Wednesday, February 12, 2020

Samsung Rilis Galaxy S20, S20 Plus dan S20 Ultra


Tekno

Samsung Rilis Trio Galaxy S20



Samsung resmi memperkenalkan trio baru Galaxy S20 di San Fransisco, Amerika Serikat. Bertempat di The Palace of Fine Arts dalam event Unpacked 2020 itu Samsung merilis Galaxy S20, Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra. Ketiga ponsel ini berstatus sebagai generasi penerus Galaxy S10 yang mempunyai spesifikasi kelas premium.

Yuk kita simak spesifikasi lengkap ketiga ponsel tersebut:

Spesifikasi Galaxy S20
  • Layar: 6,2 inch, HDR 10, 563 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 12 MP (f/1.8), telephoto 64 MP (f/2.0)
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 3X, Super Resolution Zoom up to 30x, video 8K
  • Kamera Depan: 10 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 4.000 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 151,7 x 69,1 x 7,9 mm
  • Bobot: 163 gram

Spesifikasi S20 Plus


  • Layar: 6,7 inch, HDR 10, 525 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 12 MP (f/1.8), telephoto 64 MP (f/2.0), DepthVision
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 3X, Super Resolution Zoom up to 30x, video 8K
  • Kamera Depan: 10 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 4.500 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 161,9 x 73,7 x 7,8 mm
  • Bobot: 186 gram


Spesifikasi Galaxy S20 Ultra

  • Layar: 6,9 inch, HDR 10, 511 ppi
  • Resolusi: Quad HD+
  • Panel: Dynamic AMOLED 2X
  • Refresh rate: 120 Hz
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/2.2) ultra wide 120 derajat, 108 MP (f/1.8), telephoto 48 MP (f/2.0), DepthVision
  • Fitur Kamera Belakang: Space Zoom, Hybrid Optic Zoom 10X, Super Resolution Zoom up to 100x, video 8K
  • Kamera Depan: 40 MP (f/2.2)
  • Prosesor: Exynos 990
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • MicroSD: Yes up to 1 TB
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Koneksi: 5G, 4G
  • Fitur: Fingerprint in display, IP68, Wireless PowerShare, Face Recognition
  • Dimensi: 166,9 x 76 x 8,8 mm
  • Bobot: 220 gram


Harga dan Ketersediaan


Galaxy S20 Rp 12,999 juta
Galaxy S20 Plus Rp 14,499 juta
Galaxy S20 Ultra Rp 18,499 juta

Di tanah air pre order trio Galaxy S20 dibuka pada tanggal 12 Februari mulai jam 12.00 WIB dan Samsung menjadwalkan pick up awal Maret 2020. Pelanggan yang memesan dalam masa pre order bakal mendapatkan earbuds nirkabel anyar, Galaxy Buds+, seharga Rp 2,3 juta. Kemudian cashback dan program cicilan dari bank yang bekerja sama.


semoga bermanfaat 😁😁😁

Monday, February 10, 2020

Keunggulan Mercedes Benz 1836 RS dari Scania K360 iB

Celoteh Kata Gua



Mercedes-Benz (Mercy) merupakan produk asal Jerman yang sedang populer banyak Perusahaan Otobus di Indonesia. Bahkan ada beberapa PO yang memang secara khusus hanya menggunakan sasis Mercedes-Benz untuk armadanya. Salah satunya PO Lorena & Karina.

Semenjak adanya tol transjawa dan tol sumatera banyak PO yang meremajakan sasisnya menggunakan Mercy. Saat ini Mercy memiliki sasis yang cukup populer dan cocok digunakan untuk bus AKAP maupun bus pariwisata, seperti MB OH 1526, 1626 dan MB O500 RS 1836. Ada juga sasis premium yakni O500R  2542 RF (tronton). 

Tapi kali ini gua pengen membahas chassis Mercedes Benz RS 1836 yang merupakan produk yang mendapat update dari Mercy Indonesia. Sebelum Mecy 1836 sudah ada, namun teknologi yang digunakan masih 'jadul'. Namun pada tahun 2019 Mercy Indonesia meluncurkan chassis 1836 terbaru dengan kode RS 1836. Apa yang beda? sudah tentu teknologi di dalamnya yang hampir semua komponennya menggunakan elektrik. 

Chassis 1836 RS ini merupakan jenis big bus Mercy bermesin belakang dengan kode OH (Omni Hitten) yang memiliki tenaga maksimum sebesar 360 HP pada torsi puncak 1.600 Nm. Selain itu bus ini mampu membawa beban hingga 18 Ton.

Namun apa saja sih keunggulan dari sasis MB O500 RS 1836?
MB O500 RS 1836 merupakan seri penyempurnaan dari seri OH 1836 versi sebelumnya, hal ini terjadi karena banyak terjadi keluhan terhadap sasis versi lama.

Sasis bus ini merupakan tipe premium dengan rangka space frame yang memudahkan karoseri dalam merancang panjang bodi kabin.

Untuk fitur O 500 RS 1836 ada banyak fitur keselamatan yang sudah tertanam sebelumnya di O 500 R 1836. Ada fitur standar keselamatan Mercedes-Benz seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EDB) yang dilengkapi dengan Acceleration Skid Control (ASR) serta dikontrol oleh Electronic Braking System (EBS).

Pengereman kempat titik roda mengandalkan Rem Cakram yang juga dibantu oleh Retarder dalam menghentikan laju kendaraan. Semua kinerja mesin dipantau lewat Electronic Control Unit (ECU). Mesin Mercedes-Benz OM 457 LA dengan standar emisi Euro III bertenaga 360 HP masih tetap jadi andalan.

Untuk kenyamanan, rangkaian suspensi per roda pada sasis yang diimpor dari Brazil ini bersifat rigid alias terhubung dengan axle (sumbu roda). Selain itu, O500 RS 1836 juga sudah disematkan peredam getaran mesin dan pendingin radiator dengan sistem tali kipas, bukan propeller seperti versi O500 R-1836.


Lebih lengkapnya, beriku spesifikasi  Mercedes-Benz O500 RS 1836:

MESIN & TRANSMISI
Mesin Mercedes-Benz: OM 457 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Injeksi Langsung dengan Turbo charger dan Intercooler.
Diameter/Langkah : 128/155 mm
Total Isi Silinder : 11.967 cc
Daya Maks : 260 kW (349 hp) @ 2000 rpm
Torsi Maks : 1.600 Nm @ 1100 rpm
Transmisi : MB GO 210-6 Transmisi 6
Kecepatan maju Dilengkapi dengan Primary Retarder
Perbandingan Gigi : 6.528/3.711/2.231/1.443/1.000/0.799 R = 6.136
Kecepatan Maks : 120km/jam
Daya Tanjak : 48%

GANDAR
Depan (1st Axle) : MB VO 4/40 DCL-7.1
Kapasitas (1st Axle) : 7.000 kg
Belakang (2nd Axle) : HO 4 / 08 DCL-11.5
Perbandingan gigi : I = 3.333
Kapasitas (2nd Axle) : 11.000 kg
GVW 18.000 kg



