Thursday, June 7, 2018

Asiknya Lihat Elang Jawa Di Gunung Semeru

Info Gunung

TNBTS Tetapkan 2 Site Monitoring Elang Jawa 



Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merupakan salah satu rumah/habitat bagi satwa endemik pulau jawa yaitu Elang Jawa (Nisaetus bartelsi). 

Dalam upaya konservasi Elang Jawa tersebut, TNBTS sudah menetapkan 2 lokasi/ site monitoring utama. Dalam 2 site ini lah populasi Elang Jawa lebih banyak dijumpai dan kegiatan monitoring pun rutin dilakukan setiap bulan di lokasi ini. 

Namun demikian diluar 2 site utama tersebut, di kawasan TNBTS juga terdapat beberapa site/ lokasi perjumpaan Elang Jawa walau catatan perjumpaan individunya tidak sebanyak di site utama. 

Beberapa hari yang lalu petugas TNBTS berhasil mendokumentasikan salah satu individu Elang Jawa di wilayah Semeru Selatan (diluar site monitoring utama). Elang Jawa tersebut dijumpai dalam posisi terbang, bertengger dan terbang kembali, sepertinya perilaku mencari mangsa. Dugaan kuat individu tersebut adalah Jantan Dewasa. 

Elang Jawa merupakan satwa karismatik sebagai (umbrela spesies) yang dapat mewakili contoh sehatnya habitat dan ekosistem hutan serta nilai penting keanekaragaman hayati di Pulau Jawa khususnya di kawasan TNBTS.

Semoga Elang Jawa tetap lestari di alamnya sehingga anak cucu kita kelak masih bisa menyaksikan gagahnya sang Garuda, satwa kharismatik kebanggaan Indonesia. salam lestari! 


📷 by @koestriadinugra PEH BBTNBTS 


#klhk #dirjenksdae #tnbts #ayoketnbts #konservasi #elangjawa #garuda


sumber: @tnbromotenggersemeru 


Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)