Diam-diam karoseri nusantara gemilang membuat bus double decker (bus tingkat) khusus untuk memperingati 50 tahun Anniversary PO Nusantara.
Bus tingkat terbaru itu diberi nama Conqueror Double Decker. Conqueror sendiri mempunyai arti sebagai 'penakluk', ini mengisyaratkan bus tingkat ini sebagai penakluk di dunia per'bis'an di Indonesia.
Tampilan bus tingkat ini masih tetap memegang ciri khas dari karoseri Nusantara Gemilang yang layaknya seperti bus keluaran Eropa. Di tampilan depan menggunakan dua kaca pemisah yang tidak disertai dengan 'topi' seperti bus-bus jaman now.
Secara garis besar desain yang ditampilan Conqueror ini tidak jauh berbeda dengan Cityliner SHD yang sudah diluncurkan beberapa tahun lalu. Jidat jenong dan lampu depan yang sipit menjadi ciri khas yang paling terlihat jelas di desain bus Double Decker ini.
Tapi yang paling menarik dari bus tingkat Nusantara ini adalah chasis yang digunakannya. Yak.. Conqueror Double Decker menggunakan chassis MAN R37 Triple Axle. MAN R37 merupakan chasis triple axle pertama yang masuk ke Indonesia sebelum masuknya chasis Mercedes Benz OC500 RF 2542. Model chasis R37 sangat fleksibel, bisa dibuat Single Deck atau Double Deck.
Berikut spesifikasi chasis MAN R37 Double Decker Nusantara Gemilang :
sumber [karoseri-id.com]
Nah itu merupakan review sedikit bus Conqueror Double Decker Po Nusantara 50 th Anniversary Edition. Semoga memberi pengetahuan sedikit kepada teman-teman bismania.
Bus tingkat terbaru itu diberi nama Conqueror Double Decker. Conqueror sendiri mempunyai arti sebagai 'penakluk', ini mengisyaratkan bus tingkat ini sebagai penakluk di dunia per'bis'an di Indonesia.
Tampilan bus tingkat ini masih tetap memegang ciri khas dari karoseri Nusantara Gemilang yang layaknya seperti bus keluaran Eropa. Di tampilan depan menggunakan dua kaca pemisah yang tidak disertai dengan 'topi' seperti bus-bus jaman now.
Secara garis besar desain yang ditampilan Conqueror ini tidak jauh berbeda dengan Cityliner SHD yang sudah diluncurkan beberapa tahun lalu. Jidat jenong dan lampu depan yang sipit menjadi ciri khas yang paling terlihat jelas di desain bus Double Decker ini.
Tapi yang paling menarik dari bus tingkat Nusantara ini adalah chasis yang digunakannya. Yak.. Conqueror Double Decker menggunakan chassis MAN R37 Triple Axle. MAN R37 merupakan chasis triple axle pertama yang masuk ke Indonesia sebelum masuknya chasis Mercedes Benz OC500 RF 2542. Model chasis R37 sangat fleksibel, bisa dibuat Single Deck atau Double Deck.
Berikut spesifikasi chasis MAN R37 Double Decker Nusantara Gemilang :
Engine : D2676 Common-rail
Emission : Euro 3
Capacity : 12419 cc
Max output : 460Hp@1900RPM
Max Torque : 2100Nm@1000-1400 RPM
Max RPM : 2500 RPM with limited system
Engine brake : MAN EVB (Exhaust brake)
Transmission : MAN TipMatic 12 speed or Manual gearbox 6 speed
Brake system : Disc brake all axle with fully air duel circuit system ABS Exhaust brake (MAN EVB) Intarder
Chassis length : 11.895 to 14.6 m
Max load : 24 tons sumber [karoseri-id.com]
Nah itu merupakan review sedikit bus Conqueror Double Decker Po Nusantara 50 th Anniversary Edition. Semoga memberi pengetahuan sedikit kepada teman-teman bismania.
In frame :
Po Nusantara 50th Anniversary Edition
Conqueror Maximiracle Double Decker
Cityliner Double Decker
MAN R37 Triple Axle
Karoseri Nusantara Gemilang
Pic by @Freshbus