Tuesday, November 14, 2017

Ini Makhluk Terkuat Sejagat Raya, Mampu Hidup di Suhu Ekstrim!!

Biography

Makhluk Hidup Terkuat Di Bumi

Makhluk ini mempuyai kemampuan dalam bertahan hidup di kondisi tersulit sekalipun. Ia adalah makhluk mikroskopis Tardigrade yang menjadi kandidat sebagai makhluk hidup pertama yang mampu keluar dari sistem tata surya.

Hewan mikroskopis yang memiliki julukan beruang air dan babi lumut ini dianggap sebagai kandidat yang cocok karena kemampuan bertahan hidupnya yang luar biasa, hingga diklaim sebagai makhluk terkuat di Bumi.

Kandidat lain yang akan menjelajahi luar tata surya adalah Caenorhabditis elegans (C. elegans). Ketangguhan dari cacing yang memiliki 959 sel ini pun juga sudah teruji setelah berhasil selamat dari salah satu tragedi luar angkasa terbesar, yaitu hancurnya pesawat luar angkasa Columbia pada 2003.


Misi yang akan melibatkan Tardigrade dan/atau C. elegans ini bernama Starlight. Nantinya, salah satu dari mereka, atau mungkin keduanya, akan dimasukkan ke dalam kendaraan antariksa yang ukurannya tidak lebih besar dari smartphone.

Kendaraan antariksa tersebut akan didorong oleh sinar laser agar dapat terbang dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga mampu keluar dari tata surya.

"Semakin kecil ukuran pesawat luar angkasa yang digunakan, maka semakin besar kemungkinannya untuk mencapai 25% dari kecepatan cahaya," kata Phillip Lubin, pimpinan proyek tersebut, seperti dilansir dari Newsweek.

Hal tersebut diperkirakan dapat membuat pesawat tersebut menjangkau bintang dan exoplanet terdekat dari tata surya dalam waktu kurang lebih 20 tahun setelah diluncurkan.

Sebagai perbandingan, satu-satunya kendaraan antariksa yang mampu keluar sistem tata surya adalah Voyager 1 dengan waktu tempuh 40 tahun dari peluncurannya pada 1977 untuk mencapai ujung dari tata surya.

Program Starlight, atau DEEP-IN (Directed Energy Propulsion for Interstellar Exploration), sendiri merupakan proyek dari NASA yang sudah mulai dijalankan sejak 2009 dengan kucuran dana dari UC Santa Barbara.


Tujuan dari program tersebut adalah untuk menjelajahi sistem planet lain dengan mengirim awak pesawat disertai penginderaan jarak jauh, yang diharapkan mampu menemukan kehidupan di luar sana.

Sumber: DetikInet

Inshaallah Bermanfaat...😁😁😁
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)