Wednesday, January 3, 2018

Ayoo Coba!! Bikin Android Anda ‘Anti Lemot’ dengan Cara Ini..

Tips & Trik



Semahal apa pun perangkat yang kamu beli, semakin lama digunakan kecepatan akan menurun. Tapi kita bisa mengakali agar membuat performanya tetap ngacir.

Ada beberapa yang bisa kamu lakukan. Berikut sejumlah tips dan trik yang dikutip dari Android Central agar membuat ponsel Android tetap ngacir meski telah lama digunakan.

1.    Gunakan Files Go

Aplikasi besutan Google ini akan mempermudah kita untuk mengatur dan membersihkan slot penyimpanan file pada ponsel. Desainnya yang simpel memudahkan untuk kita menggunakannya.



Files Go punya dua bagian, Storage dan Files. Tekan Storage untuk melihat seberapa banyak ruang penyimpanan di ponsel yang masih tersedia.

Di bagian ini juga kita turut diberikan tips untuk membuat lapang ruang penyimpanan. Selain itu kita dapat mudah membersihkan cached data pada aplikasi.

2.    Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Sejumlah perangkat yang tidak menjalankan Android polosan kerap disematkan sejumlah aplikasi besutan vendor ponsel. Padahal aplikasi tersebut jarang atau malah tidak digunakan pengguna.

Sayangnya aplikasi ini tidak semuanya bisa dihapus. Kendati begitu pengguna dapat menonaktifkannya. Caranya menekan Settings > Apps. Tekan pada aplikasi yang tidak dikenal, lalu pilih Uninstall atau Disable.

Lakukan hal serupa pada aplikasi yang kamu instal namun jarang digunakan. Selain dengan cara di atas, kita bisa menggunakan Files Go untuk meng-uninstall aplikasi yang jarang dipakai.

3.    Pakai Aplikasi Ringan

Jika ponsel yang kamu pakai terbatas RAM dan memori internalnya, disarankan menggunakan aplikasi versi ringan. Saat ini sejumlah developer merilis versi lite dari aplikasinya, contohnya YouTube Go, Twitter Lite, Skype Lite, Facebook Lite dan lain-lain.



4.    Instal Update Software Terbaru

Jika ada pembaruan sistem operasi disarankan segera menginstallnya. Sebab pembaruan tersebut kerap membawa sejumlah peningkatan pada performa. Untuk melakukan pengecekan, buka Settings > About Phone > System Update.

5.    Home Screen

Menggunakan Live Wallpaper memang menarik, tapi bisa membuat ponsel melambat. Disarankan memakai wallpaper biasa.

6.    Launcher

Sejumlah launcher bawaan vendor kerap melambatkan performa ponsel. Coba ganti dengan launcher yang ringan, misalnya Google Now Launcher.



7.    Background

Aplikasi yang berjalan di latar belakang cenderung menguras baterai. Jadi sangat disarankan untuk rutin memantau penggunaan baterai telpon. Caranya buka Settings > Battery. Jika melihat aplikasi yang tidak normal, tekan Force Stop.

8.    Nonaktifkan Bluetooth

Menonaktifkan Bluetooth yang tidak digunakan akan menghemat baterai.

9.    Optimasi Baterai


Kebanyakan aplikasi optimasi baterai cenderung kurang bermanfaat. Malah kamu dihujani banyak iklan. Jadi sebaiknya kita menghapusnya saja.




Inshaallah Bermanfaat  😁😁



Sumber: [detikInet]

Thursday, December 28, 2017

Pesona 'Ujung Berung Jakarta' Pulau Perak, Kepulauan Seribu

Head to Head Chasis Tronton Mercedes Benz OC500 RF 2542 vs SCANIA K410 iB

BisMania

Mercedes Benz OC500 RF 2542

Mercedes Benz OC 500 RF 2542 saat ini menjadi pembicaraan bagi penggemar bus di Indonesia, karena Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini langsung menghadapi ujian sesungguhnya di tahun 2017 ini. Chasis ini langsung head to head dengan chasis premium lainnya yakni Scania K410 IB.




Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini diimport dari Spanyol dengan menggunakan mesin OM457LA yang jelas lebih kuat dan efisien jika digunakan untuk angkutan umum. Nah apa saja keunggulan dengan chassis Mercedes Benz terbaru ini ?? mari kita bahas lebih detail.
Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dibekali dengan mesin turbo intercooler dengan output 11.967 CC menghasilkan daya sekitar 310 Kw (atau 422 HP) pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 RPM.

