Sunday, March 24, 2019

VOLVO B11R-430HP Siap Goyang SCANIA dan MERCEDES BENZ

Bismania



Volvo Is Back! mungkin itu kata yang tepat untuk mengucapkan selamat datang kembali kepada Volvo yang menghadirkan chassis bus premium di Indonesia. Kali ini Volvo menghadirkan model chassis B11R dengan tenaga mencapai 430HP!. Ini merupakan chassis yang mempunyai tenaga paling besar di kelasnya. Sebelumnya torsi dengan chasis premium yang paling besar dimiliki oleh Mercedes Benz OC500RF 2542 dengan 420HP.

Volvo B11R-430HP siap mendobrak produsen chasis bus lainnya yakni SCANIA dan Mercedes Benz yang dimana sangat laku di Tanah Air. Kita ketahui Volvo sudah lama vacum sejak terakhir tahun 2000an. Beberapa waktu lalu bersama PT. Indotruck Utama sebagai distributor penjualan di Indonesia yang sempat meluncurkan Volvo B7R namun respon pasar terbilang lesu dibanding kedua kompetitornya.

Sebenarnya chassis Volvo sempat muncul kembali tahun 2017 dibenderai PO Sistrans Jogja yang mencoba kehandalan Volvo B7R dengan bodi Jetbus 2 HD dari karoseri Adi Putro. Dan kemarin tahun 2018 Volvo kembali hadir bersama PT. Steady Safe menghadirkan bus-bus untuk Transjakarta sebanyak 128 unit Volvo B11R-370HP 6×2.

Dan tahun 2019 ini Volvo siap hadir dengan B11R-430HP yang tentunya hampir mirip dengan bus Transjakarta, hanya saja model ini memiliki power yang lebih besar, sedangkan mesinnya tetap sama yakni DC11.



Pada ajang Busworld Jakarta 20-22 Maret 2019 kemarin, chasis Volvo B11R-430HP hadir dengan 2 balutan bodi  dari karoseri yang berbeda. Pertama dibalut dengan bodi Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD) milik Adiputro. Kedua, Legacy SR2 XDD yang merupakan body bus Double Decker milik karoseri Laksana.

Meskipun B11R 430 hampir sama dengan B11R 370 yang digunakan oleh Transjakarta, ada beberapa hal yang akan berbeda selain tenaga yang dihasilkan.



Berikut beberapa fitur dan keunggulan chassis Volvo B11R-430HP:

Keunggulan Volvo B11R-430HP

Hal paling mencolok adalah horse power sebesar 430HP, B11R-430HP akan dilengkapi dengan I-Shift AT2612D dengan 12 percepatan yang dikontrol secara elektronik.

Perbedaan lain pada B11R-430HP, terletak pada roda di axle ketiga yang berfungsi sebagai steering wheel belakang. Jika pada B11R-370HP roda pada poros terakhir tidak dapat bergerak (statis), berbeda pada B11R-430HP ini yang bisa bergerak mengikuti gerak roda depan yang berfungsi untuk membantu manuver saat berbelok. Sistem tersebut sama dengan yang digunakan Scania K410Ib dan Marcedes Benz OC500RF 2542

Sebenarnya Volvo merancang chasis B11R-430HP agar dapat memiliki dimensi panjang maksimal 14 meter, namun karena regulasi di Indonesia hanya mengijinkan panjang maksimal bus hanya 13,5 meter. Jadi untuk B11R-430HP ini memang cocok untuk dibalut dengan bodi bus jenis High Deck atau Double Decker yang biasanya untuk bus AKAP atau Pariwisata jarak jauh.


Selain itu beberapa fitur andalan yang disematkan ada Electronic Braking System (EBS) yang melengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR) dan Electronic Stability Programme (ESP).

