Tuesday, December 18, 2018

Kenal Lebih Dekat Dengan Gore-Tex

Tips & Trik




Saat ingin membeli jaket anti air (waterproof) untuk keperluan kegiatan luar ruang (outdoor), anda tentunya ingin memastikan terlebih dahulu jika jaket yang akan anda beli terbuat dari bahan yang benar-benar mampu menahan partikel air meresap masuk dan juga mampu mengeluarkan panas yang dihasilkan tubuh (breathable)    .

Untuk memenuhi pilihan tersebut, ada banyak sekali produk berkualitas yang tersedia di pasaran baik dalam maupun luar negeri. Namun, dari sekian banyak bahan/produk anti air, hanya satu nama yang cukup terkenal dan telah dipercaya memiliki kualitas terbaik olah banyak pihak. Produk tersebut bernama GORE-TEX.

GORE-TEX terkenal sebagai produsen bahan pakaian yang paling tahan air (waterproof), tahan angin (windproof) dan memiliki sistem respirasi yang baik (breathable). Karena kualitas terbaik di setiap produknya, GORE-TEX telah banyak dipercaya oleh banyak brand peralatan outdoor dunia.

Jangan heran jika anda akan dapat menemukan logo GORE-TEX pada hampir semua peralatan mendaki gunung seperti jaket, sarung tangan atau sepatu gunung.

Secara garis besar, kita sudah tahu dan mengenal GORE-TEX, tapi sebenarnya apa sih yang membuat bahan kain anti air ini begitu istimewa? Dalam tulisan ini saya akan coba membagikan informasi tentang beberapa fakta yang perlu anda tahu tentang GORE-TEX.

1. Apa itu GORE-TEX?

GORE-TEX adalah bahan pakaian atau kain yang kuat, awet, tahan air, tahan angin dan sangat breathable yang biasa ditemukan di banyak pakaian, sepatu dan aksesoris, terutama untuk kegiatan luar ruangan.

GORE-TEX terbuat dari pengembangan polytetrafluoroethylene (atau disingkat ePTFE), yang diciptakan oleh Bob Gore pada tahun 1969 ketika ia dengan cepat mengembangkan PTFE dalam suatu kondisi tertentu. Hasilnya adalah bahan yang sangat kuat, material mikro yang memiliki daya serap air yang rendah dan sifat pelapukan yang cukup baik - sebuah solusi sempurna untuk bahan pakaian luar.

Pada tahun 1978, W.L. Gore & Associates secara resmi meluncurkan produk pertama GORE-TEX, bahan pakaian pertama di dunia yang benar-benar tahan air, tahan angin dan breathable. Bahan pakaian baru ini mampu menahan air dan hujan tidak menembus masuk, dan juga memungkinkan keringat dan panas tubuh untuk keluar dari dalam.

Kain yang mampi menghalangi air untuk tidak menembus relatif sederhana dan mudag dibuat. Namun, menciptakan kain yang menghalangi air sementara memungkinkan keringat dan suhu tubuh untuk keluar dengan mudah, tentu jauh lebih sulit. 



Rahasia sukses GORE-TEX terletak pada beberapa fitur berikut ini:

Membran inti
Inti teknologi GORE-TEX adalah membran yang sangat tipis. Membran ini berisi lebih dari 9 miliar pori-pori mikroskopis, sekitar 20.000 kali lebih kecil dari setetes air, tetapi 700 kali lebih besar dari molekul uap air. Ini berarti bahwa air dalam bentuk cairan tidak dapat lolos ke dalam membran, tapi air sebagai uap air dari keringat diperbolehkan untuk lolos ke luar.

Laminasi
Fitur lain dari GORE-TEX adalah bagian laminasi. Laminasi ini adalah bagian yang merekatkan membran inti dengan kain utama, biasanya bahan sintetis seperti nilon.

Jahitan tersegel
Jahitan yang disegel dengan baik membuat seluruh bagiam luar jaket benar-benar tahan air dan tak mungkin mengalami kebocoran. Jika anda melihat jaket tahan air dengan lebih seksama, anda akan menemukan strip dari pita yang digunakan untuk menutup setiap celah di sekitar jahitan.

2. Tipe-tipe  GORE-TEX 


Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi GORE-TEX terus berkembang pesat, dan saat ini ada berbagai jenis kain GORE-TEX yang tersedia. 3 diantaranya adalah:

GORE-TEX

Seperti telah dibahas sebelumnya, GORE-TEX adalah kain serbaguna yang dapat digunakan sebagai bahan peralatan untuk semua jenis kegiatan, dari mulai aktivitas luar ruangan hingga pakaian sehari-hari. Bahan GORE-TEX sangat kuat dan awet, tahan angin, tahan air dan breathable. GORE-TEX bisa dirancang dengan dua atau tiga lapisan, tergantung untuk kegiatan seperti apa bahan ini akan digunakan.