Dimensi ini chassis bus baru di 2.500 x 14,355 x 1,720 mm. (lebar x panjang x tinggi). Mesin pada Mercedes Benz OC 500 RF 2542  ini dikendalikan dan dikelola dengan sistem elektronik. Injeksi bahan bakar yang lebih tepat dan efisien dengan sistem pompa satuan untuk memastikan kinerja yang lebih baik, sehingga memperpanjang daya tahan mesin atau lebih awet.

Hebatnya lagi Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik dari mercedes benz yaitu:
1. Disk Break
2. Electronic Stability Program (ESP®) atau sistem anti-selip.
3. Sistem pengereman elektronik (EBS)
4. ABS (antilock Breaking System)
5. Retarder untuk memastikan daya pengereman dan  ASR Sistem pengereman.



Suspensi independen sudah disematkan pada as roda depan hal ini digunakan untuk memberikan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Poros roda belakang, bagian paling penting dari ini chassis bus baru ini karena sangat kuat untuk memastikan penggunaan yang tahan lama, dan memberikan pengalaman berkendara yang superior dan daya sistem pengereman maksimum. Yang menarik dari Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini adalah pada  poros roda ketiga yang dapat dikontrol baik untuk bergerak maju dan mundur, dengan sistem elektro-hidrolik.





PO Kurnia yang merupakan Perusahaan Otobus pertama di Indonesia yang berasal dari Aceh yang memiliki chassis Mercedes Benz OC 500 RF 2542  dimana body bus PO Kurnia dibangun dengan body Jetbus HD 2 dari Karoseri Adiputro. Saat ini sudah banyak PO yang menggunakan chasis ini untuk bus premium miliknya.








SCANIA K410 iB

Sebagai pesaing tunggal chasis Mercedes Benz OC500 RF 2542, Scania K410 IB membawa fitur-fitur yang canggih untuk mengungguli chasis asal Jerman yang mempunyai horsepower yang sangat besar.

Chassis K410 ib ini masuk ke Indonesia tahun 2015 lalu tepatnya sekitar bulan Juli 2015 via United Tractor. Chassis ini sendiri merupakan pesanan dari PO. BGS Satria Muda yang kala itu langsung dibalut dengan body Jetbus SHD 2+ Setra dari Karoseri Adi Putro.



Berikut Spesifikasi lengkap dari Chasis Scania K410 IB:

Keunggulan :
·         Mesin yang lebih efisien
·         Aman dan pengereman yang lebih bertenaga
·         Nyaman dengan suspensi udara (Air Suspension)
·         Layar Display 6,5 ” untuk driver
·         Cocok untuk bus dengan panjang 13,5 meter

Teknologi:
·         Retarder
·         Opticruise (Transmisi otomatis)

CAPACITY AND WEIGHTS
·         Front axle load (max) : 7500 Kg
·         Rear axle load (max) : 17500 kg
·         Gross vehicle weight : 25000 kg



ENGINE
·         13 Litre DC13 107 K01 EURO 3
·         4 Stroke 6- cylinder in-line, 4 valves per cylinder, turbo charged, intercooled, Scania PDE Injection (separate electromagnetically controlled unit injectors) and air cleaner.

Meximum output
306kW (410 hp) @ 1900 r/min

Maximum Torque
2000 Nm @ 1000 – 1350 r/min

GEARBOX
GRS895R, 12-Speed range-splitter, with integrated hydraulic retarder.

Opticruise
·         Automatic Gear Shifting” on manual gearbox
·         Cruise Control
·         Downhill speed control
·         Economy, standard and power mode

WHEEL CONFIGURATION
·         6 x 2 *4 Forward control. right hand drive
·         3 axle vechile drive on one rear axle and one rear steer axle behinde the driving axle.

SUSPENSION
·         Front : Air suspension system with extra heavy duty shock absorber and anti roll bar.
·         Rear : Air suspension system with extra heavy duty shock absorber and anti roll bar.
·         Axle load display and overload warning

TYRES AND RIMS
295/80R 22,5 ” Michelin tyres on 8,25″ x 22,5″ steel rims in the front and rear spare.

BRAKES and SAFETY
Direct acting full drum brakes with R3500 retarder system. Membrane type brake acting on front wheel. Membrane and spring type brake on rear wheels.