SUSPENSI
Depan : Suspensi Udara dengan 2 Balon udara 4 Peredam kejut dengan double acting, stabiliser
Belakang : Suspensi Udara dengan 4 balon udara 4 Peredam kejut dengan double acting, stabiliser
REM & KEMUDI
Rem Utama : Disc Brake, dua jalur udara tekan penuh
Rem Parkir : Pegas, kendali udara tekan penuh pada gandar belakang
Retarder : Voith 115, digerakkan secara elektro-hidrolik melalui lever pada steering dengan 5 step
Tambahan Keselamatan : ABS (Anti-lock Braking System) ASR (Acceleration Skid System)
Kemudi : Power Steering : ZF 8098 + Cruise Control

BAN & VELG
Ban & Pelek : 295/80 R 22.5 & 8.25 x 22.5

KELISTRIKAN & TANGKI
Sistem : 24 Volt
Altenator : 28 V/140 A (terpasang) + 28 V/140 A (toolbox)
Baterai : 2 x 12 V / 200 Ah
Kapasitas Tangki : 300 Liter

UKURAN UTAMA
Jarak Sumbu Roda (mm) : 3.000 (pabrik) /6.300 (Karoseri)
Julur Depan (mm) : 2.570
Julur Belakang (mm) : 3.350
Panjang Total (mm) : 8.920 (Pabrik) /12.220 (Karoseri)
Lebar Total (mm) : 2.458
Jarak pijak roda depan (mm) : 2.036
Jarak pijak roda Belakang (mm) : 1.798
Bicara harga, untuk model ini dibandrol dengan kisaran harga Rp. 1.380.000.000 Off The Road dan untuk harga On The Roadnya Rp. 1.435.000.000.




semoga bermanfaat
😁😁

Wednesday, February 5, 2020

Penerus Poco F1 Turun Kasta?

Tekno

Poco pertama kali menggebrak pasar ponsel global dengan Poco F1 pada Agustus 2018. Kini mereka meluncurkan ponsel keduanya yang dinamakan Poco X2.

Poco X2 sebenarnya bukanlah penerus langsung dari Poco F1. Ponsel ini sebenarnya merupakan versi rebranding dari Redmi K30 yang saat ini hanya tersedia di China.

Seperti dilansir dari GSM Arena, Selasa (4/2/2020) Poco X2 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 730G dan hadir dengan tiga konfigurasi memori. Pilihan konfigurasi yang bisa dipilih adalah 6GB/64GB, 6GB/128GB dan 8GB/256GB.

Layarnya menggunakan panel LCD berukuran 6,67 inch dengan refresh rate 120Hz yang mendukung HDR10. Resolusi layarnya 1080x2400 pixel (Full HD+) dengan rasio 20:9 yang sedikit memanjang.

Poco X2 adalah ponsel pertama di India yang menggunakan sensor Sony IMX686 64MP sebagai sensor utama di kamera belakang. Kamera ini juga ditemani oleh kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP dan depth sensor 2MP.
Ada juga dua kamera depan yang ditempatkan di sisi kanan atas layar menggunakan desain punch-hole berbentuk pil. Dua kamera depan ini terdiri dari kamera utama 20MP dan depth sensor 2MP.

Untuk keamanan ponsel, Poco X2 dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian samping kanan ponsel. Baterainya berkapasitas 4.500 mAh yang dilengkapi dengan pengisian cepat 27W lewat port USB-C.

Selain itu, Poco X2 juga mengusung fitur-fitur seperti Gorilla Glass di bagian depan dan belakang, lapisan P2i yang anti air, headphone jack 3,5mm dan teknologi liquid cooling yang diklaim Poco bisa menghilangkan panas 300% lebih cepat pada saat pemakaian.

Poco X2 hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Atlantis Blue, Matrix Purple dan Phoenix Red. Ponsel ini akan mulai dijual di India pada 11 Februari mendatang.
Berikut harga tiga varian Poco X2 yang ditawarkan di India:

- 6GB/64GB: 15.999 Rupee (Rp 3 juta)
- 6GB/128GB: 16.999 Rupee (Rp 3,3 juta)
- 8GB/256GB: 19.999 Rupee (Rp 3,9 juta)






sumber : detikinet

Sunday, January 26, 2020

Mengenal Saingan Berat Hino AK8 Mesin Depan

BisMania

Mercedes Benz OF 1623 RF Saingan Hino AK8


Mercedes-Benz kembali bertempur disegmen bus bermesin depan di tanah air dengan memperkenalkan chassis berkode OF 1623 RF. Karena saat ini Mercedes-Benz baru memasarkan bus bermesin depan tipe lebih kecil, yakni ukuran Midi OF 917 yang berkapasitas hingga 40 penumpang.

Chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 ini merupakan bus bermesin depan dengan gross vehicle weight 16 ton. Tenaga 230 horse power-nya ini dihasilkan dari mesin diesel 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3 yang ditempatkan di bagian depan.

Bus Mercedes-Benz OF 1623 merupakan tipe bus besar yang didesain untuk transportasi kota. Untuk kenyamanan penumpang, bus ini menggunakan suspensi per daun (leaf spring) tipe parabolic yang dilengkapi dengan stabilizer.

Mercedes-Benz OF 1623 RF ini ditenagai dengan mesin diesel berkode OM 906 LA berkapasitas 6.374 cc, berstandar Euro 3 dan dilengkapi dengan Turbocharger dan Intercooler. Tenaga maksimal yang dapat dikeluarkan OF 1623 RF ini sebesar 170 KW atau setara dengan 235 hp pada 2.200 rpm dan torsi maksimal sebesar 810 Nm di 1.200 sampai 1.600 rpm, tenaga tersebut terhubung dengan transmisi 6 percepatan manual berkode MB G 85-6.

Terdapat tiga sistem pengereman pada bus ini, yaitu rem utama bus ini menggunakan rem tromol dua jalur udara tekanan penuh, rem parkir pegas kendali udara tekan pada gandar belakang, rem mesin gas buang kendali udara tekan dan kemudi dilengkapi dengan Power Steering.

Panjang total sasis ini adalah 11.650 mm dengan lebar total 2.480 mm dengan julur depan 2.550 mm, julur belakang 3.150 mm, jarak sumbu roda 5.950 mm, jarak pijak roda depan 2.070 mm, jarak pijak roda belakang 1.870 mm dan berat GVW (Gross Vehicle weight) sebesar 16.000 kg. Suspensi pada bus ini menggunakan Pegas Parabolic dengan Peredam Kejut Double Acting dan Stabilizer di keempat rodanya. Kelistrikan bus ini 24 volt, alternator 28 Volt / 100 A, baterai 2x200Ah 12 Volt dan berkapasitas tangki sebesar 380 liter.


Dengan melihat spesifikasi tersebut, sepertinya sasis OF 1623 RF ini merupakan pesaing yang harus diwaspadai oleh Hino terlebih dengan tenaga yang dimiliki OF 1623 RF ini sebesar 235 hp sedangkan Hino AK8 sebesar hampir 215 hp. Dari fitur keselamatan dan kenyamanan sepertinya Mercedes-Benz juga akan mengungguli Hino terlebih sasis OF 1623 RF ini sudah dirancang untuk Biodiesel B20. Harga jual sasis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF ini 649 juta rupiah Off The Road.

Melihat harga jual Mercedes-Benz OF 1623 RF yang dibanderol 649 juta rupiah Off The Road sepertinya cukup mahal apabila dibanding Hino yang hanya dijual di kisaran 480 juta rupiah, bahkan harga sasis OF 1623 ini  setara dengan sasis bus bermesin belakang buatan Hino yang memiliki tenaga lebih besar dibanding OF1623 RF tersebut.

