Saturday, March 14, 2020

Apa Perlu Sampai LockDown?

Celoteh Kata Gua


pemerintah italia melakukan lockdown terkait virus corona

Virus Corona Covid-19 mungkin sudah menyebar ke penjuru belahan dunia. Sudah banyak warga dari negara lain yang terinfeksi virus tersebut selain di tempat asalnya, Tiongkok. Bahkan negara Italia yang jauh dari Tiongkok sudah banyak warganya yang positif terinfeksi virus Covid-19. Tidak terkecuali para pemain sepak bola dan orang-orang penting disana. Baru beberapa hari yang lalu bintang Hollywood, Tom Hanks dan istrinya menyatakan sudah positif terinfeksi virus corona di Australia.

Virus ini sudah membuat negara-negara dunia memperketat pengawasannya terhadap virus ini. Mulai dari bandara, pelabuhan, terminal, stasiun kereta dan gerbang pintu masuk ke negaranya. Tidak terkecuali di Indonesia sendiri, dalam beberapa hari terakhir jumlah warga yang positif terinfeksi virus Covid-19 ini sudah mencapai 69 orang di seluruh tanah air (data sampai 13 Maret 2020).

Wow! Cepat sekali penyebaran virus ini dari awal bulan Maret yang hanya 2 orang kini sudah mencapai 69 orang dan masih ada ratusan orang lainnya yang masuk dalam pengawasan terinfeksi virus corona. Menurut berita yang gua baca, virus Corona Covid-19 ini telah dinaikkan statusnya menjadi Pandemic.


Apa sih itu Pendemi?

Beberapa hari lalu, WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa status virus corona Covid-19 naik menjadi pandemi, setelah menyebabkan lebih dari 118.000 kasus terinfeksi di lebih dari 110 negara dan lokasi di seluruh dunia, serta risiko penyebaran global berkelanjutan.

"Ini tidak hanya krisis kesehatan masyarakat, ini krisis yang akan mempengaruhi setiap sektor," ujar Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur-jenderal WHO, seperti dilansir Time. Sehingga setiap sektor dan setiap individu harus berpartisipasi dalam pertarungan ini."

Dalam beberapa hal, pandemi memiliki arti yang lebih ke arah seni daripada sains, ujar Dr. Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases Februari lalu. Karena "ini benar-benar berada di batas semantik", ujarnya.

Beberapa kali dalam setiap press conference, WHO selalu mempertahankan pendapatnya bahwa COVID-19 berpotensi pandemik, namun selalu berhenti sampai situ.

“Pandemi bukanlah kata untuk digunakan dengan ringan atau sembrono. Ini adalah kata yang jika disalahgunakan, dapat menyebabkan ketakutan yang tidak masuk akal, atau penerimaan yang tidak dapat dibenarkan bahwa pertarungan telah berakhir, yang mengarah pada penderitaan dan kematian yang tidak perlu," kata Dr. Tedros pada 11 Maret.

"Pernyataan pandemi ini tidak mengubah penilaian WHO terhadap ancaman yang ditimbulkan COVID-19. Serta tidak mengubah tindakan WHO dan setiap negara yang harus dilakukan dalam menangani masalah," katanya.

Sejauh ini sudah 4 kali dunia mengalami pandemi. Sebelum SARS CoV-2 atau lebih dikenal dengan virus corona (COVID-19), terdapat pandemik H1N1 (Anda mungkin lebih mengenalnya dengan nama flu babi) pada tahun 2009, yang telah membunuh 575,400 orang di seluruh dunia pada tahun-tahun pertamanya, dan lebih berdampak pada dewasa di bawah usia 65 tahun.

Tidak seperti COVID-19 yang lebih menyerang pria lansia. Virus tersebut bertahan hingga 10 Agustus 2010, dan virusnya menjadi flu biasa pada umumnya. Lalu, sebelumnya ada pandemi 1957-1958, pandemik 1968, dan pandemik 1918. CDC mencatat bahwa pandemi 1981 adalah yang terparah sepanjang sejarah, karena menginfeksi sepertiga populasi dunia dan membunuh 50 juta orang.

