blong!! Atau tidak pakem saat mengerem. Oooo pantes malam nya bus sering ngerem mendadak tanpa bisa mengerem dengan halus, ternyata blong toh Hahahaaa... Gua dan topik hanya bisa tertawa terbahak-bahak tanpa bisa berpikir “kalo beneran blong apa kabar nasib kita yang duduk di belakang sopir?”.

Abis makan siang, gua langsung naik bus itu kembali dan supir serta kenek mengantarkan gua sampai pertigaan menuju Tumpang. Saat itu topik terus dihubungi teman-temannya yang sudah sampai di Malang jam 10 siang dan menunggu di salah satu basecamp di Tumpang. Ya memang perkiraan gua meleset, biasanya bus sampai pagi hari ternyata akibat kemacetan di jalur pantura kami tiba di Malang siang hari. Gua langsung mencari angkot menuju Tumpang dan harga nya pada saat itu hanya Rp 7500 per pendaki. * kalo bukan pendaki mah Cuma Rp 3000 perak

Sekitar jam dua siang gua dan topik sampai Tumpang langsung mencari temannya topik yang sudah menunggu. Tenyata temannya topik tidak ada di basecamp utama Tumpang, tetapi di salah satu basecamp rumahan yang berada di atas basecamp utama tumpang. Setelah komunikasi dengan temannya, gua dan topik disuruh menunggu di basecamp tumpang untuk dijemput. Tidak lama menunggu akhirnya jemputan pun datang, ternyata yang menjemput bukan temannya topik tapi teman dari malang yang akan ikut mendaki bersama kami nanti.

Sampailah gua di basecamp tempat temannya topik yang sudah menunggu dari siang. Disana gua tidak sempat beristirahat karena sudah terlewat jauh dari jadwal pendakian untuk sampai di Ranupani. Saat itu sudah menunjukkan jam 13.30, rombongan kami pun langsung bergegas naik ke jeep yang sudah stand by disana yang mengantarkan kami ke Ranupani. Kami hanya menyewa satu jeep bak terbuka yang diisi sekitar 8 pendaki dan itu sudah lebih dari cukup, karena teman mendaki dari malang membawa motor.

Di tengah perjalanan gua dan rombongan sempat berhenti sebentar di sebrang bukit teletubies gunung bromo, ya memang jalur menuju ke Ranupani kami melewati jalur jeep yang mengarah ke gunung bromo via Tumpang. Pada saat itu teman-teman langsung mengeluarkan hape-hape nya untuk berfoto-foto layaknya para alayers yang tidak bisa melihat pemandangan bagus sedikit langsung foto-foto.

Disitu gua dan rombongan tidak terlalu lama berfoto-foto, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Ranupani yang kurang lebih memakan waktu sekitar 1,5 jam dari basecamp Tumpang. Jalan menuju ranupani menanjak dan berkelok-kelok layaknya jalan menuju puncak Penanjakan Gunung Bromo.

RANU PANI

Sekitar jam 15.00 kami sampai di Ranupani, ternyata disana guide kami sudah menunggu dari siang hari. Ya karena menunggu gua dan topik yang datang terlambat ke Tumpang.. Maaf ya abang-abang…

Setelah sampai di Ranupani, kami tidak langsung menuju pos Ranupani, tetapi kami packing kembali untuk membagi beban, terutama beban logistik yang banyak sekali. Sekitar 30 menit kami packing dan siap untuk berangkat ke pos Ranupani untuk melapor dan memulai pendakian.

Setibanya di pos Ranupani bang Ipran yang bertugas guide kami melapor kepada petugas untuk mendata berapa jumlah rombongan kami, yang berjumlah pada saat itu sampai 12 orang. Cukup banyak memang untuk mendaki sebuah gunung yang sangat fenomenal dikalangan para pendaki pemula yang terbuai oleh film 5 cm.

Tepat pukul 15.30 WIB kami pun memulai pendakian dari pos Ranupani, saat itu cuacanya cukup berkabut jarak pandang di sekitar Ranupani hanya 2 meter dan udara yang sangat dingin membuat gua harus memakai jaket untuk memulai pendakian. Tidak jauh dari pos Ranupani terdapat ‘plang’ atau tanda pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang menjadi icon pendakian gunung semeru. Rombongan kami pun tidak lupa mengabadikan ‘plang’ tersebut untuk berfoto bersama. Disekitar situ juga terdapat sumber air yang dapat para pendaki minum dan mengisi botol minum untuk perbekalan di perjalanan menuju Ranu Kumbolo.

 Baru juga jalan sebentar, langkah kaki gua langsung berhenti untuk beristirahat dan mengambil nafas sejenak. Memang saat itu gua lupa untuk aklimatitasi ketinggian, yang membuat tubuh gua gampang drop karena cuaca disana yang sangat dingin untuk tubuh gua yang kurus ini Hahahaa. Di sebuah shelter tempat gua beristirahat, gua memberanikan diri untuk membuka jaket yang sudah basah kuyup dangan keringat. Bukannya kalo baju basah terus kena angin akan menambah dingin? Iya Betul, itu jika kita berhenti terlalu lama, tapi jika kita terus bergerak suhu badan akan terus terjaga meski udara dingin.

Setelah itu gua pun langsung melanjutkan perjalanan, Tapi… bang Ipran membawa kami ke jalan pintas menuju pos 1, jalan tersebut masih ditumbuhi alang-alang setinggi dada orang dewasa dan di akhir jalannya berupa tanjakan curam yang membuat gua lumayan kesulitan untuk melewatinya. Tidak hanya gua, topik bahkan tidak kuat untuk melintasi tanjakan tesebut dengan membawa keril miliknya. Akhirnya bang Ipran membantu Topik untuk membawakan kerilnya ke atas tanjakan tersebut yang memang berat sekali. Ketika sampai di atas tanjakan tersebut bang Ipran langsung membongkar isi kerilnya topik dan membagi beban logistic ke daypack miliknya yang ternyata isinya masih lumayan kosong.

Tidak lama setelah itu, gua dan teman-teman lainnya disuruh melanjutkan perjalanan menuju pos 4 Ranu Kumbolo oleh bang Ipran. Ternyata jalan pintas itu tembus di trek tepi jurang di jalan utama menuju pos 2, dan tembusnya lumayan cukup jauh dari punggungan bukit saat kami beristirahat tadi.

Sekitar jam 17.00 WIB gua sampai di pos 2 gunung semeru, di pos tersebut gua dan teman-teman yang lain beristirahat sejenak untuk minum dan makan cemilan. Di pos 2 ini gua juga menunggu topik yang tertinggal jauh di belakang bersama bang Ipran. Di pos 2 ini sudah ada warga yang berdagang aneka macam makanan dan minuman.  Mulai dari gorengan, buah semangka, pop mie, minuman botol dan kaleng dan lain-lain.

Tidak lama kami menunggu, akhirnya yang ditunggu pun tiba, Topik dan bang Ipran sampai di pos 2 dan ternyata pada saat perjalanan ke pos 2 Topik sempat bermasalah dengan kakinya yang kram. Setelah topik tiba, gua langsung melanjutkan perjalanan menuju ke Ranu Kumbolo. Perjalanan gua menuju ranu kombolo tidak semudah yang dibayangkan di kepala gua, yang jarak normalnya bisa ditempuh selama 4 jam saja dari pos Ranupani. Pada saat menuju pos 3 hari sudah mulai gelap dan gua sempat berhenti sejenak untuk mendengarkan adzan magrib yang terdengar dari hape. Tidak lupa gua sambil mempersiapkan senter sebagai penerangan di malam hari, tapi saat itu gua males untuk mengambil senter yang gua letakkan di dalam keril dan akhirnya gua hanya mengandalkan senter hape yang lumayan terang.

#Mohon bagi teman-teman pendaki pemula jangan di contoh cara gua menempatkan senter di bagian terdalam keril, yang benar adalah taruh senter di tempat yang mudah dijangkau dan diambil jika kalian membutuhkannya.

RANU KOMBOLO

Akhirnya setelah melawati keheningan malam hutan TNBTS gua sampai di pos 4 gunung semeru. Pos 4 ini letaknya tepat di atas ranu kumbolo atau sebelum turunan ke Ranu Kumbolo, dari pos 4 ini kita bisa langsung melihat hamparan lampu tenda di sekitaran Ranu Kumbolo ketika malam hari. Yang bikin gua terkejut di pos 4 adalah ADA bang Ipran yang sudah sampai disana duluan, padahal gua liat dia masih di belakang bersama dengan topik dan teman dari malang yang jalan bersama-sama.

Di pos 4 bang Ipran sudah menyalakan api unggun bersama dengan temannya sesama ranger dari TNBTS. Gua pun bertanya-tanya, kapan dia lewatin gua, dan teman-teman lainnya? Atau dia lewat jalan pintas lainnya yang tidak dilewati oleh pendaki lainnya?. Hmm rasa penasaran gua juga tidak sampai disitu, ternyata bang Ipran di pos 3 meninggalkan Topik dan bergantian teman dari Malang yang menemani Topik di belakang.

Ketika gua sampai di pos 4 ini ternyata sudah mencapai pukul 23.00 WIB!. WAGELASEH ini sudah di luar akal sehat gua dari rencana yang ada di kepala tadi siang. Ranupani-Ranu Kumbolo yang normalnya hanya memakan waktu 4 jam perjalanan, ini sampai 7 jam!. Keadaan tersebut membuat hati gua bergetar hebat, kok bisa? Ternyata banyak faktor yang membuat perjalanan gua menjadi molor begitu lama. Pertama, karena jalan gua dan rombongan yang lambat. Kedua, karena gua terlalu lama berhenti di setiap pos dan shelter-shelter yang ada di jalur pendakian. Ketiga, karena gua berjalan di malam hari, yang membuat kita harus ekstra hati-hati dalam memilih trek yang benar di dalam hutan, karna saat kami mendaki semeru beberapa minggu sebelumnya telah terjadi longsor di jalur pendakian menuju Ranu Kumbolo.

Jam 23.30 WIB gua sudah berada di campsite Ranu Kumbolo sebelah timur, tanpa pikir panjang gua dan teman-teman yang sudah berada di Ranu Kumbolo langsung mendirikan tenda. Mau tau gimana rasanya udara di Ranu Kumbolo tengah malam? Dinginnnn Bangeetttttt….! Klo tubuh kita tidak terus bergerak sudah dapat dipastikan kita akan terkena hipotermia. Saat itu mungkin suhu udara disana mencapai 5 derajat celcius, yang membuat gua harus cepat-cepat memakai jaket tebal. Pada saat memasang tenda saja jari-jari gua sudah mulai mati rasa, bentar-bentar jari gua masukkan ke kantong celana untuk menghangatkan sejenak. Dan tenda yang harus kita dirikan ada 5 tenda dengan kapasitas berbeda-beda.

Tenda telah berdiri, teman-teman yang saat itu berada di rombongan paling belakang pun mulai berdatangan. Mereka langsung masuk ke tenda untuk menghangatkan badan tidak terkecuali Topik yang saat itu memang terlihat sudah lelah sekali.

Gua dan teman-teman lain yang kelaparan langsung memasak makanan yang kami bawa. Saat itu makanan ‘jadi’ yang kami bawa enak-enak rendang, nugget, sarden dan ikan teri dicabein. Makanan itu menjadi menu ternikmat setelah 7 jam perjalanan yang melelahkan. Tapi beberapa teman yang sudah sangat kelelahan hanya makan dan minum teh sedikit dan langsung tidur. Sekitar jam 00.30 WIB gua langsung masuk tenda dan sleeping bag untuk menghangatkan tubuh dari serangan udara dingin di Ranu Kumbolo.

Pagi harinya kita bangun sekitar jam 7 pagi, keluar tenda langsung disambut dengan pemandangan indah Ranu Kumbolo. Banyak dari teman-teman langsung mengeluarkan hape mereka untuk berfoto-foto, teman-teman yang lain menyiapkan sarapan pagi untuk teman-teman yang semalam tidak sempat makan malam.


To Be Continue... [Part 2]

Wednesday, April 3, 2019

Pintu Mimpi

Celoteh Kata Gua



Pintu Mimpi

Pintu terbuka untuk siapa saja

Hati yang sedang terluka bukan untuk yang biasa

Hanya untuk yang termanis

Tapi bukan aku, yang sedang merindu

Di kala hujan turun, Air rindu membasahi pipi di wajahmu

Aku melihatmu, tapi tidak denganmu

Pintu hatimu sudah tutup saja, biar aku tidak bisa masuk

Biarkan harimu yang melukis senyum di wajahmu

Bersama dengan mimpi-mimpiku waktu itu

:)

#CelotehKataGua

Sunday, March 24, 2019

VOLVO B11R-430HP Siap Goyang SCANIA dan MERCEDES BENZ

Bismania



Volvo Is Back! mungkin itu kata yang tepat untuk mengucapkan selamat datang kembali kepada Volvo yang menghadirkan chassis bus premium di Indonesia. Kali ini Volvo menghadirkan model chassis B11R dengan tenaga mencapai 430HP!. Ini merupakan chassis yang mempunyai tenaga paling besar di kelasnya. Sebelumnya torsi dengan chasis premium yang paling besar dimiliki oleh Mercedes Benz OC500RF 2542 dengan 420HP.

Volvo B11R-430HP siap mendobrak produsen chasis bus lainnya yakni SCANIA dan Mercedes Benz yang dimana sangat laku di Tanah Air. Kita ketahui Volvo sudah lama vacum sejak terakhir tahun 2000an. Beberapa waktu lalu bersama PT. Indotruck Utama sebagai distributor penjualan di Indonesia yang sempat meluncurkan Volvo B7R namun respon pasar terbilang lesu dibanding kedua kompetitornya.

Sebenarnya chassis Volvo sempat muncul kembali tahun 2017 dibenderai PO Sistrans Jogja yang mencoba kehandalan Volvo B7R dengan bodi Jetbus 2 HD dari karoseri Adi Putro. Dan kemarin tahun 2018 Volvo kembali hadir bersama PT. Steady Safe menghadirkan bus-bus untuk Transjakarta sebanyak 128 unit Volvo B11R-370HP 6×2.

Dan tahun 2019 ini Volvo siap hadir dengan B11R-430HP yang tentunya hampir mirip dengan bus Transjakarta, hanya saja model ini memiliki power yang lebih besar, sedangkan mesinnya tetap sama yakni DC11.



Pada ajang Busworld Jakarta 20-22 Maret 2019 kemarin, chasis Volvo B11R-430HP hadir dengan 2 balutan bodi  dari karoseri yang berbeda. Pertama dibalut dengan bodi Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD) milik Adiputro. Kedua, Legacy SR2 XDD yang merupakan body bus Double Decker milik karoseri Laksana.

Meskipun B11R 430 hampir sama dengan B11R 370 yang digunakan oleh Transjakarta, ada beberapa hal yang akan berbeda selain tenaga yang dihasilkan.



Berikut beberapa fitur dan keunggulan chassis Volvo B11R-430HP:

Keunggulan Volvo B11R-430HP

Hal paling mencolok adalah horse power sebesar 430HP, B11R-430HP akan dilengkapi dengan I-Shift AT2612D dengan 12 percepatan yang dikontrol secara elektronik.

Perbedaan lain pada B11R-430HP, terletak pada roda di axle ketiga yang berfungsi sebagai steering wheel belakang. Jika pada B11R-370HP roda pada poros terakhir tidak dapat bergerak (statis), berbeda pada B11R-430HP ini yang bisa bergerak mengikuti gerak roda depan yang berfungsi untuk membantu manuver saat berbelok. Sistem tersebut sama dengan yang digunakan Scania K410Ib dan Marcedes Benz OC500RF 2542

Sebenarnya Volvo merancang chasis B11R-430HP agar dapat memiliki dimensi panjang maksimal 14 meter, namun karena regulasi di Indonesia hanya mengijinkan panjang maksimal bus hanya 13,5 meter. Jadi untuk B11R-430HP ini memang cocok untuk dibalut dengan bodi bus jenis High Deck atau Double Decker yang biasanya untuk bus AKAP atau Pariwisata jarak jauh.


Selain itu beberapa fitur andalan yang disematkan ada Electronic Braking System (EBS) yang melengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR) dan Electronic Stability Programme (ESP).

Sementara untuk mendukung kerja pengemudi ada pula Collision WarningEmergency Braking system (CWEB), Lane Keeping Support system (LKS) yang mengurangi resiko human error. Ada pula Adaptive Cruise Control (ACC) sebagai opsi transmisi I-Shift

Tentunya dengan spesifikasi yang ada di chasis Volvo B11R-430HP ini dapat menjadi pilihan bagi perusahaan otobus untuk menggunakan pabrikan asal Swedia ini selain Scania dan Mercedes Benz.

Namun beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dari Volvo adalah ketersediaan suku cadang dan harga yang lebih kompetitif agar operator bus di Indonesa dapat melirik produk-produk Volvo. Saat di acara Busworld Jakarta 2019 Volvo membanderol chassis premiumnya itu dengan harga Rp 1,7 Milyar! (hanya chassis).

Jika Volvo bisa memberikan benefit bagi perusahaan otobus di Indonesia tentunya Volvo dapat bersaing dengan rivalnya SCANIA dengan model K410Ib atau Mercedes Benz model OC500 RF 2542.

Apa pendapat Anda dengan kehadiran B11R 430 ini ? silakan tinggalkan komentar dan share. Terima Kasih...


Semoga Bermanfaat...😁😁😁


#volvo #Volvobus #B11R #B11R430HP #BusIndonesia #Bismania #BismaniaCommunity #Transjakarta #Jetbus #LegacySR2 #TransportasiIndonesia #SukaFotoBus



sumber: berbagai sumber


Friday, March 22, 2019

[UPDATE] INFO PENTING! Tambahan dan Perubahan SOP Pendakian Gn Semeru 2019


Info Pendaki Gunung




1. REGISTRASI ONLINE

A.   Virtual Account
Pendaki akan secara otomatis terverifikasi dari sistem setelah melakukan transfer ke Bank, pendaki akan menerima bukti transfer, kode verifikasi dan file simaksi (PDF) siap cetak.

B.   Identitas Calon Pendaki
Identitas pendaki sesuai dengan data yang masih berlaku  dan mencantumkan NIK pada saat melakukan registrasi.

C.   Jumlah Anggota
Calon pendaki kurang dari 3 orang bisa melakukan Booking Online dengan syarat membuat Surat Pernyataan bermaterai.

D.  Pergantian Nama Anggota
Pergantian nama anggota bisa dilakukan oleh calon pendaki sendiri dengan mengedit alngsung di website TNBTS maksimal 5 hari sebelum pendakian dan maksimal 50% dari jumlah anggota. Untuk nama ketua rombongan tidak bisa diganti.

E.   Tidak Ada Refund
Jika Pendaki membatalkan pendakian dengan alasan apapun, maka tidak ada pengembalian uang yang telah di transfer (sesuai PP. No.12 tahun 2014).

F.   Force Majeur / Operasi SAR
Untuk kejadian tidak terduga (Operasi SAR dan Bencana Alam) yang menyebabkan jalur pendakian ditutup, maka para pendaki yang sudah terdaftar di sistem, bookingnya tidak hangus dan akan diganti di hari lain yang kuota pendakiannya masih tersedia.

2. PERLENGKAPAN PENDAKIAN

A.   Harus membawa peralatan sesuai SOP / standart pendakian.

B.   Dilarang membawa Drone dan sejenisnya (hanya untuk kepentingan riset dan SAR).

C.   Dilarang membawa botol air kemasan lebih dari 2 botol (Disarankan membawa botol minum/jerigen/waterbladder/drybag sendiri.


Untuk info lebih lanjut dan lengkap teman-teman bisa melihat di website


semoga bermanfaat...😁😁😁



[UPDATE] Pembukaan Pendakian Gunung Semeru dan Cara Pendaftaran / Booking Online











sumber : IG @Saverindo

Sunday, January 20, 2019

Skylander, Big Bus Terbaru dari New Armada!

Bismania

Desain Lampu Baru Skylander by New Armada




Awal tahun 2019 karoseri New Armada membuat sebuah treaser yang menunjukkan desain lampu baru untuk armada big bus nya. Tampilan baru itu diposting di halaman intagram milik New Armada @newarmada_official.

Dilihat dari treaser nya, desain baru big bus milik New Armada tersebut baru akan dipamerkan pada bulan Maret 2019 mendatang.

Desain lampu depan yang ditampilankan dalam postingan tersebut sangat berbeda jauh dengan lampu big bus Evolander. Dalam gambar itu kelihatan lampunnya seperti desain lampu 'menangis' yang mempunyai lekukan ke bawah di ujungnya.

Desain lampu tersebut mirip dengan big bus yang ada di Eropa. Tidak ada lampu led yang menyambung dari lampu di kiri dan kanan jadi terpisah. Pada bagian folk lamp juga punya desain seperti trapesium bukan lagi bulat atau panjang. Di bagian bemper depan juga akan punya desain baru  mengikuti alur dari desain lampu utama.


Update

Ternyata nama yang akan dipakai New Armada pada big bus terbarunya ini adalah  Skylander. Dengan ini berarti big bus tersebut merupakan seri terbaru dari Evolander yang sudah di produksi beberapa tahun lalu dan telah mengalami banyak perubahan. Hmm jadi makin penasaran seperti apa desain exterior dari Skylander karoseri New Armada, Magelang. 

Hmm makin bikin penasaran para Bismania di luar sana, perubahan apa, interiornya gmna dan pakai chasis apa? 




YO YO YO YO.... What's up para pemerhati per bis an Indonésia yang lagi malam mingguan?? Let's See this guys ... Nama SKYLANDER udah rilis Jreng... Apa itu SKYLANDER??? Seperti apa itu SKYLANDER??? Perubahan apa aja yang ada di SKYLANDER??? Yoi, bikin penasaran kan?? Sabar yak, tunggu sampai bulan maret ya guys... Udah udah... Daripada penasaran, mendingan malam mingguan aja Yuk.. . . . IG@newarmada.official facebook.com/newarmada.karoseri www.newarmada.id . . . . #indonesianbushunter #mybusmyadventure #bisphotogram #busenthusiast #petualang_bus #bisgalery #busismylife #like4like #likes4likes #follow4follow #businternational #internationalbus #bus #sukafotobis #instabus #busphotography #eatsleepbusindo #eatsleepbus #galerybisindonesia #galerybisindo #nusantarabuslovers #busindonesia #indonesianbuslovers #photograperbus #busmaniacommunity #jatengbushunter #forbiscom
A post shared by New Armada (@newarmada.official) on


Semoga Bermanfaat... 😀😀😀

Thursday, January 17, 2019

Cara WhatsApp Orang Tanpa Harus Simpan No Hp

Tips & Trik





Mungkin teman-teman belum pada tau, klo WhatsApp punya fitur bawaan yang membuatmu bisa nge-chat tanpa save nomor HP temanmu/sodaramu atau siapalah itu. dan Tak perlu pakai install ini-itu lagi!

WhatsApp menamai fitur tersebut 'Click for Chat' (Klik untuk Chat). Lewat 
fitur WhatsApp ini, kamu bisa memulai chat dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomor telepon orang tersebut di kontak / buku telepon ponsel.

Syaratnya, tentu saja, kamu harus mengetahui nomor orang bersangkutan. Artinya, kamu tidak bisa nge-chat WhatsApp dengan sembarang orang. Nomor telepon itu justru menjadi aspek penting dalam fitur 'Klik untuk Chat' di WhatsApp ini. Selain itu, patut diingat pula bahwa nomor telepon yang hendak kamu ajak chat itu tentunya harus punya akun WhatsApp yang aktif.

Nah, bagaimana caranya? Seperti dikutip dari laman resmi WhatsApp, fitur Klik untuk Chat ini pada dasarnya memungkinkanmu membuat tautan sehingga bisa chat dengan orang yang nomornya tidak kamu save itu. Begini prosesnya.

Langkah pertama nge-chat di WhatsApp tanpa save nomor ini adalah membuat tautan sendiri lewat browser dengan format dasar sebagai berikut:

https://wa.me/(nomor)

Yang harus kamu perhatikan adalah tersebut harus kamu isi dengan nomor telepon lengkap dalam format internasional (kalau Indonesia +62). 


Dengan menggunakan format tersebut, laman web WhatsApp pun mencontohkan penggunaannya ketika sudah disertai nomor telepon, sebagai berikut:

https://wa.me/628561333111



Penggunaan nomor telepon dalam format internasional membuatmu harus menghilangkan setiap angka nol (di depan), tanda kurung, atau tanda hubung.

Jadi, jangan menggunakan bentuk seperti ini: 
https://wa.me/+62-856-133-3111

Selain itu, fitur Klik untuk Chat ini juga membuatmu bisa membuat tautan sendiri langsung beserta isi pesan. Untuk memahami lebih lanjut, simak saja contoh berikut ini.

Format baku yang mesti dipakai adalah: 
https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl

Contoh: 
https://wa.me/628561333111?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20And  
Selain itu Klik untuk Chat ini juga membuat kamu bisa menulis pesan dalam tautan, yang kemudian bisa kamu kirim ke orang dalam kontakmu.

Contoh: 
https://wa.me?text=Saya%20memiliki%20pertanyaan%20mengenai%20apartment%20yang%20disewakan


Setelah mengeklik pada tautan tersebut, daftar kontak di ponselmu akan muncul untuk kemudian kamu kirimkan pesan tersebut.

"Klik untuk Chat berfungsi baik pada telepon ataupun WhatsApp Web Anda," sebut WhatsApp.com di bagian faq-nya. 




Semoga bermanfaat...😀😀😀 





sumber: DetikInet