Mercedes-Benz OF 1623 RF sudah berstandar Euro 3 sedangkan Hino AK8 215 masih berstandar Euro 2. Namun dibalik standar Euro yang berbeda tersebut sepertinya Hino AK8 jauh lebih cocok dengan kualitas bahan bakar solar yang ada di Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan di masa depan chassis tersebut akan ditinggalan jaman mengingat saat ini teknologi bus semakin canggih yang memungkinkan para operator bus beralih menggunakan teknologi terdepan.

Tapi beberapa bulan terakhir ada salah satu perusahaan otobus (PO)yang memakai chassis Mercedes Benz OF 1623 RF ini untuk bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dengan kelas eksekutif yakni PO Haryanto. PO tersebut memakai chassis mesin depan itu untuk melayani trayek Jakarta – Madura PP. Bisa dibilang ini merupakan PO pertama yang memakai chassis OF 1623 RF untuk bus AKAP.


Namun pertimbangan tersebut kembali kepada perusahaan otobus, karena perihal sasis ini sepertinya beberapa perusahaan otobus telah memiliki kecintaan pada masing-masing produsen sasis bus di Indonesia dan Perusahaan Otobus lebih mengerti tentang  pangsa pasar dan medan yang dilalui.



semoga bermanfaat ya teman 😁😁😁


Saturday, January 25, 2020

[UPDATE] Buka Tutup Jalur Pendakian Gunung Indonesia

Info Pendaki Gunung


    Awal tahun banyak jalur pendakian gunung di indonesia ditutup sementara untuk pemulihan ekosistem sekaligus pemeliharaan jalur pendakian yang setiap tahun jumlah pendaki di tanah air terus meningkat. Rentang waktu penutupannya jalur pendakian di beberapa gunung ini pun beragam mulai dari 3 bulan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

 Penutupan jalur pendakian di beberapa gunung Indonesia ini pun beragam, mulai dari cuaca ekstrem, aktivitas vulkanik yang meningkat hingga pemulihan ekosistem.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa gunung yang jalur pendakiannya ditutup pada tahun 2020 ini, berikut 9 gunung terpopuler yang ditutup :

*UPDATE 17 JUNE 2022
No Provinsi Mountain Name Line Status Update Description
1 BANTEN PULOSARI CILENTUNG TUTUP
2 JAWA BARAT SALAK Cidahu TUTUP
3 Bumi Perkemahan Cidahu BUKA
4 TAMPOMAS BUKA
5 GEDE PANGRANGO Cibodas BUKA
6 Gunung Putri BUKA
7 Selabintana BUKA
8 Wisata Cibodas BUKA
9 PARANG Badega BUKA
10 PATUHA Wisata BUKA
11 MALABAR Pangelangan BUKA
12 PUNTANG Pendakian TUTUP
13 Wisata/Camp BUKA
14 GUNTUR Cikahuripan BUKA
15 Citiis BUKA
16 CIKURAY Pemancar BUKA
17
18 PAPANDAYAN Pendakian/Wisata BUKA
19 GALUNGGUNG Wisata/Camp BUKA
20 BURANGRANG Wisata/Camp BUKA
21 TANGKUBAN PERAHU Wisata BUKA
22 LEMBU Pendakian/Wisata BUKA
23 MANGLAYANG Pendakian/Wisata BUKA
24 BONGKOK Pendakian/Wisata TUTUP
25 CIREMAI Palutungan BUKA
26 Linggarjati BUKA
27 Linggasana BUKA
28 Apuy BUKA
29 JAWA TENGAH SLAMET Bambangan BUKA
30 Baturraden BUKA
31 Guci BUKA
32 PRAU Patak Banteng BUKA
33 Kalilembu (dieng wetan) BUKA
34 Dworowati (dieng kulon) BUKA
35 Wates BUKA
36 Igirmranak BUKA
37 SIKUNIR Pendakian/Wisata BUKA
38 BISMO Silandak BUKA
39 Pulosari BUKA
40 SINDORO Alang-Alang Sewu BUKA
41 Kledung BUKA
42 Sigedang BUKA
43 KEMBANG Blembem BUKA
44 Lengkong BUKA
45 SUMBING Banaran BUKA
46 Butuh BUKA
47 Garung BUKA
48 Mangli Kaliangkrik BUKA
49 Sipetung BUKA
50 UNGARAN Gedong Songo BUKA
51 Mawar BUKA
52 Perantunan BUKA
53 Promasan BUKA
54 Medini BUKA
55 TELOMOYO Arsal BUKA
56 Dalangan BUKA
57 Pandawa BUKA
58 Watu Tumpeng BUKA
59 ANDONG Dilem BUKA
60 Gogik BUKA
61 Kembangan Sekar Arum BUKA
62 Pendem BUKA
63 Sawit BUKA
64 Temukidul BUKA
65 MERBABU Cuntel TUTUP
66 Thekelan BUKA Prokes + Vaksin
67 Gancik BUKA
68 Selo BUKA
69 Suwanting BUKA Prokes + vaksin
70 Wekas BUKA
71 MERAPI New Selo TUTUP Status WASPADA
72 Sapuangin TUTUP Status WASPADA
73 LAWU Cemoro Sewu BUKA PPKM
74 Cemoro Kandang BUKA
75 Cetho BUKA
76 Jogorogo BUKA
77 Singolangu BUKA
78 Tambak BUKA
82 JAWA TIMUR
83 KELUD Pendakian/Wisata TUTUP
84 PANDERMAN Batu TUTUP
85 BUTHAK Sirah Kencong / Wukir TUTUP
86 Princi Dau BUKA
87 PENANGGUNGAN Tamiajeng Trawas BUKA
88 Kedungudi Trawras BUKA
89 Kesiman Prigen BUKA
90 Jolotundo BUKA
91 Kunjorowesi BUKA
92 ARJUNO WELIRANG Tretes Prigen BUKA
93 Lawang BUKA
94 Purwosari / Tambakwatu BUKA
95 Sumbul BUKA
96 Sumber Brantas, Cangar (Batu) BUKA
97 Clakat Pacet (Puthuk Siwur) BUKA
98 BROMO Wisata BUKA Buka hanya pintu Wonokitri - Pasuruan & Pintu Cemoro Lawang - Porbolinggo
99 BATOK Pendakian/Wisata BUKA
100 SEMERU Ranu Pane TUTUP erupsi Des 2021
101 ARGOPURO Baderan BUKA
102 Bermi BUKA
103 PIRAMID Pendakian BUKA
104 IJEN Paltuding BUKA
105 RAUNG Kalibaru BUKA
106 Sumber Wringin BUKA
107 BALURAN Wisata BUKA
108 ANJASMORO Pendakian/Wisata BUKA
109 SUMATERA
110 LEUSER BUKA
111 SINGGALANG BUKA
112 MARAPI BUKA
113 DEMPO BUKA
114 KERINCI BUKA
115 DANAU TUJUH BUKA
116 ANAK KRAKATAU TUTUP
117 KALIMANTAN BUKIT RAYA BUKA
118 BALI CATUR BUKA
119 BATUR BUKA
120 AGUNG BUKA
121 NTB RINJANI Sembalun, Torean BUKA
122 PERGASINGAN BUKA
123 NTT TAMBORA BUKA
124 KELIMUTU BUKA
125 MALUKU BINAIYA BUKA
126 GAMALAMA BUKA
127 BAWAKARAENG TUTUP
128 SULAWESI LATIMOJONG BUKA
129 PAPUA CARTENZ PYRAMID / JAYA WIJAYA TUTUP
==================================


Salam Lestari..