Apa yang berubah setelah COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi?

Itu tidak akan mengubah kebiasaan yang harus Anda lakukan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Seperti melakukan kebersihan dasar untuk mengurangi risiko penyakit apapun.

Termasuk mencuci tangan dengan benar, menggunakan hand sanitizer secara liberal, menghindari menyentuh apapun (seperti kenop pintu, pegangan tangga, dan sebagainya, yang jika tersentuh pun segera cuci tangan atau gunakan sanitizer sebelum menyentuh hal lain), dan beri jarak dari orang yang sedang sakit atau batuk atau bersin.

CDC juga menyarankan untuk tidak menyentuh wajah terlalu sering, karena bisa membawa virus masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, bawa sanitizer (bila perlu) kemanapun Anda pergi, hindari berjabat tangan, dan tinggal di rumah jika sedang sakit. Epidemik maupun pandemik bukan berarti Anda harus menyetok persediaan minum, tisu toilet, masker, dan lain-lain. Jangan hilangkan rasa kemanusiaan, beri kesempatan bagi yang lebih membutuhkan.


Apa Ini Saatnya Indonesia di LockDown?

Dengan status virus Corona yang sudah dinyatakan WHO bersifat pandemic, banyak negara yang sudah melakukan lockdown di wilayahnya. Contohnya Italia dan Denmark memutuskan mengambil tindakan lockdown sejumlah gedung dan fasilitas umum menyusul sudah ditetapkannya virus Corona sebagai pandemi. Sementara pemerintah Indonesia menyatakan belum mengambil opsi lockdown, begitu pula Singapura.

Singapura menyatakan belum menerapkan lockdown area yang terjangkit virus Corona karena meyakini kondisi di negaranya masih terbilang aman. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menegaskan bahwa pemerintah yakin bisa mengendalikan penyebaran virus Corona sehingga tidak diberlakukan lockdown.

Lockdown artinya tindakan mengunci suatu kawasan untuk mencegah sesuatu masuk atau keluar. Protokol lockdown ini hanya bisa diinisiasi oleh orang yang berwenang atau memiliki kekuasaan tinggi dan biasanya baru dilakukan dalam keadaan darurat.

Status lockdown juga bisa diberlakukan untuk melindungi orang di dalam sebuah tempat atau fasilitas dari ancaman luar. Bisa juga sebaliknya, orang-orang harus berada di dalam satu wilayah atau tempat tertentu dan tidak diperbolehkan keluar maupun memasuki area lainnya.

Arti lockdown dalam kasus virus Corona ini sedikit berbeda dari arti lockdown yang diterapkan saat ada ancaman teroris, penembakan atau tindakan kriminal di sebuah gedung. Dalam situasi di mana penyebaran virus Corona semakin meluas, lockdown dilakukan sejumlah negara berdasarkan seberapa gawat kondisi di area tersebut.

Pada 10 Maret 2020, Perdana Menteri Giuseppe Conte menyatakan Italia mengunci secara total seluruh wilayah. Artinya warga dilarang datang ke klub malam, semua acara olahraga termasuk pertandingan besar pun ditunda. Sekolah, museum dan universitas ditutup hingga 3 April, hanya toko obat dan sembako yang boleh buka.

Denmark menjadi negara kedua di Eropa yang menerapkan status lockdown. Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen pada Kamis (12/3/2020) secara resmi mengumumkan bahwa semua TK, sekolah dan Denmark tutup selama 2 minggu. Dia juga menganjurkan warga yang bekerja di pelayanan publik maupun swasta untuk bekerja dari rumah dan melarang kegiatan yang mengumpulkan massa dengan jumlah lebih dari 100 orang.