Also features:
·         Automatic exhaust brake
·         Automatic slack Adjuster
·         Air Dryer
·         Load Sensing valve
·         Electronic Braking System (EBS)
·         Air Processing System (APS)
·         Hill hold fuction

FUEL TANK
465 Litres fuel tank, equipped with fuel filter with water separating fuction.
Right and left fuel filling side

STEERING
Fully adjustable in all directions and teh same time; with 4-spoke safty hydraulic
Power steering with tilt angel between 25-45 degrees and steplessly adjustable 60 mm along the steering column.
Right-hand side steering

ELECTRICAL SYSTEM
Batteries  : 225 Amp/h capacity
Altenator : 2 x 150 A

INSTRUMENT GAUGES
6,5 inch colour display with indonesian language instrument cluster and equipped with trip computer that show speed (km/h), engine speed, engine temperature, fuel level, fuel comsumption and oil pressure.
Cruise control with switches in steering wheel
Electronic speed limiter
Communicator C200 – Scania Fleet Management System (optional)
Nah itu tadi spesifikasi SCANIA K410IB dengan Opticruise yang sebaiknya Anda pertimbangkan dna layak untuk di pilih karena SCANIA K410IB di bandrol dengan harga 1,75 Milyar!.
*Harga SCANIA K410IB Opticruise sudah termasuk
PPN 10% (Off the road)
Biaya Space frame dan biaya delivery ke karoseri


Friday, December 22, 2017

Busmania Telolet!! Deretan Bus Double Decker AKAP di Sumatera dan Jawa

BisMania



Tahun 2017 adalah tahun kebangkitan Perusahaan Otobus (PO) di seluruh Indonesia. Para PO berlomba-lomba membeli bus-bus premium terutama bus tingkat atau Double Decker untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumennya.

Bus tingkat atau Double Decker saat ini menjadi pilihan trasnportasi perjalanan antar kota antar provinsi (AKAP) untuk menarik pelanggan. Beberapa Perusahaan Otobus (PO) di Sumatera dan Jawa juga membeli chasis premium untuk melengkapi kenyaman di dalam bus tingkat milik mereka.

Para PO bus meluncurkan bus tingkat dengan fasilitas Executive sampai Super Executive. Fasilitas seperti kursi super empuk, full AC, Toilet, Audio Video On Demand (AVOD), Bus dengan Air suspense Udara (Air Suspension), Makanan, Camilan, sampai Tempat Tidur.
Fasilitas tersebut demi menunjang kenyamanan perjalanan penumpang bus yang cukup jauh.

Berikut adalah daftar rute dan juga harga dari beberapa PO bus di Sumatera dan Jawa:

1.   PO Sempati Star


Bus tingkat milik PO Sempati Star adalah PO pertama yang membeli bus tingkat dari karoseri Adiputro, Malang. PO ini menggunakan chasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dan Scania K410 IB untuk bus tingkat AKAP miliknya.

Bus tingkat AKAP Sempati Star mempuyai fasilitas Tempat Tidur  lengkap dengan Bantal dan Selimut (deck bawah) serta kursi empuk dengan konfigurasi seat 1-2, AC, Toilet, Dispenser, AVOD, Bantal, Selimut, Leng Rest yang berada di Deck Atas.

Bus tingkat Sempati Star melayani rute Medan- Banda Aceh. Kursi bagian atas dikenakan tarif Rp 250.000, kursi bagian bawah Rp 430.000.

2.   PO Efisiensi

PO Efisiensi merupakan pelopor bus tingkat pertama di pulau Jawa. PO Efisiensi menggunakan chasis milik Mercedes Benz OC500 RF 2542 dengan dobel gardan di bagian belakang untuk bus tingkat miliknya.

Bus tingkat ini mempuyai fasilitas kursi empuk dengan konfigurasi seat 2-2, Leng Rest, Full AC, Toilet, Snack, AVOD, dan full Music semua fasilitas itu berada Deck Atas dan Deck Bawah.

Bus tingkat milik PO Efisiensi ini melayani rute Yogyakarta - Cilacap, Yogyakarta-Purwokerto, dan Kebumen - Yogyakarta. Tarif kursi lantai atas Rp 110.000 dan tarif kursi di lantai bawah Rp 120.000.

3.   PO Putera Mulya


PO Putera Mulya merupakan PO bus tingkat AKAP pertama yang mejalani rute jarak jauh di pulau Jawa dari Jakarta ke Wonogiri. Saat ini bus tingkat Putera Mulya menggunakan chasis Scania K410 IB.

Bus tingkat AKAP Putera Mulya mempunyai kelas Super Executive di dek bawah dengan fasilitas kursi besar, empuk dengan konfigurasi seat 1-2, Selimut, Bantal, USB Charger di setiap kursi, dispenser, snack, toilet, full AC, full music, AVOD, serta kelas Executive di bagian atas dengan konfigurasi kursi 2-2 dengan fasilitas yang sama dengan dek bawah.