Wednesday, January 22, 2020

Bumi Tenggelam dalam Lautan Sampah Plastik

Celoteh Kata Gua
Sampah plastik sudah menjadi bencana bagi lautan yang luas, tidak semua negara mampu menampung, mengurai dan mendaur ulang sampah-sampah tersebut. Yang terjadi saat ini banyak negara berkembang yang menjadi 'penyuplai' sampah plastik di lautan, salah satunya tentu saja negara kita tercinta ini Indonesia. Tapi seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan masalah polusi plastik, banyak negara di dunia mulai menerapkan larangan akan produk-produk tertentu. Larangan tersebut tidak hanya dapat membantu mencegah masuknya plastik ke ekosistem laut, namun juga menjadi jawaban atas mitos bahwa kita bisa lari dari masalah tersebut.

Dari 8,3 miliar ton plastik yang di produksi antara tahun 1950 dan 2015, hanya sembilan persen dari jumlah tersebut yang berhasil didaur ulang. Kebanyakan produk plastik yang diproduksi sebenarnya tidak bisa didaur ulang.

DW mengkaji beberapa larangan-larangan baru yang bisa menanggulangi masalah polusi plastik.

Uni Eropa: Plastik sekali pakai

Merujuk kepada hasil suara di parlemen Eropa bulan Maret lalu, peralatan makan, gelas, piring plastik dan korek kuping masuk ke dalam kategori produk-produk plastik sekali pakai yang dilarang. Larangan tersebut dilandasi oleh peraturan Uni Eropa mengenai plastik sekali pakai dan memiliki tujuan untuk mengatasi masalah limbah laut yang disebabkan oleh sepuluh produk plastik yang sering ditemukan di pantai-pantai Eropa. Implementasi larangan ini akan dimulai pada tahun 2021.

Berdasarkan data World Wide Fund for Nature (WWF) ada 570,000 ton sampah plastik yang mendarat di Laut Tengah setiap tahun. Hal tersebut juga setara dengan membuang 33.800 botol plastik ke dalam laut setiap menitnya.

Larangan akan plastik sekali pakai adalah bagian dari strategi Uni Eropa perihal plastik yang akan mematikan bahwa semua kemasan plastik dapat digunakan kembali atau didaur ulang pada tahun 2030. Meski larangan tersebut tidak mencakup kantong dan botol plastik, Uni Eropa mengatakan bahwa mereka akan mengatasi isu seputar botol plastik secara terpisah dan bermaksud untuk mengumpulkan dan mendaur ulang 90% botol plastik selama sepuluh tahun kedepan.

Vanatu: Larangan popok pertama di dunia

Vanuatu, sebuah negara pulau Pasifik sudah mulai merasakan dampak dari krisis iklim yang disebabkan oleh naiknya air laut. Selain itu, mereka juga merasa terbebani dengan masalah limbah plastik. Pada bulan Juli 2018 Vanuatu telah menerapkan larangan keras terhadap kantong plastik, sedotan, dan kemasan polyestrene. Tahun ini mereka memperluas cakupan larangan tersebut, yakni termasuk piring plastik, gelas, stirrer dan kemasan makanan. Negara kepulauan ini juga sekarang menerapkan larangan atas popok, yang boleh jadi belum pernah diterapkan dimana-mana.

Popok sekali pakai terbuat dari kombinasi plastik dan bubur kayu yang kemudian dapat bertahan di tempat pembuangan akhir selama beberapa ratus tahun. "Vanuatu menjaga masa depannya. Cepat atau lambat plastik akan berujung di perairan dan berakhir juga di rantai makanan," ujar Mike Mauvakalo, anggota Departemen Luar Negeri setelah pengumuman mengenai larangan tersebut dikemukakan di bulan Juni. Mengingat bahwa lahan pembuangan sampah berkurang, orang tua dipaksa untuk menggunakan popok kain yang bisa dicuci kembali, sebagaimana halnya di masa lalu.

Kanada: Botol, tas dan lain-lain

Perdana menteri Kanada, Justin Trudeau mengatakan bahwa keputusannya atas larangan penggunaan plastik sekali pakai bulan ini terinspirasi langsung oleh parlemen Uni Eropa. Larangan tersebut akan berlaku mulai tahun 2021 dan memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan larangan Uni Eropa, yaitu termasuk larangan atas kantong belanja dan botol air. Kanada menaksir bahwa konsumsi kantong plastik mereka mencapai 15 miliar per tahun dan 57 juta sedotan plastik setiap harinya, namun kurang dari sepuluh persen konsumsi plastik tersebut telah didaur ulang.

Trudeau menaruh fokus kepada limbah plastik yang terdapat di garis kepantaian Kanada, yang membentang sekitar 202.000 kilometer dan terpanjang di dunia. "Tidak mudah untuk menjelaskan hal ini kepada anak-anak saya. Bagaimana saya bisa menjelaskan tentang ikan paus di berbagai pantai di dunia yang mati karena perutnya dipenuhi oleh kantong plastik?" tutur Trudeau. Ia pun menambahkan bahwa plastik dapat ditemukan di titik terdalam Samudera Pasifik.

Bali: Bye bye plastic bags

Bye Bye Plastic Bags adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh kakak-beradik remaja Melati dan Isabel Wijsen pada tahun 2013 yang membantu dalam melobi pihak berwenang di Bali untuk mengeluarkan larangan terhadap pemakaian plastik sekali pakai bulan ini. Peraturan baru tersebut disambut oleh para pemuda pendukung gerakan bebas plastik lokal yang menyaksikan bagaimana pantai mereka yang indah tercemar oleh sampah plastik. Melati mendeskripsikan situasi tersebut sebagai "Surga yang hilang. Bali: Pulau yang dipenuhi sampah" dalam ceritanya pada acara acara TED Talk.

"Pasar swalayan dan rumah makan di Bali sudah mulai berubah dengan penggunaan kemasan tradisional." tutur Bye Bye Plastic Bags setelah larangan tersebut diimplementasikan. "Apakah kalian sudah melihat bungkus daun pisang yang sekarang digunakan?"

Peraturan tersebut akan diimplementasikan melalui pedesaan lokal dan hukum adat, serta membentuk Rencana Aksi Nasional Indonesia untuk menanggulangi limbah plastik maritim agar mengurangi plastik di lautan sampai 70% di tahun 2025.



Tanzania: Pengguna plastik didenda atau menjalani hukuman

Tanzania menjadi negara berikutnya di antara negara-negara Afrika setelah Kenya, Rwanda, Uganda, Sudan Selatan dan Tunisia, yang mengimplementasikan larangan penggunaan plastik sekali pakai dan menghukum pencemar individual. Larangan baru tersebut tergolong keras, seperti milik negara-negara tetangga lainnya, dimana para penjual dan produsen plastik bisa menghadapi hukuman sampai dua tahun penjara atau denda sebesar €357.000. Sedangkan orang-orang yang menggunakan plastik mendapatkan denda yang lebih ringan.