Lockdown juga dilakukan pemerintah Filipina di bawah arahan Presiden Rodrigo Duterte. Dia menginstruksikan untuk lockdown ibukota negara, Manila, demi mencegah peularan virus Corona COVID-19.

Arti Lockdown yang dimulai pada 15 Maret - 14 April 2020 ini adalah melarang massa berkumpul, menutup sekolah dan karantina area yang terdapat kasus. Perjalanan domestik via darat, air dan udara juga disetop. Sebelumnya China juga memberlakukan lockdown pada kota Wuhan, dan Korea Selatan lockdown kota Daegu.

Jadi perlu diketahui bahwa lockdown artinya tidak selalu berarti 'mengunci' negara dengan melarang kedatangan internasional sama sekali, atau tidak memperbolehkan warganya pergi ke maupun datang dari luar negeri. Lockdown bisa dilakukan di sebagian area saja, atau lockdown total, jika kondisinya memang mengharuskan. Itu pun hanya sementara saja dan tidak dalam jangka panjang.

Seperti dikutip dari Wikipedia, ada dua tipe lockdown, yang pertama adalah preventive lockdown (pencegahan) dan emergency lockdown (darurat). Preventive lockdown artinya penguncian sebagai aksi pencegahan atau menghindari bahaya dan risiko dari kejadian maupun peristiwa di luar normal. Biasanya diikuti juga dengan tindakan peningkatan dan efisiensi pada fasilitas yang diperlukan.

Emergency lockdown artinya tindakan penguncian ketika ada ancaman mendekat dan bisa membahayakan nyawa manusia. Lockdown darurat harus dilaksanakan secepat dan seefisien mungkin karena berpacu dengan waktu.

Bisa dikatakan bahwa lockdown yang diterapkan pada sejumlah negara termasuk dalam preventive lockdown. Artinya dilakukan sebagai tindakan pencegahan.

Menurut gua ada beberapa syarat sebelum pemerintah menyatakan kondisi LoackDown Corona, diantaranya:

  • Masyarakatnya harus patuh.
  • Aparat/petugas harus Ramah & Tegas.
  • Kebutuhan sembako tersedia, tidak ada kelangkaan sembako atau membatasi pembelian kebutuhan pokok.
  • Pemerintah memberikan pelayanan gratis kepada warga yang tidak mampu.
  • Tidak boleh keluar rumah/lingkungan rumah. Boleh keluar rumah jika ada alasan yang sangat mendesak.
infografis penyebaran virus corona Covid-19 di seluruh dunia







Sumber :
https://www.liputan6.com/health/read/4199768/apa-yang-berubah-setelah-who-naikkan-status-virus-corona-jadi-pandemi

Monday, March 2, 2020

Mengenal Lebih Dekat All New Avante Tentrem


Bismania



Brand Avante memang membawa karoseri Tentrem kembali menjadi salah satu pilihan favorit para perusahaan otobus di indonesia, karena dari model inilah karoseri ini dapat menunjukan jati dirinya yang sebenenarnya.


Kita tahu produk karoseri ini sebelumnya banyak dijalanan dengan model-model seperti Scorpion King dan Scorpion X namun kedua model itu sebenarnya masih banyak terinspirasi dari produk luar negeri. Sebagai contoh adalah model Scropion King yang merupakan jelmaan dari bus Scania Touring, asal Swedia. Hampir 80% desain bus tersebut memiliki gaya dan ciri khas milik Scania Touring.

Berbeda dengan desain Avante yang lebih banyak sudah menghadirkan desain dengan cita rasa dari karoseri Tentrem. Dalam acara GIIAS tahun 2019 lalu Tentrem membawa 4 unit bus yaitu 2 unit Avante single deck, 1 unit Avante double decker dan juga Tentrem Max HDD.