Melayani rute Jakarta-Solo-Wonogiri, Bogor-Solo-Wonogiri dan baru-baru ini telah dibuka rute Prambanan - Klaten - Bogor. Tarif untuk kursi bawah dihargai Rp 325.000 dan kursi atas Rp 225.000.

4.   PO Sinar Jaya

Tidak mau kalah dengan PO yang baru, PO Sinar jaya yang mempunyai ratusan bus AKAP dan sudah pengalaman di berbagai rute di Pulau Jawa pun membeli bus tingkat untuk memperkuat armadanya.

Bus tingkat AKAP milik Sinar Jaya ini khusus untuk kelas Executive yang mempunyai fasilitas kursi empuk dengan Recleaning Seat konfigurasi 2-2, Toilet, full music, bantal, selimut, AVOD, WiFi dan full music 

Melayani rute Jakarta (Kp Rambutan) - Pekalogan dan Jakarta (Pulo Gebang) - Pemalang dengan tarif Rp 125.000.

5.   PO Anugerah Mas (Agra Mas)

Tidak mau kalah dengan PO Putera Mulya yang mempunyai bus tingkat AKAP. PO Anugerah Mas (Agra Mas) langsung membuat head to head dengan menghadirkan bus tingkat miliknya yang dibuat di karoseri Adiputro. Bus ini menggunakan chasis milik Mercedes Benz OC 500 RF 2542.

Bus tingkat AKAP milik Agra Mas mempunyai kelas Executive di dek bawah maupun atas dengan fasilitas kursi besar, empuk dengan konfigurasi seat 2-2, Selimut, Bantal, USB Charger di setiap kursi, dispenser, snack, toilet, full AC, full music, AVOD.

Melayani rute rute Jakarta - Wonogiri yang dikenakan tarif berkisar Rp 225.000 - Rp 250.000. Akhir tahun 2017 PO Agra Mas juga akan melayani rute Bogor – kudus - Jepara yang menggunakan chasis Scania K410 IB dengan tarif yang kemungkinan tidak jauh berbeda.

6.   PO Lorena & Karina

PO Lorena & Karina merupakan salah satu PO yang sudah lama terbentuk di Indonesia. PO ini juga yang mempunya bus tingkat AKAP terbanyak di Indonesia saat ini yakni 12 bus tingkat dengan chasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542.

Bus tingkat AKAP milik Lorena & Karina mempunyai kelas Executive di dek bawah maupun atas dengan fasilitas kursi besar, empuk dengan konfigurasi seat 2-2, Selimut, Bantal, USB Charger di setiap kursi, dispenser, snack, toilet, full AC, dan full music.

PO Lorena & Karina melayani rute Jakarta - Madura serta Jakarta- Surabaya - Malang. Tarif berkisar Rp 450.000.

7.   PO Pelita Paradep

PO Pelita Paradep merupakan salah satu PO yang berada di tanah Sumatera dan bersaing dengan PO Sempati Star.

Saya tidak begitu tahu dengan fasilitas yang ada di dalam bus tingkat milik PO Pelita Paradep . Yang jelas PO ini menggunakan chasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dengan balutan bodi dari karoseri Rahayu Sentosa.

Melayani rute Kualanamu - Pematang Siantar, dengan tarif sekitar Rp 50.000 - 60.000. Bus tingkat Paradep juga melayani pemesanan untuk pariwisata.

8.   PO Harapan Jaya

Di akhir tahun 2017 ini PO Harapan Jaya telah resmi mengeluarkan bus tingkat AKAP miliknya untuk melayani rute Jakarta - Madiun. Bus tingkat milik Harapan Jaya ini menggunakan chasis Scania K410 iB.

Bus tingkat AKAP Harapan Jaya mempuyai fasilitas Tempat Tidur  lengkap dengan Bantal dan Selimut (deck bawah) serta kursi empuk dengan konfigurasi seat 1-2, AC, Toilet, Dispenser, AVOD, Bantal, Selimut, Leng Rest yang berada di Deck Atas dan di de katas juga disediakan kursi pijar yang berada di ruang smoking room.

Double decker Harapan Jaya melayani rute Jakarta – Madiun dengan tarif seperti gambar di bawah ini: 


9.   PO Garuda Mas

Bus tingkat Garuda Mas memang masih belum berkeliaran di jalan pantura. Tapi dari beberapa foto yang beredar di Instagram para busmania, terlihat bus Double Decker milik PO Garuda Mas yang masih proses finishing di karoseri Adiputro, Malang.

Double Decker Garuda Mas menggunakan chasis Mercedez Benz OC500 RF 2542. Kemungkinan besar PO Garuda Mas akan merilis bus tingkat AKAP miliknya ini di akhir tahun 2017.

Semoga bermanfaat 😁😁