Upaya pengurangan penggunaan plastik yang tidak bisa diurai tidak hanya berlaku dalam tahap produksi, impor, perdagangan dan penggunaan segala bentuk plastik sekali pakai. Wisatawan juga diminta untuk menyerahkan kantong plastik serupa sebelum mereka memasuki negara yang terkenal dengan obyek wisatanya, gunung Kilimanjaro. "Kami senang," tutur direktur WWF Tanzania setelah larangan tersebut diterapkan. "Butuh waktu lebih dari 100 tahun agar sebuah plastik bisa terurai."

Pada tahun 2020 ibu kota tercinta ini akan menerbitkan peraturan tentang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Peraturan ini kemungkinan akan diterapkan pada bulan Maret mendatang, tapi premprov dki jakarta lebih difokuskan pada pedagang pasar dan supermarket. Tapi tidak menutup kemungkinan jika peraturan ini berhasil akan berkembang ke pedagang kaki lima. Dengan adanya peraturan tersebut akan mengurangi sampah plastik yang terbuang ke laut. Kita tunggu saja apakah peraturan ini bisa diterima oleh masyarakat atau tidak. 



Semoga bermanfaat 😁😁😁


sumber : detik.com

Saturday, January 4, 2020

Atap Tertinggi Jawa 3676 Mdpl Part 3

Celoteh Kata Gua



Cerita sebelumnya... [Part 2]


Tidak bisa tidur nyenyak, itu sudah pasti! Mungkin kegelisahan gua untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di gunung tertinggi di pulau Jawa dan perjalanan menuju puncaknya yang sangat berbahaya. Di saat mata masih tertutup gua mendengar suara para pendaki yang mulai mempersiapkan diri untuk summit. Tak disangka banyak pendaki yang mulai perjalanan menuju puncak mulai dari pukul 21.30 WIB GILA! Sampai segitukah otak para pendaki zaman ini untuk mencapai puncak semeru? Mereka seakan tidak peduli lagi dengan istirahat dan tidur yang cukup, jalur  menuju puncak semeru memang terkenal paling membuat mental para pendaki ‘KO’ trek berdebu dan berpasir adalah ciri khasnya. Ya tapi kan gak gitu juga menurut gua, lebih baik mendapatkan istirahat dan tidur  yang cukup untuk memulai pendakian ke puncak. Menurut bang ipran, dari kalimati ke puncak semeru normalnya memakan waktu sekitar 5-7 jam perjalanan, itu orang normal ya teman-teman… Hahahaa. Kalo diitung-itung kita bisa memulai perjalanan saat tengah malam dan sampai di puncak jam 5-7 pagi, Jadi buat apa kalian jalan jam 21.30? supaya sampai puncak dapat sunrise? Atau supaya bisa tidur di trek puncak semeru yang terkenal dengan tiupan angin malamnya?. Kalo menurut gua sih itu nyiksa diri di ketinggian 2000 mdpl, lebih baik gua istirahat dan tidur cukup supaya bisa langsung jos sampai puncak.

Kriiiinggg…alarm hape berbunyi beberapa teman gua langsung pada bangun untuk memasak atau sekedar memanaskan makanan yang sudah dipersiapkan sebelum tidur tadi. Pas gua liat jam, ternyata pukul 00.30 dengan mata melek setengah sadar gua berusaha bangun dari kantong nyaman yang menyelimuti sekujur tubuh. Gua tidak langsung bangun lalu keluar tenda, tapi berusaha untuk mengumpulkan nyawa dan menahan hawa dingin yang menusuk kulit. Huuuuuh, kalo kalian yang pernah camp di kalimati pasti tau cuaca disana dikala pagi hari, DINGIN CUUYY!! Kira-kira waktu itu suhunya mencapai 5 sampai -2 derajat celcius. Dari dalam tenda gua berusaha keluar dari sleeping bag dan bergerak keluar untuk mempersiapkan diri untuk aklimatisasi suhu di luar. Benar saja, pas gua keluar dari tenda langsung disambut dengan angin semeriwing dan langsung membuat gua bergerak kesana kemari untuk memanaskan tubuh, jika tidak sudah dipastikan gua masuk tenda lagi dan langsung berlindung ke dalam sleeping bag.

Dini hari itu kompor menjadi kutub magnet yang sangat kuat untuk menghangatkan badan. Sambil ‘geratak’ mencari makanan, teh dan kopi hangat yang sudah selesai dimasak oleh mbak nur Haha. Pagi itu gua dan bang ipran meracik sebuah kacang hijau dicampur dengan kuah kopi jahe ditambah serbuk purwaceng yang dikenal sebagai tumbuhan penguat tenaga di daerah wonosobo.

Pukul 01.30 WIB, setelah semua gua dan teman-teman mempersiapkan diri dengan perlengkapan standart pendakian ke puncak semeru, kami tidak lupa berdoa untuk keselamatan kita di perjalanan menuju puncak nanti, berdoa dimulai…
Sebelum berangkat bang ipran sebagai guide kami memberikan pengarahan. Dia bilang, “nanti jalannya jangan cepat-cepat dulu, langkahnya juga kecil-kecil aja untuk menyimpan tenaga saat trek menuju puncak, dan nanti jalannya jangan ada misah dari rombongan ya, mengerti semua?”
Dengan menahan rasa dingin gua dan teman-teman menjawab “mengerti…”
Perjalanan menuju puncak pun dimulai…
Di awal perjalanan langsung disambut dengan trek kerikil-kerikil kecil yang membuat mental gua hampir down. “kok baru jalan sebentar treknya udah begini, gimana di atas y nanti?” gua berucap dalam hati sambil berjalan perlahan dan mengatur pernapasan. Di tengah perjalanan ada beberapa pendaki yang naik dengan cepat dan melewati rombongan kami yang sedang beristirahat sebentar untuk menunggu rombongan yang tertinggal di belakang. Tidak jauh dari tempat gua berhenti, beberapa pendaki yang melewati kami tadi berhenti lalu minum, terlihat dari raut wajah mereka sangat lelah sekali. Tampaknya ini yang dibilang oleh bang ipran saat sebelum berangkat, dimana harus menghemat tenaga sampai dibatas vegetasi atau pos Arcopodo. Di tengah perjalanan bang ipran tiba-tiba menghilang dari pandangan rombongan kami yang mulai terpecah-pecah, gua yang berada di rombongan paling depan berhenti sejenak untuk menunggu para cewe yang berada paling belakang. Hampir sampai di Arcopodo angin bertiup sangat kencang sekali waktu itu, sampai-sampai ketika berhenti sebentar harus berlindung dibalik batang pohon Brrrr...

Ada kejadian aneh ketika kami terpisah dengan bang Ipran di tengah trek menuju Arcopodo. Ada seorang bapak-bapak yang lewat di depan gua dengan menggunakan sebuah sarung ditubuhnya dan berjalan cepat. Teman-teman rombongan gua saat itu sempat bertanya kepada bapak itu
“Apa Arcopodo masih jauh pak?”
“ooh lumayanlah sekitar 15 menit lagi sampai” kata bapak itu
“Makasi pak” jawab temanku
 Dia pun langsung lewat begitu saja, tapi dia berhenti beberapa meter di tempat gua menunggu teman-teman yang lain. Sesekali bapak itu melihat ke arah kami, nengok lagi melihat pemandangan kerlap kerlip lampu kota dibalik pohon. Bapak-bapak itu berdiri lama sebelum kami berangkat kembali setelah rombongan yang di belakang tiba. Tapi bapak pemakai sarung itu lantas tidak langsung meninggalkan kami begitu saja, dia terlihat berjalan sangat pelan mengikuti langkah gua dan rombongan. Gua sempat melihatnya lagi menengok ke belakang untuk mengecek rombongan kami, dan dapat gua pastikan lagi bahwa itu BUKAN bang Ipran!. Bapak itu selalu berada di depan rombongan kami sampai hampir tiba di Arcopodo. Ya hampir sampai Arcopodo! Bapak-bapak bersarung itu tiba-tiba langsung menghilang di depan mata gua. Setelah sampai Arcopodo pun gua sempat mencari-cari bapak tersebut tapi tidak ada, malah gua bertemu dengan bang Ipran yang sudah menunggu lama di Arcopodo dengan memakai sarung di badannya.