Sementara untuk mendukung kerja pengemudi ada pula Collision WarningEmergency Braking system (CWEB), Lane Keeping Support system (LKS) yang mengurangi resiko human error. Ada pula Adaptive Cruise Control (ACC) sebagai opsi transmisi I-Shift

Tentunya dengan spesifikasi yang ada di chasis Volvo B11R-430HP ini dapat menjadi pilihan bagi perusahaan otobus untuk menggunakan pabrikan asal Swedia ini selain Scania dan Mercedes Benz.

Namun beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dari Volvo adalah ketersediaan suku cadang dan harga yang lebih kompetitif agar operator bus di Indonesa dapat melirik produk-produk Volvo. Saat di acara Busworld Jakarta 2019 Volvo membanderol chassis premiumnya itu dengan harga Rp 1,7 Milyar! (hanya chassis).

Jika Volvo bisa memberikan benefit bagi perusahaan otobus di Indonesia tentunya Volvo dapat bersaing dengan rivalnya SCANIA dengan model K410Ib atau Mercedes Benz model OC500 RF 2542.

Apa pendapat Anda dengan kehadiran B11R 430 ini ? silakan tinggalkan komentar dan share. Terima Kasih...


Semoga Bermanfaat...😁😁😁


#volvo #Volvobus #B11R #B11R430HP #BusIndonesia #Bismania #BismaniaCommunity #Transjakarta #Jetbus #LegacySR2 #TransportasiIndonesia #SukaFotoBus



sumber: berbagai sumber


Friday, March 22, 2019

[UPDATE] INFO PENTING! Tambahan dan Perubahan SOP Pendakian Gn Semeru 2019


Info Pendaki Gunung




1. REGISTRASI ONLINE

A.   Virtual Account
Pendaki akan secara otomatis terverifikasi dari sistem setelah melakukan transfer ke Bank, pendaki akan menerima bukti transfer, kode verifikasi dan file simaksi (PDF) siap cetak.

B.   Identitas Calon Pendaki
Identitas pendaki sesuai dengan data yang masih berlaku  dan mencantumkan NIK pada saat melakukan registrasi.

C.   Jumlah Anggota
Calon pendaki kurang dari 3 orang bisa melakukan Booking Online dengan syarat membuat Surat Pernyataan bermaterai.

D.  Pergantian Nama Anggota
Pergantian nama anggota bisa dilakukan oleh calon pendaki sendiri dengan mengedit alngsung di website TNBTS maksimal 5 hari sebelum pendakian dan maksimal 50% dari jumlah anggota. Untuk nama ketua rombongan tidak bisa diganti.

E.   Tidak Ada Refund
Jika Pendaki membatalkan pendakian dengan alasan apapun, maka tidak ada pengembalian uang yang telah di transfer (sesuai PP. No.12 tahun 2014).

F.   Force Majeur / Operasi SAR
Untuk kejadian tidak terduga (Operasi SAR dan Bencana Alam) yang menyebabkan jalur pendakian ditutup, maka para pendaki yang sudah terdaftar di sistem, bookingnya tidak hangus dan akan diganti di hari lain yang kuota pendakiannya masih tersedia.

2. PERLENGKAPAN PENDAKIAN

A.   Harus membawa peralatan sesuai SOP / standart pendakian.

B.   Dilarang membawa Drone dan sejenisnya (hanya untuk kepentingan riset dan SAR).

C.   Dilarang membawa botol air kemasan lebih dari 2 botol (Disarankan membawa botol minum/jerigen/waterbladder/drybag sendiri.


Untuk info lebih lanjut dan lengkap teman-teman bisa melihat di website


semoga bermanfaat...😁😁😁



[UPDATE] Pembukaan Pendakian Gunung Semeru dan Cara Pendaftaran / Booking Online











sumber : IG @Saverindo

Sunday, January 20, 2019

Skylander, Big Bus Terbaru dari New Armada!

Bismania

Desain Lampu Baru Skylander by New Armada




Awal tahun 2019 karoseri New Armada membuat sebuah treaser yang menunjukkan desain lampu baru untuk armada big bus nya. Tampilan baru itu diposting di halaman intagram milik New Armada @newarmada_official.