GORE-TEX Active

Seperti namanya, GORE-TEX Active lebih cocok digunakan untuk kegiatan yang lebih energik seperti ski, bersepeda atau mendaki gunung. Tipe ini memiliki keunggulan bahan yang lebih breathable dan kuat, sehingga akan tetap nyaman dipakai saat tubuh anda aktif bergerak dan menghasilkan banyak panas. GORE-TEX Active sangat ringan, memiliki sistem breathable yang sangat baik dan dibuat dengan konstruksi tiga lapisan bahan untuk perlindungan tambahan.

GORE-TEX Pro

GORE-TEX Pro dirancang dan dimodifikasi sedemikian rupa hingga menghasilkan bahan yang sangat kuat, tahan lama dan mampu digunakan dalam kondisi ekstrim untuk jangka waktu yang panjang. GORE-TEX Pro akan memberikan perlindungan maksimal untuk digunakan pada kegiatan outdoor yang lebih ekstrem, seperti mendaki gunung yang butuh waktu berhar-hari dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrem.

3. Metode Konstruksi Kain

Multiple fabric dan metode konstruksi mencakup diantaranya: yang insulated (terisolasi), non-insulated (yang tidak terisolasi), 2-layer, 3 layer dan Z-Liner. Konstruksi 2-layer adalah peruntukan untuk kegiatan luar ruang yang lebih luas cakupannya, dengan konstruksi ini membrane Gore-Tex hanya diikatkan/dipasangkan pada bagian luar dari bahan saja (outer fabric). Konstruksi ini bisa di kombinasikan dengan tambahan isolasi yang akan membuat pengguna kering dan hangat. Gore-Tex Pro dan Gore-Tex Active menggunakan konstruksi 3-layer, tidak seperti konstruksi 2-leyer, konstruksi ini mengikatkan membrane Gore-Tex pada kedua permukaan kain bagian dalam dan luar. Manfaatnya, tidak ada gerakan antara lapisan, yang berarti kurang keausan dan daya tahannya lebih ditingkatkan.

Walaupun jika ada dua jaket yang menggunakan tipe membrane Gore-Tex dan liner yang sama, pabrikan bisa memilih permukaan kain yang berbeda. Permukaan kain, sebagai lapisan terluar dari hardshell garment memainkan peran mendasar dalam keseluruhan kinerjanya, khususnya pada daya tahannya, breathability dan tahan airnya.

Denier yang berbeda, benang tenun yang rumit, benang yang kuat dan perawatan DWR tingkat lanjut secara drastik meningkatkan harga permungkaan kain ini. Karena inilah yang menjadi alasan kenapa hardshell dari beberapa merek lebih mahal dibandingkan dengan beberapa merek lainnya, meskipun sama-sama menggunakan membrane Gore-Tex Pro.

4. Membrane
Membrane sPTFE yang sangat tipis adalah jantung dari kain Gore-Tex dan itulah yang membuatnya menjadi lebih tahan air, tahan angin dan breathable. Satu inci kotak dari membrane memiliki lebih dari 9 miliar pori-pori. Bagian yang menakjubkan adalah bahwa pori-pori ini sebenarnya 20.000 kali lebih kecil dari tetesan air, namun 700 kali lebih besar dari molekul uap air. Itulah yang membuat membran Gore-Tex secara fungsional tahan air, sementara pada saat bersamaan bahan membiarkan keringat melayang dari dalam keluar.


Semua membrane Gore-Tex kecuali Gore-Tex Pro memiliki oleophobic (oil-hating) dari Polyurethane yang sangat tipis di bagian dalam untuk melindungi pori-pori dari keringat dan minyak tubuh yang bisa menyumbatnya. Tidak seperti semua membran Gore-Tex lainnya, Gore-Tex Pro menggunakan membran ePTFE 100% dengan dua lapisan tipis laminasi ePTFE yang berlapis, ePTFE ini sangat tipis dengan mikrostruktur yang berbeda, bukan seperti lapisan PU dan oleh karena itu menawarkan daya tahan hingga 28% lebih banyak.

Jadi bagi teman-teman ingin membeli jaket tahan air, tahan angin dan mudah mengeluarkan panas tubuh sudah pasti produk dengan label Gore Tex series adalah pilihan terbaik. Sebagai contoh beberapa jaket outdoor yang menggunakan Gore Tex yaitu The Nort Face, Mont Bell, Collumbia, Millet, dll. Dan setau gua sampai saat ini produk outdoor dalam negeri masih belum ada yang memakai produk Gore Tex.


Semoga Bermanfaat...😀😀😀


Sumber: berbagai sumber
Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)