Tuesday, November 21, 2017

Tips Mudah Mencegah Hipotermia Saat Di Gunung

Tips Pendaki

Tips Mudah Mencegah Hipotermia Saat Di Gunung


Kegiatan luar ruangan (outdoor) / mendaki gunung sedang hits beberapa tahun belakangan ini. Banyak sekali pendaki dadakan yang ingin naik gunung hanya untuk hits di media sosial mereka. Padahal kegiatan outdoor sangat-sangat beresiko tinggi bahwa dapat menyebabkan kematian!!. 

Setiap orang yang mendaki gunung mempunyai resiko terserang penyakit gunung. Salah satu penyakit gunung yang sering 'menjumpai' pendaki adalah Hypotermia atau radang dingin. 

Yapps hypotermia sering menjadi momok menakutkan bagi para pendaki, terlebih lagi ketika pendaki tersebut habis kehujanan saat pendakian. Biasanya tubuh akan mengalami kedinginan hebat, yang membuat 'korban' nya sudah tidak mampu lagi diajak berbicara. 

Tapi teman-teman tidak usah khawatir, karena penyakit Hypotermia dapat dicegah. Berikut beberapa tips untuk mencegah Hypotermia di gunung, Cekidott..:

  •  Bawalah pakaian yang berbahan tebal dan mampu menahan dingin seperti polar, windbreaker, jaket anti air (waterproof), jas hujan, kaos dan celana ganti yang mudah kering, kupluk, sepatu, kaos kaki, dan juga sarung tangan.
  • Saat merasa kedinginan segera tutupi bagian tubuh yang mudah terkena dingin / menyerap dingin, seperti telinga, jari tangan dan kaki, serta pusar. Itu untuk tidak memperparah orang yang terkena hipo.
  • Jangan menggunakan celana yang berbahan jeans (itu sangat tidak di rekomendasikan untuk digunakan untuk mendaki gunung!) sebab celana jeans akan susah kering jika terkena air hujan dan keringan. Celana jeans yang basah akan mudah diserap tubuh dan membuat tubuhmu cepat merasa kedinginan.
  • Jika kehujanan dalam pendakian, segera ganti baju yang basah karena memakai pakaian yang bsah akan membuat suhu tubuhmu menurun drastis dan cepat pula terkena hipotermia.

  • Jika situasi mulai huhjan atau gerimis, segera pakai jas hujan (raincoat) / jaket anti air (waterproof).
  • Hindari main air di gunung, apalagi berendam di air dingin, kecuali main  air yang hangat itu sangat direkomendasikan untuk para pendaki  😆😆.
  • Saat break/istirahat, usahakan jangan sampai tertidur. Karena, saat tidur suhu tubuh bisa turun dengan cepat dan itu sangat mudah terkena hipotermia. Sebaiknya lakukan gerakan-gerakan kecil atau meminum air hangat agar panas tubuhmu terjada ketika sedang istirahat.



  • Saat pendakian usahakan meminum minuman yang manis dan jangan sampai telat makan. Dalam mendaki gunung tubuh butuh asupan kalori. Untuk itu makanlah makanan yang berkalori tinggi agar menghasilkan energy baru yang bisa menghasilkan panas tubuh seperti Oats, Singkong, Ubi, serta buah-buahan.

  • Saat tidur, kenakanlah pakaian yang hangat serta memakai sleeping bag yang berbahan polar atau thermal dan gunakanlah alas seperti matras/matras thermal/ matras almunium foil.

  • Patuhilah aturan alam dan aturan keselamatan dalam mendaki gunung maka perjalanan kamu akan menjadi aman dan nyaman.
I   Itulah beberapa tips untuk mencegah penyakit Hypotermia di gunung. Barang kali teman-teman yang melihat tulisan ini dapat menambahkan tips lainnya di kolom komentar.. Terima kasih..
I
Inshaallah Bermanfaat 😀😀

Previous Post
Next Post

0 comments:

Tulis komentar yang baik-baik, supaya komentar Anda bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih :)