Bismania
Volvo Is Back! mungkin itu kata yang tepat untuk mengucapkan selamat datang kembali kepada Volvo yang menghadirkan chassis bus premium di Indonesia. Kali ini Volvo menghadirkan model chassis B11R dengan tenaga mencapai 430HP!. Ini merupakan chassis yang mempunyai tenaga paling besar di kelasnya. Sebelumnya torsi dengan chasis premium yang paling besar dimiliki oleh Mercedes Benz OC500RF 2542 dengan 420HP.
Volvo Is Back! mungkin itu kata yang tepat untuk mengucapkan selamat datang kembali kepada Volvo yang menghadirkan chassis bus premium di Indonesia. Kali ini Volvo menghadirkan model chassis B11R dengan tenaga mencapai 430HP!. Ini merupakan chassis yang mempunyai tenaga paling besar di kelasnya. Sebelumnya torsi dengan chasis premium yang paling besar dimiliki oleh Mercedes Benz OC500RF 2542 dengan 420HP.
Volvo B11R-430HP siap
mendobrak produsen chasis bus lainnya yakni SCANIA dan Mercedes Benz yang dimana
sangat laku di Tanah Air. Kita ketahui Volvo sudah lama vacum sejak terakhir
tahun 2000an. Beberapa waktu lalu bersama PT. Indotruck Utama sebagai distributor penjualan di Indonesia
yang sempat meluncurkan Volvo B7R namun respon pasar terbilang lesu dibanding kedua kompetitornya.
Sebenarnya chassis Volvo sempat
muncul kembali tahun 2017 dibenderai PO
Sistrans Jogja yang mencoba kehandalan Volvo B7R dengan bodi
Jetbus 2 HD dari karoseri Adi Putro. Dan
kemarin tahun 2018 Volvo kembali hadir bersama PT. Steady Safe menghadirkan
bus-bus untuk Transjakarta sebanyak 128 unit Volvo B11R-370HP 6×2.
Dan tahun 2019 ini Volvo
siap hadir dengan B11R-430HP yang tentunya hampir mirip dengan bus Transjakarta, hanya
saja model ini memiliki power yang lebih besar, sedangkan mesinnya tetap sama yakni DC11.
Pada ajang
Busworld Jakarta 20-22 Maret 2019 kemarin, chasis Volvo B11R-430HP hadir dengan 2
balutan bodi dari karoseri yang berbeda.
Pertama dibalut dengan bodi Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD) milik Adiputro.
Kedua, Legacy SR2 XDD yang merupakan body bus Double Decker milik karoseri
Laksana.
Meskipun
B11R 430 hampir sama dengan B11R 370 yang digunakan oleh Transjakarta, ada
beberapa hal yang akan berbeda selain tenaga yang dihasilkan.
Berikut beberapa fitur dan keunggulan chassis Volvo B11R-430HP:
Berikut beberapa fitur dan keunggulan chassis Volvo B11R-430HP:
Keunggulan
Volvo B11R-430HP
Hal
paling mencolok adalah horse power sebesar 430HP, B11R-430HP akan dilengkapi
dengan I-Shift AT2612D dengan 12 percepatan yang dikontrol secara elektronik.
Perbedaan
lain pada B11R-430HP, terletak pada roda di axle ketiga yang berfungsi
sebagai steering wheel belakang. Jika pada B11R-370HP roda
pada poros terakhir tidak dapat bergerak (statis), berbeda pada B11R-430HP ini yang bisa bergerak mengikuti gerak roda depan yang berfungsi untuk membantu manuver
saat berbelok. Sistem tersebut sama dengan yang digunakan Scania K410Ib dan Marcedes Benz OC500RF 2542
Sebenarnya
Volvo merancang chasis B11R-430HP agar dapat memiliki dimensi panjang maksimal 14
meter, namun karena regulasi di Indonesia hanya mengijinkan panjang maksimal bus
hanya 13,5 meter. Jadi untuk B11R-430HP ini memang cocok untuk dibalut
dengan bodi bus jenis High Deck atau Double Decker yang biasanya untuk
bus AKAP atau Pariwisata jarak jauh.
Selain itu beberapa fitur
andalan yang disematkan ada Electronic
Braking System (EBS) yang melengkapi Anti-lock Braking System (ABS)
dan Anti Slip Regulation (ASR)
dan Electronic Stability
Programme (ESP).
Sementara untuk mendukung
kerja pengemudi ada pula Collision
Warning, Emergency
Braking system (CWEB), Lane Keeping Support system (LKS)
yang mengurangi resiko human
error. Ada pula Adaptive
Cruise Control (ACC) sebagai opsi transmisi I-Shift
Tentunya
dengan spesifikasi yang ada di chasis Volvo B11R-430HP ini dapat menjadi pilihan
bagi perusahaan otobus untuk menggunakan pabrikan asal Swedia ini selain Scania dan
Mercedes Benz.
Namun
beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dari Volvo adalah ketersediaan
suku cadang dan harga yang lebih kompetitif agar operator bus di Indonesa dapat
melirik produk-produk Volvo. Saat di acara Busworld Jakarta 2019 Volvo
membanderol chassis premiumnya itu dengan harga Rp 1,7 Milyar! (hanya chassis).
Jika Volvo bisa memberikan
benefit bagi perusahaan otobus di Indonesia tentunya Volvo dapat bersaing
dengan rivalnya SCANIA dengan
model K410Ib atau Mercedes Benz model OC500 RF 2542.
Apa pendapat Anda dengan
kehadiran B11R 430 ini ? silakan tinggalkan komentar dan share. Terima Kasih...
Semoga Bermanfaat...😁😁😁
#volvo #Volvobus #B11R #B11R430HP #BusIndonesia #Bismania #BismaniaCommunity #Transjakarta #Jetbus #LegacySR2 #TransportasiIndonesia #SukaFotoBus
sumber: berbagai sumber
Semoga Bermanfaat...😁😁😁
#volvo #Volvobus #B11R #B11R430HP #BusIndonesia #Bismania #BismaniaCommunity #Transjakarta #Jetbus #LegacySR2 #TransportasiIndonesia #SukaFotoBus
sumber: berbagai sumber
Jualan bisa tapi seperti yang sudah sudah spare part tidak di dukung ketersediaannya. Seperti yang pernah terjadi pada PO Harapan Jaya dahulu dengan unit b7r
ReplyDelete