NAIK 3 LANGKAH TURUN 2 LANGKAH 

Perjalanan yang sebenarnya dari gunung semeru disinilah tempatnya, tanjakan pasir yang terkenal itu. Di dalam gelapnya malam pasir semeru tidak terlihat sangat berbahaya karena jarak pandang para pendaki yang terbatas seterang lampu headlamp yang kami pakai. Tapi sudut kemiringan menuju puncak mahameru sudah terlihat jelas dari cahaya lampu senter para pendaki yang sudah berjalan duluan namun belum terlihat ada yang sudah sampai puncaknya. Melihat jalur pendakian seperti itu membuat gua hanya bisa berkata “gila tinggi amat” dan langsung bang Ipran memberi perintah untuk melanjutkan perjalan.

Pada pijakan pertama di jalur berpasir semeru disitulah gua merasakan perjuangan menuju puncak mahameru tidak akan mudah. Pijakan pertama sepatu gua yang masuk ke dalam pasir sudah menutupi sebagian tempurung kaki, ketika kaki yang satunya melangkah kaki yang menjadi pijakan langsung masuk ke dalam pasir dan membuat gua harus mengangkat kaki dengan ekstra tenaga. Hmmm tidak cuma begitu saja setiap kita berjalan, kaki yang menjadi penahan akan merosot mengikuti alur pasirnya. Di saat itu gua menyadari bahwa ini yang disebut naik 3 Langkah Turun 2 Langkah!.

Awal jalur dari Arcopodo ini memang pasirnya sangat dalam sekali karena dibawa oleh para pendaki saat mereka turun dari puncak. Awal perjalanan menuju puncak ini memang yang terasa sangat berat, karena kalian akan mengeluarkan energi yang banyak untuk berjalan di atas pasir yang dalam. Saran gua adalah jika ingin menuju ke puncak semeru pakailah geiters untuk melindungi kaki atau sepatu kalian dari pasir. Karena dengan memakai gieters meminimalisr masuknya pasir ke dalam sepatu maupun kaki kalian.

Jalur berpasir di semeru hampir sampai puncak, namun jika di pertengahan menuju puncak ada jalur yang permukaannya keras, biasanya ada di kiri atau kanan jalur. Namun kalian harus berhati-hati karena sudut kemiringan di semeru lumayan curam sekitar 40-60 derajat dan kiri/kanannya langsung jurang.

Ok lanjut, baru seperempat perjalanan teman-teman gua sudah tertinggal jauh. Gua juga beberapa kali berhenti untuk mengambil napas yang sudah lelah berjalan di atas pasir dalam ini sambil meminum air yang gua batasi penggunaanya. Oiya gua pada saat itu paling duluan bersama dengan bocah SMP, tapi di tengah perjalanan dia gua tinggal karena dia kehabisan air dan menunggu kakaknya yang membawa air minum banyak.

Saat itu angin malam yang berhembus sangat kencang, banyak pendaki yang berhenti di tengah jalur, bahkan ada yang tertidur pulas di atas jalur berpasir. Disini gua melihat efek yang ditimbulkan jika kita tidak istirahat dengan cukup saat di kalimati yaitu rasa kantuk yang amat  sangat. Pas gua lagi istirahat di tengah jalur, gua melihat ke bawah untuk mencari teman-teman yang lain yang berada di bawah, ternyata masih ada beberapa teman yang berjuang untuk naik ke atas. Namun ada sesosok pendaki yang gua lihat dia berjalan pelan di atas pasir dengan santai dan menuju tepat di depan gua yang sedang istirahat. Ternyata pendaki tersebut adalah bang Ipran!.

TRIK MELEWATI JALUR BERPASIR DI SEMERU

Ketika bang Ipran tiba di tempat gua beristirahat dia berhenti mengambil air minum yang ada di dalam tasnya. Tidak lama kemudian dia langsung naik lagi sambil ngomong ke gua “Hayo lanjut tinggal dikit lagi, paling sampe puncak jam 5 ini”. Ehh buseet enak banget dia ngomong gitu berasa ga capek kakinya. Tapi gua langsung mengikuti bang Ipran dari belakang dan berusaha mengikuti gerakan langkahnya berjalan di atas pasir. Tapi lama kelamaan kok gua makin jauhnya? Berkata dalam hati, padahal dia jalannya biasa aja ga cepat-cepat banget. Ketika api semangat meredup gua melihat caranya berjalan dan melangkah di atas pasir yang membuat dirinya saat menanjak, kaki yang menjadi pijakan tidak turun lagi. Disitulah kuncinya kenapa dia berjalan pelan tapi pasti, beda dengan gua berjalan pelan tapi kecapean. Gua meliihat caranya itu.

“Kaki bagian belakang menjadi tumpuan atau ‘pacul’ untuk masuk ke dalam pasir diikuti dengan berjalan ke arah depan, nanti telapak kaki bagian depan akan menjadi tumpuan untuk mendapatkan pijakan. Jadi kaki bagian depan tidak akan masuk terlalu dalam ke pasir dan pasir yang dipijak juga tidak akan turun terlalu banyak. Cara seperti itu juga diikuti dengan kaki satunya, jadi akan terasa efeknya dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.”

Melihat cara melangkahnya seperti itu gua langsung mengikutinya dan tidak lama gua langsung merakasan efeknya. Jalan gua pelan tapi berasa naiknya, dari pada cara berjalan konvensional yang menghabiskan banyak tenaga untuk naik satu langkah saja. Teknik tersebut gw lakuin terus sampai di dekat puncak, tapi kadang-kadang gua juga pakai teknik konvensional di beberapa trek Hehe.

Ketika matahari sudah mulai terbit yang berarti sunrise point, saat itu gua sudah seperempat lagi sampai di puncak mahameru, tapi mau dikejar sampai puncak pun tidak akan sampai melihat tenaga gua yang masih tersisa, untuk naik selangkah saja perlu beberapa detik untuk mengumpulkan tenaga. Sunrise kala itu gua nikmati dengan duduk dikemiringan 60 derajat sambil memakan coco croucnh yang dalam bentuk seperti beng-beng. Munculnya sinar mentari di atas trek menuju mahameru menjadi momen yang harus diabadikan dengan kamera dari hp meskipun tidak begitu bagus hasilnya 😊. Sinar matahari membuat seluruh tubuh ini mendapatkan energi baru untuk terus melangkah ke atas yang bentuknya sudah kelihatan, Dengan gaya merangkak gua terus melangkah untuk mencapai puncak semeru.