Dilihat dari treaser nya, desain baru big bus milik New Armada tersebut baru akan dipamerkan pada bulan Maret 2019 mendatang.

Desain lampu depan yang ditampilankan dalam postingan tersebut sangat berbeda jauh dengan lampu big bus Evolander. Dalam gambar itu kelihatan lampunnya seperti desain lampu 'menangis' yang mempunyai lekukan ke bawah di ujungnya.

Desain lampu tersebut mirip dengan big bus yang ada di Eropa. Tidak ada lampu led yang menyambung dari lampu di kiri dan kanan jadi terpisah. Pada bagian folk lamp juga punya desain seperti trapesium bukan lagi bulat atau panjang. Di bagian bemper depan juga akan punya desain baru  mengikuti alur dari desain lampu utama.


Update

Ternyata nama yang akan dipakai New Armada pada big bus terbarunya ini adalah  Skylander. Dengan ini berarti big bus tersebut merupakan seri terbaru dari Evolander yang sudah di produksi beberapa tahun lalu dan telah mengalami banyak perubahan. Hmm jadi makin penasaran seperti apa desain exterior dari Skylander karoseri New Armada, Magelang. 

Hmm makin bikin penasaran para Bismania di luar sana, perubahan apa, interiornya gmna dan pakai chasis apa? 




YO YO YO YO.... What's up para pemerhati per bis an Indonésia yang lagi malam mingguan?? Let's See this guys ... Nama SKYLANDER udah rilis Jreng... Apa itu SKYLANDER??? Seperti apa itu SKYLANDER??? Perubahan apa aja yang ada di SKYLANDER??? Yoi, bikin penasaran kan?? Sabar yak, tunggu sampai bulan maret ya guys... Udah udah... Daripada penasaran, mendingan malam mingguan aja Yuk.. . . . IG@newarmada.official facebook.com/newarmada.karoseri www.newarmada.id . . . . #indonesianbushunter #mybusmyadventure #bisphotogram #busenthusiast #petualang_bus #bisgalery #busismylife #like4like #likes4likes #follow4follow #businternational #internationalbus #bus #sukafotobis #instabus #busphotography #eatsleepbusindo #eatsleepbus #galerybisindonesia #galerybisindo #nusantarabuslovers #busindonesia #indonesianbuslovers #photograperbus #busmaniacommunity #jatengbushunter #forbiscom
A post shared by New Armada (@newarmada.official) on


Semoga Bermanfaat... 😀😀😀

Thursday, January 17, 2019

Cara WhatsApp Orang Tanpa Harus Simpan No Hp

Tips & Trik





Mungkin teman-teman belum pada tau, klo WhatsApp punya fitur bawaan yang membuatmu bisa nge-chat tanpa save nomor HP temanmu/sodaramu atau siapalah itu. dan Tak perlu pakai install ini-itu lagi!

WhatsApp menamai fitur tersebut 'Click for Chat' (Klik untuk Chat). Lewat 
fitur WhatsApp ini, kamu bisa memulai chat dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomor telepon orang tersebut di kontak / buku telepon ponsel.

Syaratnya, tentu saja, kamu harus mengetahui nomor orang bersangkutan. Artinya, kamu tidak bisa nge-chat WhatsApp dengan sembarang orang. Nomor telepon itu justru menjadi aspek penting dalam fitur 'Klik untuk Chat' di WhatsApp ini. Selain itu, patut diingat pula bahwa nomor telepon yang hendak kamu ajak chat itu tentunya harus punya akun WhatsApp yang aktif.

Nah, bagaimana caranya? Seperti dikutip dari laman resmi WhatsApp, fitur Klik untuk Chat ini pada dasarnya memungkinkanmu membuat tautan sehingga bisa chat dengan orang yang nomornya tidak kamu save itu. Begini prosesnya.

Langkah pertama nge-chat di WhatsApp tanpa save nomor ini adalah membuat tautan sendiri lewat browser dengan format dasar sebagai berikut:

https://wa.me/(nomor)

Yang harus kamu perhatikan adalah tersebut harus kamu isi dengan nomor telepon lengkap dalam format internasional (kalau Indonesia +62). 


Dengan menggunakan format tersebut, laman web WhatsApp pun mencontohkan penggunaannya ketika sudah disertai nomor telepon, sebagai berikut:

https://wa.me/628561333111



Penggunaan nomor telepon dalam format internasional membuatmu harus menghilangkan setiap angka nol (di depan), tanda kurung, atau tanda hubung.

Jadi, jangan menggunakan bentuk seperti ini: 
https://wa.me/+62-856-133-3111

Selain itu, fitur Klik untuk Chat ini juga membuatmu bisa membuat tautan sendiri langsung beserta isi pesan. Untuk memahami lebih lanjut, simak saja contoh berikut ini.

Format baku yang mesti dipakai adalah: 
https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl

Contoh: 
https://wa.me/628561333111?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20And  
Selain itu Klik untuk Chat ini juga membuat kamu bisa menulis pesan dalam tautan, yang kemudian bisa kamu kirim ke orang dalam kontakmu.

Contoh: 
https://wa.me?text=Saya%20memiliki%20pertanyaan%20mengenai%20apartment%20yang%20disewakan


Setelah mengeklik pada tautan tersebut, daftar kontak di ponselmu akan muncul untuk kemudian kamu kirimkan pesan tersebut.

"Klik untuk Chat berfungsi baik pada telepon ataupun WhatsApp Web Anda," sebut WhatsApp.com di bagian faq-nya. 




Semoga bermanfaat...😀😀😀 





sumber: DetikInet    

Tuesday, January 8, 2019

Mewah! Double Decker Po Primadona

Bismania 




Po Primadona salah satu perusahaan otobus besar yang ada di pulau Sulawesi. Kali ini mereka merilis bus tingkat keduanya di akhir tahun 2018 yang interior dan exteriornya wah banget nih dari bus yang pertama. 

Pada bus Double Decker pertama dibalut cat warna biru metallic yang memakai livery burung Rangkong. Bus tersebut merupakan bus tingkat pertama di Pulau Sulawesi. dan kali ini Po Primadona kembali menambah armada double deckernya yang kedua berwana coklat kemerahan yang berlivery burung Maleo yang merupakan binatang khas Sulawesi.

Bus tingkat kedua Po Primadona ini menggunakan chasis Mercedez Benz OC500RF 2542 Triple Axle atau sering disebut chasis tronton dan dibalut dengan body Highlander Aerodeck buatan karoseri New Armada, Magelang.



Berikut ini adalah video Interior bus tingkat Primadona yang kami kutip dari instagram New Armada.



Semoga bermanfaat...😀😀😀

Sunday, December 30, 2018

Belajar Dari Jepang

Celoteh Kata Gua

Ini Cara Jepang Antisipasi Terjadinya Bencana


Tahun 2018 banyak bencana alam terjadi di Indonesia. Tidak sedikit korban yang meninggal dunia akibat bencana itu, yang paling parah terjadi di bulan Oktober lalu dimana gempa bumi & tsunami mengguncang Palu, Sulawesi Tengah. Ribuan orang menjadi korban bencana tersebut dan tidak sedikit bangunan yang hancur dan roboh, apalagi dihitung kerugian materialnya.

Sudah cukup bagi masyarakat Indonesia untuk terus menjadi korban, sebagai negara yang rentan terhadap bencana, terutama bencana alam (gempa bumi). Sudah sepatutnya kita belajar untuk meminimalisir korban bencana. Dan kita bisa belajar dari negara Jepang untuk menghadapi bencana.

Misalnya untuk meminimalisisasi kerusakan akibat gempa, Jepang mengambil langkah untuk mempersiapkan diri sebelum gempa terjadi. Berikut langkah-langkah yang di ambil seperti dilansir dari laman Jpninfo, Selasa(6/8/2018).