Nah agar lebih jelas mari kita simak detail Avante satu persatu disetiap sudutnya cekidot :


Konsep Desain All New Avante Tentrem


Semenjak trend bus double glass pandangan penumpang dari dalam kabin bus serasa dibatasi karena terhalang oleh sekat antar kaca dibagian depan. All New Avante HD ini menghadirkan konsep view yang ekstra luas.

Masuk kedalam bus Avante ini memang sangat berkesan, pandangan yang luas berbeda dengan produk dari karoseri lain yang mengusung konsep double glass.


Pandangan masih cukup nyaman karena karoseri Tentrem dapat meminimalkan ukuran sekat pada bagian depan sehingga tidak mengganggung pandangan.


Selain itu posisi dan bentuk kaca bus ini lebih landai dan memang terlihat lebih jenong, namun karena model kaca seperti ini pengalaman menikmati pemandangan makin maksimal.


Sesuai dengan tagline yang disematkan pada bus ini “The Best View Experience” karoseri asal Malang ini mewujudkan semuanya itu berdasarkan masukan dari pelanggan.



Banyak penumpang yang lebih nyaman jika bus tanpa topi atau tanpa sekat pemisah, karena beberapa alasan pandangan yang terganggu oleh model double glass.



Namun karoseri yang bermula dari sebuah bengkel ini dapat mengembangkan bus dengan pandangan luas meski dengan model double glass yang sedang trend di Indonesia.

Avante H7 


Avante H7 dan Avante H9 adalah produk yang dibawa oleh karoseri Tentrem dalam acara GIIAS 2019 lalu di BSD City. Selain itu Tentrem juga menggunakan penamaan kode baru agar tidak sama dengan model karoseri lain.



Untuk tipe Avante H7 ini adalah untuk model bus yang sama dengan model HD (High Deck). Menurut Mas Kurnia dari Tentrem kode H7 berarti High 3.7 meter, dan angka tujuh diambil dari angka belakang tinggi bus tersebut.


Biasanya untuk model-model ini banyak menggunakan chassis tipe Mercedes Benz OH 1626, HINO RN 285 atau lainnya.




Avante H9

Sedangkan untuk Avante H9 berarti High 3,9 meter dan angka 9 diambil dari angka belakang tinggi bus tersebut, model ini sama dengan bus SHD (Super High Deck).


Biasanya untuk model H9 ini cocok untuk bus pariwisata, AKAP dengan chasis premium Mercedes Benz OH 1836, OH 2542 atau Scania K360ib atau Scania K410ib opticruise.

Avante H8 Flanker

Avante H8 Flanker ini merupakan model terbaru dari seri All New Avante. dan angka 8 diambil dari angka belakang bus ini yaitu 3.8 meter. Model ini menambah ruang bagasi bisa tembus dari satu sisi ke sisi lainnya

Model H8 ini cocok untuk chassis yang tidak mempunyai leader frame, seperti Scania 360 Ib, Mercy 1626/1838. Model H8 Flanker ini sama seperti model MHD Adiputro dan xHD Prime Transporter Laksana.



Eksterior All New Avante

Tampilan luar All New Avante ini memang begitu menggoda, masih dengan bentuk dasar Avante yang dulu namun ada beberapa hal barunya.


Selendang yang memiliki bentuk seperti huruf “V” yang merupakan simbol dari Avante.


Ditambahkan pula aluminium dengan sentuhan chrome yang membuatnya nampak makin elegan.


Kemudian pada topi sebagai sekat antar kaca depan pun lebih fresh dengan sentuhan chrome.


Iya logonya secara bentuk sama namun font logonya saat ini sudah menggunakan huruf besar semua dulunya masih menggunakan huruf kecil semua.



Detail Eksterior

Hal yang menarik lainnya juga terdapat perubahan pada lampu penanda, yang biasanya diletakan dibagian depan atas.

Dua lampu berwarna kuning saat ini diletakan dibagian dalam bus tepatnya pada ending plafond, sebelumnya lampu ini berada dibagian luar.