Jam 08.00

Akhirnya gua sampai juga di puncak para dewa atap tertinggi jawa yaitu Puncak Mahameru. Setelah sampai gua duduk terdiam sebentar sambil melihat alam jawa timur yang mempersona. Hijau dan biru pemandangan yang ada di depan mata ini tidak lupa suara dentuman dan letupan kawah semeru yang memberikan ciri khasnya jika sampai di puncak tertinggi ini. Bersyukur mungkin kata yang tepat ketika gua sampai di atap tertinggi jawa sambil mengeluarkan air yang sudah tidak tertampung di mata ini.

Setelah termenung melihat keindahannya, gua langsung mencari bang ipran yang sudah sampai duluan di puncak untuk meminta air. Tapi, setelah gua berkeliling puncak dan melihat beberapa pendaki lain, ternyata bang ipran tidak ada!. Gua mulai panik ketika tau tidak ada bang ipran di atas puncak, yang ada di dalam pikiran gua pada saat itu adalah menunggu teman-teman yang lain di trek masuk menuju puncak.

Dan benar, tidak lama kemudian muncul mas adjie yang menjadi sweeper rombongan kami pada saat itu. Gua langsung senang sekali akhirnya ada rombongan gua yang sampai puncak dan begitu pun rasa panik yang perlahan menghilang. Ehh tapi kenapa cuma mas adjie? Kn dia sweeper dirombongan kami. Ternyata yang lain sudah berada tidak jauh dari puncak dan tugas sweeper sudah diserahkan ke bang ipran.

Loh kok bang ipran di belakang? Bukannya tadi di depan y?. Pas gua tanya mas adjie, ternyata bang ipran tadi pagi  sudah sampai di puncak terlebih dahulu sekitar jam 05.00, tapi beliau turun kembali untuk menjemput teman-teman yang tertinggal di belakang. LUAR BIASA… dia udah turun terus naik kembali untuk membantu teman-teman yang tertinggal di belakang, Dasar ROBOT! 😊. Sekitar jam 09.15, teman-teman yang lain mulai sampai di puncak, ucapan selamat pun tidak lupa gua berikan ke teman-teman yang lain. Terlihat sekali wajah lelah mereka ketika sampai di puncak mahameru, tidak lama kemudian wajah lelah itu berubah menjadi wajah kegembiraan yang tidak lagi sanggup menahan rasa senang di atap tertinggi jawa. Tetapi tidak semua rombongan kami sampai ke puncak hanya beberapa orang saja dan ternyata topik jg tidak sampai ke puncak dia memilih balik arah kembali ke kalimati.

Di atas semeru gua, mas adjie dan bang ipran memasak air untuk menyeduh kopi dan memasak beberapa perbekalan yang kami bawa dari kalimati. Teman-teman yang lain masih sibuk berfoto-foto ria mengabadikan momen di puncak para dewa. Dentuman dari kawah jonggring saloko beberapa kali mengagetkan gua karena menyemburkan asap yang membumbung tinggi dan jarak antar gua dan kawahnya tidak lebih dari 2 km kalau tidak salah karena di dekat kami terdapat alat pemantau kegempaan di puncak semeru.

Jam 10.00

Setelah menyantap beberapa perbekalan dan foto bersama di atas puncak, kami memutuskan untuk kembali turun. Udara panas yang menyengat menemani perjalanan turun kami ke basecamp kalimati begitu berat, yang terberat tentu saja menahan rasa haus yang tak tertahankan. Kenapa ga minum? Persediaan air gua sudah habis di perjalan naik tadi.

Saran: jika ingin ke puncak semeru pastikan persediaan air kalian terpenuhi baik naik maupun turun ya.

Di beberapa trek perjalanan turun masih ada beberapa pendaki yang mencoba naik untuk sampai ke puncak semeru, bahkan ada beberapa pendaki yang tertidur di trek puncak mahameru! Wah BAHAYA! bisa-bisa tertimpa bebetuan yang jatuh dari atas. Gua dan teman turun gua berusaha untuk bertanya kepada pendaki tersebut apakah di sedang menunggu temannya dari atas puncak atau memang sedang istirahat. Dan ternyata pendaki tengah tertidur lelap di atas pasir puncak semeru. Gua memutuskan untuk meninggalkan pendaki tersebut untuk terus melanjutkan perjalanan turun.

Sedikit lagi sampai di Arcopodo di depan trek turun gua terdapat trek yang terkenal di kalangan para guide semeru yakni trek Blank 75. Trek ini sering menjadi menyesatkan para pendaki yang turun dari puncak mahameru, karna berupa trek berpasir dalam yang menuntun kita ke trek yang berbeda dari kita naik dan sering kali banyak pendaki yang tersesat berhari-hari bahkan tidak sedikit berujung kepada kematian.

Hampir sampai di kalimati ada kejadian horror yang menimpa gua. Berniat hanya ingin mendahului rombongan di depan tapi perasaan gua tiba-tiba aneh. Iseng gua bertanya kepada rombongan tersebut ada masalah apa, karna mereka menghalai trek turun para pendaki. Mereka pun menjelaskan kepada gua ternyata teman cewe mereka gelagatnya terlihat aneh, tubuhnya lemas dan hampir hilang kesadaran. Pas gua lihat cewe itu dia langsung melotot cuy! dan ketika gua turun melewati cewe itu, tiba-tiba cewe itu beranjak dari tempatnya lalu berusaha mengejar gua tapi teman-temannya dengan cepat menahan cewe itu. Melihat kejadian itu gua langsung mengeluarkan jurus seribu langkah untuk meninggalkan rombongan itu. Jujur gua takut terjadi apa-apa ketika melihat gelagat cewe serem cuy.

Jam 12.00

Sampai juga gua di kalimati bertemu dengan teman-teman yang sudah menunggu. Gua langsung mengambil air untuk menahan dehidrasi yang sudah akut ini dan mengambil beberapa cemilan untuk mengganjal rasa lapar. Di basecamp tenda kalimati gua menyempatkan diri untuk rebahan dan memejamkan mata sebentar untuk memberikan hadiah mata ini untuk istirahat sejenak. Sekitar 15 menit beristirahat gua dibangunin untuk menyantap makan siang yang sudah dibuat oleh mbak nur. Tanpa pikir panjang gua langsung mengambil nasi dan lauk yang telah disediakan, tapi entah kenapa gua tidak begitu napsu untuk makan. Pas dipikir lagi, gua harus makan! Meskipun hanya sedikit untuk mendapatkan tenaga balik ke ranu kumbolo.

Habis makan siang, kami langsung berkemas kembali untuk balik camp di ranu kumbolo. GILA.. baru juga turun dari puncak semeru langsung disuruh berkemas kembali dan jalan lagi kurang lebih 5 km ke ranu kumbolo. Benar-benar fisik gua dikuras habis di gunung ini bahkan beberapa kali gua harus berhenti untuk beristirahat karna tenaga gua sudah habis terkuras saat turun dari puncak tadi.

Jam 16.30

Tiba juga gua di ranu kumbolo, dengan suasana sore harinya seperti sebuah misteri, berkabut, gersang dan udara dingin yang menusuk tulang. Sesampainya di ranu kumbolo kami langsung mendirikan tenda untuk menyiapkan makan malam. Disini gua langsung tepar di dalam tenda karna rasa kantuk yang sudah tak tertahankan dan badan sudah berasa tidak lagi fit. Sekitar jm 19.00 gw dibangunin untuk makan malam tapi napsu untuk makan malam rasanya sudah tidak lagi ada yang ada hanya rasa haus dan ngantuk. Meski begitu gua sadar klo gw ga makan kesehatan gua akan lebih menurun lagi dengan rasa dipaksakan akhirnya gua makan dengan sayur dan lauk yang disajikan. Walaupun gua pada malam itu makan tidak banyak, gua rasa cukup untuk mengganjal perut sampai besok pagi. Setelah makan malam gua kembali ke dalam sleeping bag untuk melanjutkan tidur yang tertunda.