Rumah tahan gempa

Di Jepang, semua bangunan yang akan dibangun harus mengkuti aturan yang ditetapkan pemerintah. Bangunan yang dibuat harus memenuhi dua syarat yaitu bangunan dijamin tidak akan runtuh karena gempa bumi dalam 100 tahun kedepan dan dijamin tidak akan rusak dalam 10 tahun pembangunan.
Selain itu, semua bahan yang digunakan untuk konstruksi harus mengikuti aturan ketat dari pihak yang berwenang.



Sistem ini memang sudah digunakan oleh pemerintah Indonesia beberapa waktu belakangan. Terutama sehabis gempa 9.0 SR mengguncang Aceh di tahun 2004 silam. Dimana saat ini pemerintah sudah membangun rumah tahan gempa, yang bernama rumah 'Risha'. Dan model rumah Risha juga akan dibangun di daerah gempa lainnya, seperti Lombok dan Palu yang dilanda gempa beberapa waktu lalu. 

Sistem peringatan gempa

Semua handphone di Jepang memiliki sistem peringatan gempa/tsunami yang dipasang. Sistem ini akan memberi peringatan sekitar 5 hingga 10 detik sebelum bencana terjadi, peringatan juga akan memberi tambahan waktu untuk melarikan diri ke tempat aman atau berlindung dibawah meja.

Sedangkan di pesisir lebih mungkin menimbulkan tsunami, Jepang membangun sistem peringatan sekitar 5-10 menit sebelum tsunami datang. dan sistem peringatan ini juga sudah dipunyai Indonesia lewat aplikasi BMKG, namun untuk sistem pedeteksi tsunami, Indonesia juga punya, Tapii... saat ini (2018) semua alat tersebut sudah tidak berfungsi lagi dikarenakan masalah perawatan, kerusakan, dan vandalisme.

Sistem pencegahan bencana Terpadu

Untuk mengurangi dampak kerusakan akibat bencana alam, pemerintah Jepang memberikan panduan luas tentang cara bertahan hidup saat terjadi gempa atau tsunami. Jepang telah membangun sistem darurat ketika bencana besar terjadi posko pengungsian.

Lalu, setiap warga disana menyiapkan ransel darurat untuk menyimpan hal-hal penting seperti senter, obat-obatan, makanan, selimut dan lainnya untuk bertahan hidup selama tiga hari hingga 1 minggu.

Meningkatkan pengetahuan hadapi bencana

Pemerintah Jepang juga fokus meningkatkan pengetahuan warganya akan gempa dan tsunami. Pelatihan simulasi bencana secara teratur diadakan.
Simulasi bencana sudah mulai diajarkan sejak TK dan siswa-siswi sekolah serta anak muda lainnya. Warga Jepang diajarkan agar tidak panik saat terjadi bencana, melarikan diri dengan teratur dan tidak terburu-buru.

Ini yang menjadi fokus kemendikbud untuk memasukkan kurikulum baru tentang pelatihan menghadapi gempa bumi, mulai dari tingkar TK, SD, SMP, hingga SMA. Dengan begitu pengetahuan rakyat Indonesia bertambah dalam menghadapi bencana. 

Mematikan gas

Ibu rumah tangga di Jepang mempunyai peranan penting dalam pencegahan bencana. Karena gempa bumi kemungkinan akan mempengaruhi saluran pipa gas yang dapat memicu ledakan dan kebakaran, setiap kali gempa terjadi ibu rumah tangga dilatih untuk segera bergegas ke dapur untuk mematikan gas (dan listrik jika perlu).


Semoga bermanfaat...😀😀😀



Note: gua menambahkan beberapa opini gua pada artikel di atas. dan penambahan opini tersebut sepenuhnya keresahan dan pandangan gua aja tanpa bermaksud menyinggung seseorang atau instansi manapun.