Dan yang paling baru terletak pada model lampu dan foglamp yang disematkan pada muka bus asal kota Malang ini.


Desain lampu full LED dengan sein dan foglampnya berwarna putih namun ketika digunakan dapat berkedip/berjalan dengan warna kuning.


Front face

Masih mempertahankan model kaca yang lebar inilah yang membuat Avante memiliki pandangan paling luas dibanding produk double glass karoseri lain.


Bukan itu saja bentuk kaca landai seperti ini berfungsi untuk memecah angin dengan tingkat aerodinamis yang lebih baik.



Jika kita menengok sisi samping bus terbaru Tentrem, ada yang baru pada sisi sideroof. Dimana konsepnya sudah mengikuti model kekinian yaitu floating roof atau flying roof.

Dengan menambahkan cat berwarna hitam pada pilar A dan pilar Z sehingga kaca seolah menyatu dan atap terlihat melayang.


Dan untuk terlihat makin elegan, penambahan list chrome disisi samping bus tentunya menambah kemewahan bus ini.


Satu hal baru yang menarik perhatian, dimana bus Tentrem ini sudah meletakan karet pada pintu dibagian dalam sehingga jika dilihat dari luar lebih rapi seperti mobil-mobil mewah.


Sisi bagian belakang bus pun terlihat menawan karena hampir disetiap sudut diberi garnis chrome.


Model kisi-kisi belakang pun sudah model terbaru dengan sentuhan almunium chrome.


Bagian Belakang Bus

Rearlamp yang digunakan pun model terbaru dan agar terlihat makin garang, dua set muffler diletakan dibagian bumper belakang.


Desain bumper yang simple tentunya terlihat lebih enak dipandang dan terkesan sporty.



Interior All New Avante


Sisi interior pun makin mewah dimulai saat masuk kedalam bus ini disambut dengan foot step yang dilengkapi dengan LED.


Dan pada bagian dashboard juga terdapat handrail sehingga memudahkan penumpang untuk naik kedalam bus.


Kombinasi warna gelap dengan sentuhan list chrome membuat bus ini makin sempurna.


Panel-panel diletakan pada sisi sebelah kiri, baik tombol lampu, AC, audio dan video juga menjadi satu tempat.


Secara desain dashboard ini memang tidak terlalu baru, namun dari segi penggunakan material unit yang dipamerkan ini sudah menggunakan bahan ABS dan panel wood.


Dashboard


Gal baru lainnya ada pada louvre AC yang menggunakan model terbaru dengan asesoris lampu berwarna biru tentunya membuat makin elegan.


Terdapat USB port pada setiap louvre AC dan juga lampu baca sehingga membuat perjalanan makin nyaman.


Dashboard dan Bagasi Atas


Untuk bagasi kabin pun sudah menggunakan penutup dan menggunakan desain terbaru.


Penutupnya pun tidak berat saat dibuka dan saat ditutup pun tidak menghentak sehingga lebih mudah untuk digunakan.


Selain berguna untuk meletakan barang bawaan penumpang, didalam bagasi juga terdapat speaker sebagai sarana hiburan, dengan lubang-lubang berlogokan Avante.


Partisi peumpang pun didesain lebih elegan sekaligus untuk keamanan penumpang yang berada didekat pintu.


Tiap kursi elektrik sudah disematkan pula USP port dan juga meja kecil untuk meletakan piring atau laptop tidak lupa seat belt juga sudah include disetiap kursi.

Semua fitur di atas kemungkinan disesuaikan dengan permintaan PO masing-masing ya. jadi tidak semua seri avante akan mempunyai fitur yang sama.


Keunggulan dan Kekurangan All New Avante


All New Avante Tentrem memang memukau perhatian dalam pameran GIIAS 2019 ini dan dari pengamatan kami ada beberapa hal yang menjadi perhatian kami.