AYAK AYAK

Pagi pun tiba, suara alarm handphone teman setenda berdering sangat kencang menyambut sunsire ranu kumbolo. Namun sayang pagi itu sinar mentari yang terbit dari timur tertutup awan mendung menahan cantiknya danau hidup dipagi hari. Walau begitu tidak menghapus kecantikan alam yang ada di bawah bukit cinta ini. Refleski cahaya dari air danau menjadi potret indah untuk wallpaper handphone disambut dengan sinar mentari yang terus meninggi. Kecantikan ranu kumbolo memang membuat para penikmatnya ingin kembali dan terus kembali. Pagi itu juga terasa special banget karena flysheet dan rerumputan di sekitar kita berubah menjadi warna putih. SALJU? Bukan ini hanya embun pagi yang sudah berubah menjadi lapisan es. Kebayangkan gimana dinginnya pagi di ranu kumbolo suhu saat itu mungkin mendekati 0 derajat.

Jam 07.30

Sarapan pagi ini yang tersisa dari logistic rombongan kami hanya mie dan beberapa biskuit untuk perjalanan pulang nanti. Eits sudah pasti ada kopi yang selalu setiap perjalanan yang panjang ini. Kopi mungkin menjadi logistic yang wajib ada untuk setiap perjalanan panjang, karena kopi menjadikan rasa lelah dan keheningan menjadi senyuman 😊. Setelah sarapan dan berfoto-foto gua mulai packing barang-barang dan ternyata barang yang gua bawa pada saat berangkat dan pulang beratnya hampir sama bahkan mungkin lebih berat, karna gua membawa tenda yang masih basah karna embun.

Kemudian setelah semuanya selesai packing barang-barang masing-masing kami siap untuk kembali ke ranu pani. Ehh tiba-tiba bang ipran selaku guide kami memberitahu kalau kita kembali ke ranu pani tidak melewati jalur seperti berangkat, melainkan lewat jalur para masyarakat setempat yakni jalur ayak-ayak. Pemandangan di jalur ini memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya, berjalan dipinggir antara perbukitan di tengah savana yang hijau serta luas membuat mata ini takjub akan keindahannya. Dibalik keindahan itu jalur ini menyimpan misteri yang membuat gua geleng-geleng kepala. Di ujung savana indah ini kami dihadapkan dengan trek menanjak lagi. Berbeda dengan jalur utama trek menanjaknya hanya saat naik dari ranu kumbolo dan itu treknya lumayan landai. Tapi di jalur ayak-ayak ini kita harus menanjak melewati satu bukit dengan kemiringan 60-80 derajat. Jalur ini membuat gua beberapa kali harus berhenti untuk istirahat mengumpulkan tenaga untuk melangkah disetiap tanjakannya. Fisik gua sepertinya masih kelelahan akibat turun dari puncak dihari sebelumnya dan kurangnya sarapan tadi pagi. Namun gua harus tetap melangkah sampai puncak bukit di atas sana sudah menunggu buah semangka yang sangat lezat untuk disantap.

Jam 11.00

Setelah selangkah demi selangkah akhirnya gua sampai di puncak bukit dan gua menjadi orang terkhir yang sampai di atas. Langsung taruh keril dan mengambil semangka yang dijejerkan oleh pedagang yang ada di atas bukit. Harga persemangka saat itu Rp 2.500 perpotongnya ada buah lainnya juga seperti melon dan juga aneka macam gorengan yang mereka bawa dari bawah. Di atas bukit itu kami istarahat cukup lama sambil menyantap makanan yang ada sampai kira2 membuat kita punya tenaga untuk melanjutkan perjalanan. Dari puncak bukit ini trek yang dilalui turun sampai ke ranu pani jadi tidak terlalu menguras tenaga. Jalur ini memiliki pemandangan hutan taman nasional gunung semeru yang berada dipunggungan bukit dari jalur ini terlihat hutan di gunung ini masih sangat hijau dan alami. Bahkan sebenarnya jalur ini sering dipakai masyarakat setempat dan petugas kehutanan untuk menjadi jalan pintas evakuasi jika ada pendaki yang mengalami kecelakaan.

Jam 13.30

Tibalah kami di jalur sebuah perkebunan milik warga kampung ranu pani, disini bang ipran memberikan arahan dari pada kita balik ke ranu pani lebih baik kami menunggu perkampungan ini sambil menunggu jeep yang datang. Jadi di jalur percabangan ini kami berpisah dengan bang ipran, dia ke arah ranu pani kami lanjut sampai ke SD ranu pani, dan nanti bang ipran yang akan melapor ke basecamp ranu pani sekaligus menjemput kami di SD ranu pani dengan mambawa jeep sewaan. Di perkampungan ranu pani gua sempat foto-foto sebentar di atas sekaligus menyimpan keindahan perkampungan tersebut dalam sebuah foto. Jujur ketika sampai diperkampungan ini gua udah lapar banget tapi di perkampungan ini tidak ada warung makan yang ada hanya warung sembako. Disini gua hanya membeli minuman untuk menghilangkan rasa haus setelah perjalanan turun tadi. Di perjalanan turun menggunakan jeep ini kami melewati jalan yang sama ketika berangkat dan kami tidak sempat mampir ke coban pelangi untuk bermain air sekaligus bersih-bersih. Kami mengejar jadwal kereta yang sudah mepet sekali.

Ketika sampai tumpang, kami berpisah dengan teman-teman yang dari malang disini mereka pulang ke rumahnya masing-masing sedangkan gua, topik dan teman-temannya melanjutkan ke stasiun malang untuk balik ke Jakarta. Di tumpang kami menyewa angkot untuk sampai di stasiun malang. Dari Tumpang – Stasiun Malang memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan di dalam angkot kami malah sibuk berbagi foto antar handphone 😊.

Jam 16.00

Kami tiba di stasiun malang, disini gua berpisah dengan teman-teman topik, dikarenakan kita berbeda kereta. Mereka naik kereta Matarmaja berangkat jam 16.30 sedangkan gua dan topik naik kereta Majapahit yang berangkat jam 18.30. Di stasiun malang gua dan topik masih sempat untuk mandi, bersih-bersih dan solat magrib terlebih dahulu sambil menunggu waktu keberangkatan. Selepas solat magrib gua dan topik langsung masuk ke stasiun malang untuk menunggu kereta yang akan membawa gua kembali ke Jakarta. Di depan pintu pemeriksaan indentitas gua sempat diperiksa oleh petugas stasiun, mereka ingin memastikan bahwa kami tidak membawa tabung gas yang masih ada isinya karena membahayakan jika terjadi kebocoran di dalam gerbong kereta. Setelah diperiksa keril kami aman dan diperbolehkan naik ke peron stasiun. Tidak lama kemudian kereta pun datang untuk membawa kami ke tujuan sebenarnya dari sebuah perjalanan yaitu pulang ke rumah 😊.

❤THE END❤