Monday, June 25, 2018

Kantong Semar Flora Penampung Air Para Pendaki

Info Pendaki

Kantong Semar Sang Penyelamat Sumber Air Pendaki Gunung



Genus Nepenthes (Kantong Semar, bahasa Inggris: Tropical pitcher plant), yang termasuk dalam familia monotipik, terdiri dari 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami maupun buatan. 

Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis Dunia Lama, kini meliputi negara Indonesia ,Republik Rakyat Tiongkok bagian selatan,Indochina, Malaysia, Filipina, Madagaskar bagian barat, Seychelles, Kaledonia Baru,India, Sri Lanka, dan Australia. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di pulau Borneo dan Sumatra.

Manfaat Kantong Semar

Ada banyak manfaat dari Kantong Semar bagi kesehatan dan petualang. Salah satu manfaatnya sebagai cara untuk survival di alam liar ketika stok air minum menipis/habis hingga menyebabkan dehidrasi maka kita bisa mencari tanaman kantong semar tersebut karena cairan yang ada didalamnya memiliki tingkat keasaman yang netral sehingga sangat baik diminum sebagai pengganti air minum biasa. 

Salah satu hutan di pegunungan Bukit Raya Kalimantan, kita dapat menjumpai ada banyak tumbuhan Kantong Semar ketika kita sudah berada di area vegetasi lumut. Disana kita dapat menemukan Kantong Semar dari yang kulitnya masih berwarna hijau hingga yang warnanya sudah coklat tua dan mengering. 

Kantong Semar adalah tumbuhan pemakan hewan/serangga maka sangat wajar jika kita menemukan ada serangga terjebak di dalam tumbuhan tersebut, seperti yang saya lihat langsung disana. Bentuknya yang unik membuat kita menjadi kagum tapi ingat jangan latah ya untuk memetiknya.

Salam Lestari... πŸ’™


πŸ“Sumber: wikipedia. co. Id, manfaat. co. Id, dan pengalaman pribadi saya.

Semoga Bermanfaat...😁😁😁


sumber : IG @gunungindonesia
#gunungindonesia #bukitraya #gunungbukitraya #infogunung #infopendaki #infopendakigunung 
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)