Keunggulan

•       Pandangan depan luas

•       Bagasi kabin tidak berat untuk dibuka tutup

•       Dashboard mewah

•       Desain ekterior bus kekinian dan modern

•       USB port di louvre

•       Karet dalam pada pintu


Kekurangan


•       Finishing kurang rapi terutama disetiap sambungan

•       Penggunaan plat bordes untuk tangga naik membuat kesan elegan berkurang

•       Dengan absorber bagasi kabin yang ringan apakah ketika bus berjalan tidak mengeluarkan suara berisik ?


Kesimpulan


Kesimpulan dengan hadirnya All New Avante Tentrem ini operator bus dapat memilih armada bus yang mengedepankan kenyamanan selama perjalanan.

Bukan hanya dari sisi eksterior yang terlihat baik namun juga beberapa bagian didalam interior sangat mendukung kenyamanan penumpang.


All New Avante adalah pilihan terbaik bagi bus AKAP ataupun bus Pariwisata yang sedang berkembang pesat.




sumber: berbagai sumber


Wednesday, February 12, 2020

Samsung Rilis Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra


Tekno

Samsung Rilis Trio Galaxy S20



Samsung resmi memperkenalkan trio baru Galaxy S20 di San Fransisco, Amerika Serikat. Bertempat di The Palace of Fine Arts dalam event Unpacked 2020 itu Samsung merilis Galaxy S20, Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra. Ketiga ponsel ini berstatus sebagai generasi penerus Galaxy S10 yang mempunyai spesifikasi kelas premium.

Yuk kita simak spesifikasi lengkap ketiga ponsel tersebut:

Spesifikasi Galaxy S20
  • Layar: 6,2 inch, HDR 10, 563 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 12 MP (f/1.8), telephoto 64 MP (f/2.0)
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 3X, Super Resolution Zoom up to 30x, video 8K
  • Kamera Depan: 10 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 4.000 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 151,7 x 69,1 x 7,9 mm
  • Bobot: 163 gram

Spesifikasi S20 Plus


  • Layar: 6,7 inch, HDR 10, 525 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 12 MP (f/1.8), telephoto 64 MP (f/2.0), DepthVision
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 3X, Super Resolution Zoom up to 30x, video 8K
  • Kamera Depan: 10 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 4.500 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 161,9 x 73,7 x 7,8 mm
  • Bobot: 186 gram


Spesifikasi Galaxy S20 Ultra

  • Layar: 6,9 inch, HDR 10, 511 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 108 MP (f/1.8), telephoto 48 MP (f/2.0), DepthVision
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 10X, Super Resolution Zoom up to 100x, video 8K
  • Kamera Depan: 40 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 166,9 x 76 x 8,8 mm
  • Bobot: 220 gram


Harga dan Ketersediaan


Galaxy S20 Rp 12,999 juta
Galaxy S20 Plus Rp 14,499 juta
Galaxy S20 Ultra Rp 18,499 juta

Di tanah air pre order trio Galaxy S20 dibuka pada tanggal 12 Februari mulai jam 12.00 WIB dan Samsung menjadwalkan pick up awal Maret 2020. Pelanggan yang memesan dalam masa pre order bakal mendapatkan earbuds nirkabel anyar, Galaxy Buds+, seharga Rp 2,3 juta. Kemudian cashback dan program cicilan dari bank yang bekerja sama.


semoga bermanfaat 😁😁😁

Monday, February 10, 2020

Keunggulan Mercedes Benz 1836 RS dari Scania K360 iB

Celoteh Kata Gua



Mercedes-Benz (Mercy) merupakan produk asal Jerman yang sedang populer banyak Perusahaan Otobus di Indonesia. Bahkan ada beberapa PO yang memang secara khusus hanya menggunakan sasis Mercedes-Benz untuk armadanya. Salah satunya PO Lorena & Karina.

Semenjak adanya tol transjawa dan tol sumatera banyak PO yang meremajakan sasisnya menggunakan Mercy. Saat ini Mercy memiliki sasis yang cukup populer dan cocok digunakan untuk bus AKAP maupun bus pariwisata, seperti MB OH 1526, 1626 dan MB O500 RS 1836. Ada juga sasis premium yakni O500R  2542 RF (tronton). 

Tapi kali ini gua pengen membahas chassis Mercedes Benz RS 1836 yang merupakan produk yang mendapat update dari Mercy Indonesia. Sebelum Mecy 1836 sudah ada, namun teknologi yang digunakan masih 'jadul'. Namun pada tahun 2019 Mercy Indonesia meluncurkan chassis 1836 terbaru dengan kode RS 1836. Apa yang beda? sudah tentu teknologi di dalamnya yang hampir semua komponennya menggunakan elektrik. 

Chassis 1836 RS ini merupakan jenis big bus Mercy bermesin belakang dengan kode OH (Omni Hitten) yang memiliki tenaga maksimum sebesar 360 HP pada torsi puncak 1.600 Nm. Selain itu bus ini mampu membawa beban hingga 18 Ton.

Namun apa saja sih keunggulan dari sasis MB O500 RS 1836?
MB O500 RS 1836 merupakan seri penyempurnaan dari seri OH 1836 versi sebelumnya, hal ini terjadi karena banyak terjadi keluhan terhadap sasis versi lama.

Sasis bus ini merupakan tipe premium dengan rangka space frame yang memudahkan karoseri dalam merancang panjang bodi kabin.

Untuk fitur O 500 RS 1836 ada banyak fitur keselamatan yang sudah tertanam sebelumnya di O 500 R 1836. Ada fitur standar keselamatan Mercedes-Benz seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EDB) yang dilengkapi dengan Acceleration Skid Control (ASR) serta dikontrol oleh Electronic Braking System (EBS).

Pengereman kempat titik roda mengandalkan Rem Cakram yang juga dibantu oleh Retarder dalam menghentikan laju kendaraan. Semua kinerja mesin dipantau lewat Electronic Control Unit (ECU). Mesin Mercedes-Benz OM 457 LA dengan standar emisi Euro III bertenaga 360 HP masih tetap jadi andalan.

Untuk kenyamanan, rangkaian suspensi per roda pada sasis yang diimpor dari Brazil ini bersifat rigid alias terhubung dengan axle (sumbu roda). Selain itu, O500 RS 1836 juga sudah disematkan peredam getaran mesin dan pendingin radiator dengan sistem tali kipas, bukan propeller seperti versi O500 R-1836.


Lebih lengkapnya, beriku spesifikasi  Mercedes-Benz O500 RS 1836:

MESIN & TRANSMISI
Mesin Mercedes-Benz: OM 457 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Injeksi Langsung dengan Turbo charger dan Intercooler.
Diameter/Langkah : 128/155 mm
Total Isi Silinder : 11.967 cc
Daya Maks : 260 kW (349 hp) @ 2000 rpm
Torsi Maks : 1.600 Nm @ 1100 rpm
Transmisi : MB GO 210-6 Transmisi 6
Kecepatan maju Dilengkapi dengan Primary Retarder
Perbandingan Gigi : 6.528/3.711/2.231/1.443/1.000/0.799 R = 6.136
Kecepatan Maks : 120km/jam
Daya Tanjak : 48%

GANDAR
Depan (1st Axle) : MB VO 4/40 DCL-7.1
Kapasitas (1st Axle) : 7.000 kg
Belakang (2nd Axle) : HO 4 / 08 DCL-11.5
Perbandingan gigi : I = 3.333
Kapasitas (2nd Axle) : 11.000 kg
GVW 18.000 kg



SUSPENSI
Depan : Suspensi Udara dengan 2 Balon udara 4 Peredam kejut dengan double acting, stabiliser
Belakang : Suspensi Udara dengan 4 balon udara 4 Peredam kejut dengan double acting, stabiliser
REM & KEMUDI
Rem Utama : Disc Brake, dua jalur udara tekan penuh
Rem Parkir : Pegas, kendali udara tekan penuh pada gandar belakang
Retarder : Voith 115, digerakkan secara elektro-hidrolik melalui lever pada steering dengan 5 step
Tambahan Keselamatan : ABS (Anti-lock Braking System) ASR (Acceleration Skid System)
Kemudi : Power Steering : ZF 8098 + Cruise Control

BAN & VELG
Ban & Pelek : 295/80 R 22.5 & 8.25 x 22.5

KELISTRIKAN & TANGKI
Sistem : 24 Volt
Altenator : 28 V/140 A (terpasang) + 28 V/140 A (toolbox)
Baterai : 2 x 12 V / 200 Ah
Kapasitas Tangki : 300 Liter

UKURAN UTAMA
Jarak Sumbu Roda (mm) : 3.000 (pabrik) /6.300 (Karoseri)
Julur Depan (mm) : 2.570
Julur Belakang (mm) : 3.350
Panjang Total (mm) : 8.920 (Pabrik) /12.220 (Karoseri)
Lebar Total (mm) : 2.458
Jarak pijak roda depan (mm) : 2.036
Jarak pijak roda Belakang (mm) : 1.798
Bicara harga, untuk model ini dibandrol dengan kisaran harga Rp. 1.380.000.000 Off The Road dan untuk harga On The Roadnya Rp. 1.435.000.000.




semoga bermanfaat
😁😁

Wednesday, February 5, 2020

Penerus Poco F1 Turun Kasta?

Tekno

Poco pertama kali menggebrak pasar ponsel global dengan Poco F1 pada Agustus 2018. Kini mereka meluncurkan ponsel keduanya yang dinamakan Poco X2.

Poco X2 sebenarnya bukanlah penerus langsung dari Poco F1. Ponsel ini sebenarnya merupakan versi rebranding dari Redmi K30 yang saat ini hanya tersedia di China.

Seperti dilansir dari GSM Arena, Selasa (4/2/2020) Poco X2 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 730G dan hadir dengan tiga konfigurasi memori. Pilihan konfigurasi yang bisa dipilih adalah 6GB/64GB, 6GB/128GB dan 8GB/256GB.

Layarnya menggunakan panel LCD berukuran 6,67 inch dengan refresh rate 120Hz yang mendukung HDR10. Resolusi layarnya 1080x2400 pixel (Full HD+) dengan rasio 20:9 yang sedikit memanjang.

Poco X2 adalah ponsel pertama di India yang menggunakan sensor Sony IMX686 64MP sebagai sensor utama di kamera belakang. Kamera ini juga ditemani oleh kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP dan depth sensor 2MP.
Ada juga dua kamera depan yang ditempatkan di sisi kanan atas layar menggunakan desain punch-hole berbentuk pil. Dua kamera depan ini terdiri dari kamera utama 20MP dan depth sensor 2MP.

Untuk keamanan ponsel, Poco X2 dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian samping kanan ponsel. Baterainya berkapasitas 4.500 mAh yang dilengkapi dengan pengisian cepat 27W lewat port USB-C.

Selain itu, Poco X2 juga mengusung fitur-fitur seperti Gorilla Glass di bagian depan dan belakang, lapisan P2i yang anti air, headphone jack 3,5mm dan teknologi liquid cooling yang diklaim Poco bisa menghilangkan panas 300% lebih cepat pada saat pemakaian.

Poco X2 hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Atlantis Blue, Matrix Purple dan Phoenix Red. Ponsel ini akan mulai dijual di India pada 11 Februari mendatang.
Berikut harga tiga varian Poco X2 yang ditawarkan di India:

- 6GB/64GB: 15.999 Rupee (Rp 3 juta)
- 6GB/128GB: 16.999 Rupee (Rp 3,3 juta)
- 8GB/256GB: 19.999 Rupee (Rp 3,9 juta)






sumber : detikinet